4 Cara Mudah Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Payudara sakit adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh para wanita. Biasanya, masalah ini muncul menjelang masa menstruasi atau menjadi tanda awal kehamilan. Bagi Anda yang sedang hamil, Anda mungkin sering merasakan sakit di bagian payudara saat ditekan atau bahkan hanya disentuh. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah payudara sakit saat hamil? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa penyebab payudara sakit saat hamil?

perawatan payudara saat hamil

Sebagian besar wanita mengeluh payudara sakit saat hamil. Biasanya, hal ini terjadi pada saat trimester pertama kehamilan. Selama fase ini, payudara akan terasa bengkak, perih, dan sensitif. Bahkan hanya dengan disentuh saja, rasa sakit di payudara terasa semakin menjadi-jadi.

Selama kehamilan, tubuh mempersiapkan diri untuk mendukung tumbuh kembang janin dan persiapan menyusui. Hal ini menyebabkan hormon-hormon tubuh seperti estrogen, progesteron, dan prolaktin yang merangsang kelenjar susu sebagai persiapan menyusui.

Selain menyebabkan rasa sakit, ketidakseimbangan hormon-hormon tersebut juga membuat ukuran payudara cenderung lebih besar, lunak, dan sakit. Perubahan hormon saat hamil juga membuat puting payudara cenderung lebih menonjol dan sensitif.

Lantas, bagaimana cara mengatasi payudara sakit saat hamil?

nyeri payudara karena PMS

Kabar baiknya, rasa sakit di payudara akan berkurang seiring dengan perkembangan kehamilan. Memasuki trimester kedua, hormon-hormon tubuh cenderung lebih stabil sehingga nyeri payudara akan berkurang secara perlahan. Bahkan, Anda mungkin tidak menyadarinya saat rasa sakitnya hilang total.

Cara mengurangi masalah payudara sakit saat hamil adalah sebagai berikut:

1. Kompres dengan es atau air dingin

Metode kompres sering kali menjadi cara andalan untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Nah, cara ini diyakini ampuh mengurangi nyeri payudara saat hamil, lho.

Ambil handuk yang bersih dan letakkan di bagian dada dan area payudara yang sakit. Selanjutnya, tempelkan sejumlah es batu di atasnya dan biarkan selama beberapa saat. Rasakan sensasi dinginnya dan usahakan untuk tetap rileks. Secara perlahan, rasa sakit di bagian payudara akan berkurang.

2. Mandi air hangat

Bagi Anda yang tidak kuat suhu dingin, Anda bisa melakukan cara lain dengan mandi air hangat. Menurut Patrick Duff, M.D., seorang dokter kandungan asal University of Florida, suhu hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot di sekitar payudara yang tegang, seperti dilansir dari Parents.

Namun, beberapa ibu hamil masih merasakan nyeri setelah mandi air hangat. Maka itu, basuhkan air hangat secara perlahan ke area payudara yang sakit dan berikan jeda beberapa saat sebelum Anda melakukannya lagi.

3. Pakai bra olahraga

Menurut Duff, pemakaian bra olahraga dapat membantu mengurangi masalah payudara sakit saat hamil. Ini karena bra olahraga dapat mengurangi gerakan payudara Anda yang menyebabkan rasa sakit. Selain itu, ukuran bra olahraga yang cenderung lebih besar dapat membantu mengangkat payudara dan mengurangi tekanan pada area payudara yang sakit.

4. Pakai bra saat tidur

Tidak sedikit wanita yang percaya kalau melepas bra saat tidur dapat membantu menjaga kesehatannya. Namun, khusus bagi para ibu hamil yang mengalami nyeri payudara justru dianjurkan untuk memakai bra saat tidur.

Penggunaan bra saat tidur justru dapat membantu mengurangi nyeri payudara yang dialami oleh ibu hamil. Sebab, payudaranya akan ditopang oleh bra sehingga mengurangi tekanan dan rasa sakit yang ditimbulkan. Gunakan bra olahraga atau bra yang berukuran lebih besar agar Anda bisa tidur nyenyak tanpa terganggu dengan nyeri.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca