home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Pertanyaan Umum Mengenai Penyakit Jantung Pada Ibu Hamil

4 Pertanyaan Umum Mengenai Penyakit Jantung Pada Ibu Hamil

1. Apakah bayi akan memiliki masalah serupa jika saya memiliki kelainan jantung?

Kelainan pada jantung adalah kelainan lahir paling umum, dan wanita yang terlahir dengan kelainan jantung berisiko tinggi melahirkan bayi dengan kelainan jantung, kata Stephanie Martin, D.O., direktur medis unit perawatan intensif melahirkan dan kandungan di Pavilion Anak untuk Wanita Texas di Houston. Jika Anda memiliki penyakit jantung bawaan, jantung bayi Anda harus dinilai in utero dengan echocardiogram janin, ultrasound jenis noninvasif oleh spesialis.

Diagnosis prenatal akan membantu Anda mengerti cara memperbaiki masalah dan menghindari komplikasi apapun selama hamil atau melahirkan. Kabar baiknya adalah, kebanyakan kondisi mampu diperbaiki setelah lahir.

2. Apakah saya harus menjalani operasi Caesar karena saya memiliki kelainan jantung?

Tidak harus. Ada kesalahpahaman dengan pendapat umum dan banyak dokter bahwa operasi Caesar tidak hanya penting, melainkan juga bermanfaat pada pasien dengan penyakit jantung. Faktanya, hal tersebut tidak benar. Sebagian besar pasien dapat melahirkan secara normal, dan lebih aman daripada operasi Caesar. Jika jantung sanggup mentoleransi tekanan kehamilan, seharusnya jantung juga bisa mentoleransi melahirkan. Bila wanita tidak bisa mengejan selama melahirkan, dokter dapat membantu mengeluarkan bayi dengan forcep atau vakum. Kebanyakan wanita dengan penyakit jantung dapat menerima suntikan bius lokal di tulang punggung jika ingin.

3. Apakah aman minum obat jantung selama hamil?

Kebanyakan obat jantung aman dalam kehamilan, kecuali penghambat ACE dan penghambat reseptor ACE yang berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi, dan obat pengencer darah Coumadin.

4. Apakah saya akan mampu menyusui?

Menyusui dianjurkan bagi sebagian besar wanita dengan kelainan jantung, bahkan yang sedang minum obat. Diskusikan penyesuaian perawatan yang akan Anda perlukan dengan penyedia layanan kesehatan. Terkadang obat alternatif disarankan.

Jika Anda memiliki masalah jantung bawaan yang meningkatkan risiko endocarditis secara drastis, dokter mungkin akan mendiskusikan risiko mastitis saat menyusui. Infeksi yang termasuk umum ini bisa membawa risiko dalam situasi ini. Memompa dan memberikan ASI mungkin direkomendasikan dalam beberapa keadaan.

BACA JUGA:

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is it safe to take heart medication during my pregnancy. http://www.parents.com/advice/pregnancy-birth/pregnancy-complications/is-it-safe-to-take-heart-medication-during-my-pregnancy/. Accessed July 21st, 2015.

I have a heart condition. Will my baby has the same problem? http://www.parents.com/advice/pregnancy-birth/pregnancy-complications/i-have-a-heart-condition-will-my-baby-have-the-same-problem/. Accessed July 21st, 2015.

Do I have to have a C section because I have a heart condition. http://www.parents.com/advice/pregnancy-birth/pregnancy-complications/do-i-have-to-have-a-c-section-just-because-i-have-a-heart-condition/. Accessed July 21st, 2015

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 14/06/2016
x