6 Kebaikan Madu Bagi Ibu Selama Masa Kehamilan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/04/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Selain jadi alternatif pemanis alami, madu juga disebut-sebut sebagai makanan yang punya banyak khasiat. Dari diminum hingga dioleskan, madu diandalkan banyak orang untuk membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil? Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi madu? Apa saja manfaat madu untuk ibu hamil?

Manfaat madu untuk ibu hamil

Jika Anda sedang menjalani program kehamilan atau di dalam fase tersebut, sudah pasti mengetahui apa saja makanan yang boleh dan dilarang selama masa kehamilan. Salah satu makanan yang diperbolehkan adalah madu. Apa saja ya manfaat madu bagi ibu hamil?

1. Lezat dan bergizi

asupan gula

Apabila Anda sedang menjalani program diet selama kehamilan dan harus mengurangi konsumsi gula dan kalori, pilihlah madu sebagai penggantinya. Madu dipercaya sebagai alternatif gula yang lebih sehat. Akan tetapi, pilihlah madu dengan kualitas tinggi agar manfaatnya lebih terasa bagi ibu hamil.

2. Meningkatkan sistem imun

Kandungan antioksidan, antibakteri, dan kaya akan nutrisi membuat madu sangat bermanfaat untuk ibu hamil, khususnya sebagai penyokong sistem imun agar lebih kuat. Hal tersebut dapat membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh agar tetap sehat, mengingat ibu hamil rentan dengan penyakit yang dapat mempengaruhi janin dan dirinya sendiri.

3. Mengurangi insomnia

insomnia tanda awal kehamilan

Kebanyakan ibu hamil sering sulit untuk tidur di malam hari, entah karena janinnya sering bergerak atau memang sedang stres. Jika Anda mengonsumsi madu, maka insomnia yang sering dialami dapat sedikit demi sedikit berkurang.

Hal ini disebabkan madu memiliki khasiat untuk meningkatkan kualitas tidur jika dikonsumsi sebelum Anda memutuskan untuk tidur. Oleh karena itu, madu bermanfaat bagi para ibu hamil yang memiliki kesulitan untuk tidur atau disebut insomnia

4. Menghilangkan pilek

Selain mengandung nutrisi dan antibakteri yang tinggi, madu juga dapat melawan beberapa virus, terutama mencegah datangnya penyakit pilek. Selain itu, madu juga dikenal sebagai suppressant yang efektif untuk ibu hamil yang sedang batuk.

5. Kulit kepala lebih sehat

berbagai penyebab ketombe

Pada umumnya, rambut ibu hamil sangat rontok dan berketombe, tetapi dengan adanya madu hal tersebut bukan menjadi masalah untuk tetap tampil cantik. Antiradang yang ada pada madu tidak hanya melawan tenggorokan yang sakit, melainkan juga dapat mengurangi ketombe dan gatal pada kulit kepala. Cairkan madu dengan air hangat dan oleskan ke kulit kepala untuk mengatasi kondisi tersebut.

6. Membantu pengobatan tukak lambung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa madu juga dapat membantu pengobatan antibiotik pada tukak lambung. Hal tersebut disebabkan cairan manis ini mampu mengurangi pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, bakteri yang menyebabkan kondisi yang tidak nyaman tersebut. 

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat madu bagi ibu hamil, mari kita simak tips-tips mengonsumsi madu dengan benar karena tidak semua cara bisa digunakan untuk memaksimalkan khasiat di dalam madu.

Tips mengonsumsi madu bagi ibu hamil

manfaat madu

  1. Usahakan untuk mengonsumsi madu 3-5 sdm (180-200 kalori) dalam sehari. Disarankan untuk tidak melebihi batas tersebut karena kebutuhan kalori untuk ibu hamil sekitar 1800-2000 kalori.
  2. Tidak mencampurkan madu dengan air atau minuman panas. Hal ini dapat mengurangi enzim sehat yang ada pada madu. Dianjurkan untuk menggunakan air hangat.
  3. Jangan menambahkan madu ke dalam makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Campuran keduanya akan menghilangkan khasiat vitamin yang ada pada makanan tersebut.
  4. Hindari mencampurkan madu dengan susu kerbau karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Madu sangat baik untuk semua orang, terutama bagi ibu hamil. Oleh karena itu, jika sudah mengetahui manfaatnya apa saja dan bagaimana cara mengonsumsi dengan baik dan benar, khasiatnya akan terasa lebih berguna.

Akan tetapi, tanyakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda, apakah boleh memakan madu ketika sedang dalam masa kehamilan, mengingat setiap orang memiliki respon yang berbeda terhadap suatu makanan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Madu Bisa Membuat Luka Sembuh Lebih Cepat?

Manfaat madu tidak sebatas untuk kesehatan pencernaan dan kecantikan kulit, tapi juga disebut-sebut dapat mempercepat penyembuhan luka. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 16/10/2019 . 4 menit baca

Bulu Halus Tumbuh di Perut Saat Hamil, Apakah Itu Normal?

Hormon estrogen yang dihasilkan oleh ibu hamil seringkali berdampak pada perubahan yang drastis, seperti perut berbulu saat hamil. Normalkah hal tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18/04/2019 . 4 menit baca

Madu Penyubur Kandungan Bikin Cepat Hamil? Cek Faktanya di Sini

Klaim manfaat madu penyubur kandungan yang dapat membuat wanita cepat hamil sebenarnya bukan lagi berita baru. Namun, benarkah hal tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 09/01/2019 . 7 menit baca

Lebih Sehat Mana, Minum Teh Pakai Madu Atau Gula Pasir Biasa?

Teh manis adalah minuman favorit sejuta umat Indonesia. Anda lebih suka minum teh manis pakai gula atau pakai madu? Kira-kira, lebih sehat yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 17/10/2018 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020 . 4 menit baca
manfaat gula aren

Manfaat Gula Aren, Apakah Semanis Rasanya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 21/01/2020 . 4 menit baca
gula untuk diet keto

5 Pemanis Pengganti Gula untuk Anda yang Sedang Diet Keto

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23/10/2019 . 5 menit baca
manfaat madu hitam

Segudang Manfaat yang Ditawarkan oleh Madu Hitam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 20/10/2019 . 4 menit baca