Kalau Ingin Cepat Hamil, Kenapa Harus Pantang Makanan Cepat Saji?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

    Tidak semua orang bisa dengan mudah memiliki keturunan. Ada sebagian pasangan yang butuh perjuangan ekstra untuk memilikinya. Kemungkinan besar ini terjadi karena faktor kesuburan dan dalam beberapa kasus, kurangnya pengetahuan seputar seks dan pembuahan. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak makan fast food (makanan cepat saji) seperti burger, ayam goreng, atau kentang goreng bisa menghambat kesuburan wanita yang ingin cepat punya anak. Kenapa? Cari tau jawabannya dalam ulasan berikut ini.

    Fast food bisa menghambat peluang cepat punya anak

    ASA penyebab tidak subur

    Setiap hari tubuh membutuhkan nutrisi, baik itu karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral lain agar seluruh organ tubuh bisa bekerja secara normal. Jadi, apa pun yang Anda makanan akan memengaruhi kesehatan, termasuk kesuburan. Jika Anda sedang menantikan kehamilan, Anda perlu memerhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi. Salah satu caranya menghindari makan makanan cepat saji. Apa hubungannya antara makan cepat saji dan kesuburan?

    Dilansir dari Healthline, sebuah studi yang dilakukan oleh Robinson Research Institute di Adelaide University, Australia meneliti 5.600 wanita yang sedang mencoba hamil untuk pertama kalinya. Dari keseluruhan, terdapat 8% wanita yang memang tidak subur. Mereka butuh waktu satu tahun lebih lama untuk hamil.

    Kemudian, jumlah wanita yang tidak subur meningkat dari 8% menjadi 12% karena mereka hanya beberapa kali makan buah dalam satu bulan. Sedangkan, jumlahnya meningkat lebih tinggi jadi sekitar 16% jika sering makan makanan cepat saji. Dalam penelitian ini, yang dimaksud sering makan fast food adalah empat kali makan dalam seminggu.

    Peneliti sepakat bahwa makanan cepat saji tinggi kandungan gula, garam, dan lemak jenuh yang dapat mengubah metabolisme. Selain itu, zat-zat yang tersebut juga bisa mengalir bersama darah dan memengaruhi kualitas sel telur.

    Makanan cepat saji juga menurunkan sensitivitas insulin yang bisa menyebabkan ovulasi (lepasnya sel telur ke rahim) menjadi tidak teratur. Mengonsumsi makanan cepat saji dalam jangka panjang bisa mengganggu kesehatan, yang secara tidak langsung bisa berdampak buruk pada kesuburan wanita.

    Agar cepat punya anak, Anda harus mengganti fast food dengan makanan sehat

    buah dan sayur

    Untuk mengoptimalkan kesuburan agar Anda cepat punya anak, Anda harus menjaga asupan makanan. Utamakan untuk mengonsumsi makanan gizi seimbang dengan membatasi makanan olahan dan makanan instan. Jangan lupa perbanyak buah dan sayur serta sumber lemak dan protein yang sehat. Beberapa makanan berikut mangandung nutrisi yang dipersiapkan sebelum kehamilan dan membantu meningkatkan kesuburan, seperti:

    Berbagai macam buah jeruk

    Berbagai jenis buah jeruk menjadi sumber terbaik untuk vitamin C. Selain itu, terdapat potasium, kalsium, folat, vitamin B yang sangat membantu tubuh untuk ovulasi lebih teratur dan menjaga kesehatan sel telur. Anda setidaknya harus mengonsumsi buah jeruk setiap harinya, misalnya satu buah jeruk bali merah ukuran sedang atau tiga buah jeruk ukuran sedang.

    Sayuran berdaun hijau gelap

    Bayam, kangkung, sawi hijau, bok choy, dan sayuran berdaun gelap lainnya mengandung kalsium, zat besi, dan folat. Nutrisi tersebut sangat penting tubuh tubuh ketika Anda berencana untuk hamil, terutama zat besi yang merangsang produksi sel darah merah yang mencegah anemia. Anemia bisa mengganggalkan proses pembuahan janin.

    Buah alpukat

    Buah alpukat mengandung asam lemak sehat, vitamin K, dan kalium yang membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan lain sekaligus menjaga keseimbangan hormon. Kandungan folat pada buah alpukat membantu perkembangan bayi nantinya, jadi harus dipenuhi sebelum masa kehamilan.

    Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan memiliki serat tinggi, vitamin B, folat, dan zat besi. Semua nutrisi tersebut dapat memengaruhi kadar estrogen di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke rahim.

    Namun, perhatikan juga cara mengolahnya. Misalnya, pilih kacang yang disangrai atau digoreng dengan minyak zaitun tanpa tambahan garam. Anda bisa menambahkan kacang pada oatmeal, yogurt, atau salad. Hindari kacang kemasan yang tinggi gula, garam, dan cenderung tidak mengandung asam lemak.

    Sumber protein sehat

    Ikan menjadi sumber protein terbaik selain daging dan unggas. Selain itu, ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 dan DHA yang sangat penting untuk perkembang janin. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dari ikan salmon dan tuna.

    Kalkulator Masa Subur

    Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

    Kapan Ya?
    general

    Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

    Was this article helpful for you ?
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Kapan Bisa Hamil Setelah Berhenti KB?

    Kapan bisa hamil setelah berhenti KB tergantung dari jenis KB yang Anda gunakan. Temukan informasi lengkapnya dalam artikel ini.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Kesuburan, Kehamilan 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

    3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

    Selama kehamilan, Anda harus menjaga asupan makanan dan minuman, termasuk minum teh. Simak panduan aman minum teh saat hamil berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

    7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

    Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

    5 Langkah untuk Berhenti Merokok

    Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Monika Nanda
    Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara pakai termometer

    Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
    obat alami dan tradisional sakit gigi berlubang

    7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
    ciri tipes yang parah

    Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
    mencium bau

    Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit