home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit, Apakah Mungkin?

Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit, Apakah Mungkin?

Melahirkan tentu menimbulkan rasa sakit pada area vagina bila melahirkan spontan dan sakit pada perut bila menjalani operasi caesar. Pernahkah ibu bertanya-tanya, bisakah melahirkan spontan atau normal tanpa rasa sakit? Ini penjelasan lengkapnya.

Ibu bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit

Penggunaan obat bius selama persalinan bisa dokter lakukan, tergantung dari kondisi kesehatan ibu dan janin.

Mengutip dari Kids Health, dokter memberi obat bius atau anestesi ketika ibu merasa sangat kesakitan selama kontraksi melahirkan berlangsung.

Berikut beberapa anestesi yang biasa dokter gunakan selama persalinan agar bisa melahirkan spontan tanpa rasa sakit.

1. Anestesi lokal

Cara menggunakan obat bius yang satu ini adalah dengan menyuntikkan cairan medis penghilang rasa sakit pada area sekitar vagina.

Namun, anestesi lokal biasanya hanya akan berdampak sedikit saja pada pengurangan rasa sakit, sehingga kurang efektif untuk rasa sakit yang saat melahirkan normal.

2. Bius regional

Anestesi regional terdiri dari dua jenis, epidural dan spinal. Anestesi ini benar-benar mampu mengurangi kesakitan yang muncul selama persalinan.

Perbedaan keduanya, pada anestesi spinal, dokter akan menyuntikkan cairan pada lapisan keras yang berada di sekitar otak dan sumsum tulang belakang.

Sementara itu, anestesi epidural adalah prosedur penyuntikkan cairan akan pada kolom tulang belakang yang mengelilingi sumsum tulang belakang.

Berdasarkan tingkat kesuksesannya dalam mengurangi dan menghilangkan rasa sakit, anestesi epidural yang paling sering dokter pakai agar ibu bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit.

3. Anestesi total

Jenis obat bius yang satu ini sangat jarang dokter gunakan. Kalau pun melakukannya, hanya pada kondisi tertentu. Ambil contoh, ibu mengalami preeklampsia.

Pemberian anestesi total menyebabkan ibu akan tertidur selama proses persalinan. Meski jarang terjadi, pemberian obat bius sesekali memberikan efek samping.

Efek sampingnya seperti tekanan darah rendah, sakit kepala dan bertambahnya waktu persalinan.

Penyebab rasa sakit saat melahirkan

Mengutip dari Kids Health, hal yang menjadi penyebab rasa sakit saat melahirkan normal adalah kontraksi pada otot rahim dan tekanan janin pada serviks.

Serviks atau leher rahim adalah jalur keluarnya bayi saat lahir. Artinya, organ otot yang akan berkontraksi dengan sangat kuat, agar si bayi dapat keluar.

Kontraksi ini yang menjadi sumber rasa sakit dari proses melahirkan. Kontraksi ini akan semakin meningkat seiring bergantinya tahapan persalinan.

Beberapa faktor yang menimbulkan rasa sakit saat melahirkan normal tanpa menggunakan obat bius yaitu:

  • kram otot rahim,
  • tekanan pada bagian tubuh (punggung, anus, vagina, dan kandung kemih),
  • efek samping dari pengobatan,
  • faktor posisi dan ukuran bayi,
  • emosi yang ibu alami menjelang persalinan.

Sebaiknya, ibu segera mendiskusikan kondisi ini dengan pasangan, bidan, dan dokter untuk mengurangi rasa sakit kontraksi dan menghilangkan perasaan-perasaan negatif.

Sebagian masyarakat menganggap pemberian anestesi dan cara melahirkan water birth mampu mengurangi rasa sakit.

Padahal, cara tersebut tidak benar-benar membuat ibu melahirkan tanpa rasa sakit.

Hanya saja, efek ini tidak semua ibu hamil bisa rasakan. Ada yang merasa efektif, tetapi ada juga yang tidak merasakan pengaruh apapun.

Namun, terlepas dari sakitnya melahirkan, nyeri selama persalinan akan terbayar saat ibu mendengar suara tangisan bayi.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dealing With Pain During Childbirth (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 4 June 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/childbirth-pain.html

Normal birth can be pain free. (2016). Retrieved 4 June 2021, from https://www.hgi.org.uk/resources/delve-our-extensive-library/interviews/normal-birth-can-be-pain-free

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Theresia Evelyn pada 30/09/2020
x