home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Ibu Hamil Boleh Pakai Obat Tetes Mata?

Apakah Ibu Hamil Boleh Pakai Obat Tetes Mata?

Ibu hamil rentan mengeluhkan mata kering karena meningkatnya reaksi imun akibat hormon kehamilan. Masa kehamilan juga membuat Anda lebih rentan terhadap dehidrasi, yang salah satu tandanya adalah sensasi kering dan kesat pada mata. Lantas, apakah aman pakai obat tetes mata untuk ibu hamil?

Amankah obat tetes mata untuk ibu hamil?

bahaya minum obat tetes mata insto campur air putih

Mata kering tidak boleh disepelekan. Gangguan ini mudah membuat mata semakin teriritasi dan akhirnya memerah.

Di sisi lain, wajar bila Anda mempertanyakaan keamanan obat-obatan selama kehamilan. Namun bukan hanya obat oral (minum) yang harus Anda pastikan keamanannya, juga obat-obatan topikal. Obat topikal adalah obat yang diberikan di luar tubuh, misalnya pada mata, kulit, hidung, atau telinga. Nah, obat tetes mata adalah golongan obat topikal yang sering dipertanyakan keamanannya untuk ibu hamil.

Obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline HCL biasa dijual bebas dan dipakai oleh banyak orang untuk mengobati mata kering. Tetrahydrozoline HCL bekerja memengaruhi sistem saraf pusat untuk menyempitkan pembuluh darah di mata, sehingga mengurangi gejala mata merah. Sayangnya, obat tetes mata ini tidak boleh sembarangan digunakan oleh ibu hamil.

Dilansir dari laman Drugs, FDA selaku badan POM di Amerika Serikat belum memastikan keamanan penggunaan obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline HCL untuk ibu hamil. Imbauan ini turut didukung oleh seorang dokter mata dari University of San Francisco, Andrew G. Iwachof. Menurutnya, dosis kecil dari bahan aktif dalam obat tetes mata bisa diserap masuk ke dalam tubuh yang ditakutkan dapat berpengaruh pada janin dalam kandungan. Terlebih bila obat tetes mata tersebut digunakan dalam jumlah banyak dan berkepanjangan.

Penting untuk memeriksa keamanan sebelum menggunakan obat tetes mata

Sebenarnya belum ada bukti ilmiah nyata yang dapat membuktikan bahwa obat tetes mata bisa membahayakan janin. Namun, tetap tidak ada salahnya untuk selalu bertanya pada dokter sebelum menggunakan obat tetes mata untuk ibu hamil. Dokter biasanya akan memberikan pilihan yang lebih aman untuk mengobati masalah mata Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Eye Drops. https://www.drugs.com/cdi/eye-drops.html Diakses pada 20 Agustus 2018.

5 Simple Tips to Take Care of Eye Infections During Pregnancy. https://www.momjunction.com/articles/simple-tips-take-care-eye-infections-pregnancy_0078875/#gref Diakses pada 20 Agustus 2018.

Tetrahydrozoline ophthalmic Pregnancy and Breastfeeding Warnings. https://www.drugs.com/pregnancy/tetrahydrozoline-ophthalmic.html Diakses pada 20 Agustus 2018.

Allergy Eye Drops and Pregnancy. https://www.livestrong.com/article/523166-allergy-eye-drops-pregnancy/ Diakses pada 20 Agustus 2018.

Use Eye Drops in Pregnancy. http://www.medicinesinpregnancy.org/bumps/monographs/USE-OF-EYE-DROPS-IN-PREGNANCY/ Diakses pada 20 Agustus 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 06/09/2018
x