Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Apakah Ibu Hamil Boleh Pakai Obat Tetes Mata?

Apakah Ibu Hamil Boleh Pakai Obat Tetes Mata?

Ibu hamil rentan mengeluhkan mata kering karena meningkatnya reaksi imun akibat hormon kehamilan. Masa kehamilan juga membuat Anda lebih rentan terhadap dehidrasi, yang salah satu tandanya adalah sensasi kering dan kesat pada mata. Lantas, apakah aman pakai obat tetes mata untuk ibu hamil?

Amankah obat tetes mata untuk ibu hamil?

bahaya minum obat tetes mata insto campur air putih

Mata kering tidak boleh disepelekan. Gangguan ini mudah membuat mata semakin teriritasi dan akhirnya memerah.

Di sisi lain, wajar bila Anda mempertanyakaan keamanan obat-obatan selama kehamilan. Namun bukan hanya obat oral (minum) yang harus Anda pastikan keamanannya, juga obat-obatan topikal. Obat topikal adalah obat yang diberikan di luar tubuh, misalnya pada mata, kulit, hidung, atau telinga. Nah, obat tetes mata adalah golongan obat topikal yang sering dipertanyakan keamanannya untuk ibu hamil.

Obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline HCL biasa dijual bebas dan dipakai oleh banyak orang untuk mengobati mata kering. Tetrahydrozoline HCL bekerja memengaruhi sistem saraf pusat untuk menyempitkan pembuluh darah di mata, sehingga mengurangi gejala mata merah. Sayangnya, obat tetes mata ini tidak boleh sembarangan digunakan oleh ibu hamil.

Dilansir dari laman Drugs, FDA selaku badan POM di Amerika Serikat belum memastikan keamanan penggunaan obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline HCL untuk ibu hamil. Imbauan ini turut didukung oleh seorang dokter mata dari University of San Francisco, Andrew G. Iwachof. Menurutnya, dosis kecil dari bahan aktif dalam obat tetes mata bisa diserap masuk ke dalam tubuh yang ditakutkan dapat berpengaruh pada janin dalam kandungan. Terlebih bila obat tetes mata tersebut digunakan dalam jumlah banyak dan berkepanjangan.

Penting untuk memeriksa keamanan sebelum menggunakan obat tetes mata

Sebenarnya belum ada bukti ilmiah nyata yang dapat membuktikan bahwa obat tetes mata bisa membahayakan janin. Namun, tetap tidak ada salahnya untuk selalu bertanya pada dokter sebelum menggunakan obat tetes mata untuk ibu hamil. Dokter biasanya akan memberikan pilihan yang lebih aman untuk mengobati masalah mata Anda.


Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Eye Drops. https://www.drugs.com/cdi/eye-drops.html Diakses pada 20 Agustus 2018.

5 Simple Tips to Take Care of Eye Infections During Pregnancy. https://www.momjunction.com/articles/simple-tips-take-care-eye-infections-pregnancy_0078875/#gref Diakses pada 20 Agustus 2018.

Tetrahydrozoline ophthalmic Pregnancy and Breastfeeding Warnings. https://www.drugs.com/pregnancy/tetrahydrozoline-ophthalmic.html Diakses pada 20 Agustus 2018.

Allergy Eye Drops and Pregnancy. https://www.livestrong.com/article/523166-allergy-eye-drops-pregnancy/ Diakses pada 20 Agustus 2018.

Use Eye Drops in Pregnancy. http://www.medicinesinpregnancy.org/bumps/monographs/USE-OF-EYE-DROPS-IN-PREGNANCY/ Diakses pada 20 Agustus 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui Aug 16, 2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team