Vitamin Penyubur Sperma, Apakah Manjur bagi Pria?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Untuk Anda yang sedang mengalami masalah kesuburan pria saat berusaha memiliki anak, konsumsi vitamin penyubur sperma bisa Anda coba untuk meningkatkan kualitas sperma. Nutrisi apa saja yang dapat menjadi penyubur sperma atau vitamin penyubur sperma? Seberapa ampuh dalam membantu Anda mengatasi masalah keturunan? Simak jawabannya di sini.

Apakah vitamin penyubur sperma benar-benar ampuh?

Untuk berhasil mengalami kehamilan, faktor yang penting dan harus diperhatikan bukan hanya kesuburan wanita saja. Kesuburan pria juga menjadi salah satu faktor kunci berhasilnya wanita untuk hamil dan punya anak. Oleh sebab itu, jika seorang pria memiliki masalah dengan kesuburannya, kemungkinan besar pasangannya tidak bisa mengalami kehamilan.

Diketahui 1 dari 3 pasangan yang sulit memiliki anak disebabkan karena pria tidak subur atau kualitas sperma yang dimilikinya kurang baik. Oleh karena itu, tak heran jika saat ini banyak pria yang mencari vitamin penyubur sperma. Pasalnya, beberapa jenis vitamin diduga dapat meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih baik.

Suplemen yang bisa Anda pilih untuk penyubur sperma adalah yang memiliki kandungan seperti berikut ini:

1. Vitamin C

Salah satu kandungan yang penting jika Anda ingin menggunakan vitamin penyubur sperma adalah vitamin C. Mengapa demikian? Pasalnya, vitamin ini mengandung antioksidan sehingga dapat membantu Anda mengurangi dampak buruk dari stres oksidatif yang mungkin terjadi.

Stres oksidatif terjadi saat kadar reactive oxygen species (ROS) sudah mengkhawatirkan di dalam tubuh. Kadar ini bisa meningkat saat antioksidan yang terdapat di dalam tubuh terpengaruh oleh penyakit, usia, atau gaya hidup yang tidak sehat, dan polusi.

Padahal, jika terjadi stres oksidatif, kemungkinan seorang pria mengalami masalah kesuburan pun meningkat. Maka dari itu, antioksidan yang bisa Anda dapatkan dari vitamin C sangat penting untuk menghalau segala jenis dampak buruk yang mungkin diberikan oleh ROS.

Kandungan vitamin C dalam vitamin untuk mendukung kesuburan bisa membantu meningkatkan produksi sperma. Selain itu, vitamin C juga dapat berfungsi mengurangi jumlah sperma yang rusak di dalam testis.

Selain mengonsumsi vitamin penyubur sperma yang memiliki kandungan vitamin C, Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan dan buah-buahan. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C adalah:

  • paprika.
  • buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon.
  • buah-buahan, seperti kiwi dan stroberi.
  • sayur-sayuran, seperti tomat, brokoli, kubis, dan kentang.
  • sereal yang telah difortifikasi.
  • produk olahan susu.

2. Vitamin D

Selain vitamin C, vitamin D juga komponen nutrisi yang juga penting di dalam vitamin penyubur sperma. Mengapa? Pasalnya, jika vitamin penyubur sperma yang Anda konsumsi memiliki kandungan vitamin D, vitamin tersebut dapat meningkatkan kadar testosteron di dalam tubuh.

Sebaliknya, pria yang kekurangan kadar vitamin D di dalam tubuh cenderung memiliki kadar hormon testosteron yang rendah. Selain dapat meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh, mengonsumsi vitamin D juga dapat meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma.

Tidak hanya ada dalam vitamin penyubur sperma, Anda bisa lho, menemukan vitamin D di dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Misalnya, sebagai berikut:

  • keju.
  • yoghurt.
  • jamur.
  • hati sapi.
  • kuning telur.
  • ikan salmon, makerel, tuna.
  • susu yang telah difortifikasi.

3. Seng (Zinc)

Kandungan yang juga penting untuk ada di dalam vitamin penyubur sperma adalah seng atau zinc. Seng adalah salah satu mineral yang penting dan juga bisa didapatkan dari daging, ikan, dan juga telur. Rupanya, keberadaan mineral yang satu ini memiliki peranan cukup penting untuk mendukung kesuburan pria.

Hal ini pun didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul Renal FailurePenelitian tersebut menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi vitamin penyubur sperma dengan kandungan seng di dalamnya mengalami peningkatan kadar hormon testosteron dan jumlah sperma yang diproduksi.

Untuk mendapatkan mineral ini, Anda juga bisa memperolehnya dari makan. Selain itu, Anda bisa menemukan mineral seng pada makanan berikut ini.

  • tiram.
  • kerang.
  • daging merah.
  • kepiting dan lobster.
  • gandum utuh.
  • sereal yang telah difortifikasi.
  • kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • produk olahan susu.

4. Folat

Mengonsumsi vitamin penyubur sperma yang mengandung folat juga baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pria. Salah satu jenis vitamin B ini memang sudah sering kali dikaitkan dengan kesehatan sperma. Sementara itu, jika seorang pria memiliki kadar folat yang rendah di dalam tubuhnya, hal ini juga dapat memengaruhi DNA sperma, hingga jumlah sperma yang diproduksi oleh pria tersebut.

Sementara itu, folat tidak hanya bisa Anda temukan pada suplemen penyubur sperma. Melainkan, Anda juga bisa menemukan folat di dalam makanan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan folat:

  • sayuran hijau, misalnya bayam, asparagus, dan selada romaine.
  • buah-buahan segar, khususnya buah jeruk.
  • kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • gandum utuh.
  • sereal yang telah difortifikasi.
  • produk yang kaya akan tepung, misalnya roti dan pasta.

Manfaat penyubur sperma untuk menjaga kesehatan tubuh

Sayangnya, penemuan yang menyatakan bahwa vitamin penyubur sperma memang dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria tersebut masih perlu diteliti lebih jauh lagi. Pasalnya, penelitian yang dilakukan masih dalam skala kecil sehingga butuh penelitian lebih lanjut dan besar untuk mengetahui efektivitas vitamin penyubur sperma ini.

Namun, semua vitamin maupun suplemen tersebut mampu menjaga kesehatan pria secara umum yang akhirnya memengaruhi kesehatan sperma juga. Sebagai contoh, suplemen yang mengandung L-Carnitine mampu menurunkan tingkat stres oksidatif di dalam tubuh.

Stres oksidatif terjadi jika terlalu banyak zat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh, termasuk sel-sel sperma.

Dalam hal ini, L-Carnitine berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal pembentukan radikal bebas, sehingga stres oksidatif tak terjadi. Jadi, suplemen penyubur sperma ini cenderung berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

tes kesuburan pria lewat analisis sperma

Penggunaan penyubur sperma yang tepat

Sebelum Anda menentukan cara yang tepat untuk memperbaiki masalah kesuburan pria tanpa menggunakan vitamin penyubur kandungan, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab dari masalah tersebut. Artinya, cara penanganan dari masalah kesuburan berbeda-beda dan bergantung pada penyebabnya.

Untuk itu, lakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu agar Anda bisa lebih jelas mengetahui penyebab dari kondisi yang Anda alami. Anda pun perlu berkonsultasi dengan dokter urologi agar Anda mendapatkan penjelasan mengenai masalah kesehatan yang Anda alami.

Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Anda mungkin juga akan memilih untuk menggunakan vitamin penyubur sperma. Namun, akan lebih baik jika Anda menanyakan kepada dokter suplemen atau vitamin seperti apa yang aman untuk Anda konsumsi.

Selain itu, menerapkan pola hidup yang sehat juga dapat membantu Anda mendapatkan sperma dengan kualitas yang lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Wanita yang Jadi Perokok Pasif Berisiko Susah Hamil?

Rokok bukan hanya membahayakan kehamilan, tapi juga dapat membuat perokok pasif susah hamil atau meningkatkan risiko mandul pada wanita perokok pasif.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Mencegah Autisme Sejak Anak dalam Kandungan?

Tentu kita tidak ingin memiliki anak autisme. Sebisa mungkin, kita ingin mencegahnya, bahkan sejak hamil. Apakah bisa mencegah autisme anak sedari hamil?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tanda-Tanda Keguguran yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Keguguran rentan menyerang kehamilan di usia muda atau trimester pertama. Berikut tanda-tanda keguguran yang perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 17 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Pilihan Obat Sembelit yang Aman Diminum Ibu Hamil

Obat sembelit cukup ampuh mengatasi susah BAB. Apa saja obat pencahar yang aman diminum ibu hamil untuk mengatasi sembelit?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

fungsi hormon fsh dan lh

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
pergerakan janin

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
vitamin E untuk kesuburan

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
proses terjadinya kehamilan atau pembuahan

Proses Terjadinya Kehamilan: Dari Hubungan Intim Hingga Jadi Janin

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit