home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Rekomendasi Minuman untuk Menjaga Kesehatan Jantung

4 Rekomendasi Minuman untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ingin memiliki jantung yang sehat dan terhindar dari penyakit jantung? Jangan khawatir, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung, termasuk memperhatikan pilihan minuman yang Anda konsumsi setiap hari. ? Yuk, lihat beberapa rekomendasi minuman yang sehat untuk jantung berikut ini.

Pilihan minuman sehat untuk jantung

Jantung Anda bertugas setiap harinya untuk memompa darah. Darah tersebut mengandung oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap sel di tubuh Anda. Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan jantung karena organ ini bertanggung jawab pada kelangsungan hidup Anda.

Nah, cara menjaga jantung agar tetap sehat bisa Anda lakukan dengan hal sederhana, yakni memilih minuman yang menyehatkan, seperti:

1. Air putih

air putih minuman sehat untuk jantung

Selain darah, sel-sel tubuh juga membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan normal, termasuk jantung Anda. Menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu jantung bekerja lebih mudah dalam memompa darah melalui pembuluh darah ke otot.

Sebaliknya, jika Anda kekurangan cairan (dehidrasi), kerja jantung dalam memompa darah akan semakin berat. Itulah sebabnya, air putih menjadi pilihan pertama minuman yang sehat untuk jantung.

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda, tapi setidaknya Anda minum 8 gelas air sehari. Namun, Anda bisa saja membutuhkan lebih banyak air putih, misalnya ketika melakukan aktivitas berat, berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, hamil dan menyusui, atau sedang menjalani perawatan penyakit tertentu.

2. Susu dan yogurt

Menurut Harvard Health Publishing, susu dan yogurt bisa menjadi pilihan minuman yang sehat untuk jantung. Konsumsi produk susu ini secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tidak hanya menyehatkan tulang, susu dan yogurt mengandung vitamin D, vitamin K, kalsium, dan nutrisi lainnya yang dianggap penting untuk kesehatan jantung karena membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan menjaga fungsi otot serta saraf.

Namun, pilihan susu dan yogurt juga perlu Anda perhatikan. Pasalnya, banyak produk susu di pasaran yang mengandung lemak atau gula yang tinggi. Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung, lebih baik pilih produk susu yang rendah lemak.

3. Jus buah dan sayur

jus buah sehat

Buah dan sayur bisa menjaga kesehatan jantung karena kaya dengan vitamin dan mineral. Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan pada buah dan sayur bisa mencegah peradangan pada pembuluh darah di jantung.

Selain Anda nikmati langsung, Anda juga bisa menyajikannya dalam bentuk jus. Nah, jus inilah yang bisa menjadi minuman pilihan untuk membantu menjaga jantung tetap sehat.

Pilihan buah dan sayur kaya antioksidan yang baik untuk jantung dan cocok Anda jadikan jus, antara lain jeruk, stroberi, tomat, dan bayam hijau. Saat membuat jus, pilih buah dan sayur yang kondisinya masih segar dan cuci hingga bersih dengan air mengalir. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa tambahkan perasan lemon dan madu.

4. Air kelapa

Selain minum air putih dan susu, Anda juga bisa memilih air kelapa sebagai minuman yang sehat untuk jantung. Air kelapa mengandung kalium yang bisa membantu menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal. Mineral ini menjaga kadar natrium (garam) dalam tubuh tetap normal.

Tekanan darah bisa melonjak tinggi akibat terlalu banyak asupan natrium (garam) dan ini bisa meningkatkan risiko hipertensi. Nah, tekanan darah yang tinggi ini akan memberi tekanan besar pada jantung dalam memoma darah. Tugas jantung pun akan menjadi lebih berat.

Kondisi tersebut tidak menyehatkan bagi jantung Anda. Itulah sebabnya, orang yang mengidap hipertensi berisiko tinggi terkena penyakit jantung di kemudian hari.

Namun, perlu Anda pahami jika air kelapa berbeda dengan es kelapa, ya. Air kelapa merupakan air murni dari buah kelapa, sedangkan es kepala disajikan dengan tambahan gula putih, gula merah, sirup, atau susu kental manis.

4. Teh

Tidak hanya jus, teh ternyata juga masuk dalam daftar minuman yang sehat untuk jantung. Studi pada European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan bahwa minum secangkir teh setiap 2 kali sehari secara rutin, dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 20 persen.

Para peneliti yakin jika hal ini berkaitan erat dengan kandungan flavonoid pada teh hijau dan teh hitam yang mampu mengatasi peradangan, yakni penyebab penyakit jantung. Teh juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Selain minum minuman sehat untuk jantung, perhatikan juga hal ini

Manfaat kesehatan untuk jantung tidak hanya semata Anda dapatkan dari deretan minuman di atas saja. Meskipun Anda konsumsi minuman tersebut, tapi gaya hidup yang Anda terapkan itu buruk, ini tidak menjamin jantung Anda terlindungi dari berbagai masalah. Pasalnya, gaya hidup sangat berkaitan erat dengan kesehatan jantung.

Supaya Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan untuk jantung, cobalah perbaiki juga gaya hidup Anda. Lakukan olahraga secara rutin dan tetap aktif bergerak. Kemudian, batasi konsumsi makanan tinggi garam, lemak, dan gula. Imbangi dengan tidur cukup dan bisa mengelola stres dengan baik. Jangan lupa, untuk segera berhenti merokok dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi minuman-minuman tersebut.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Publishing, Harvard. (2019). Two daily servings of dairy: Good for your heart? Retrieved March 25, 2021, from https://www.health.harvard.edu/heart-health/two-daily-servings-of-dairy-good-for-your-heart.

How much water do you need to stay healthy? (2020, October 14). Retrieved March 25, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256.

Staying hydrated – staying healthy. Retrieved March 25, 2021, from https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/staying-hydrated-staying-healthy.

Office of dietary supplements – potassium. National Institute of Health. Retrieved March 25, 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Potassium-HealthProfessional/.

Tea drinkers live longer. Retrieved March 25, 2021, from https://www.escardio.org/The-ESC/Press-Office/Press-releases/Tea-drinkers-live-longer.

Team, H. (2020, October 08). 12 heart-healthy foods to work into your diet. Retrieved March 25, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/12-heart-healthy-foods-to-work-into-your-diet/.

Wolfram, R. Coconut water – is it what its cracked up to be. Retrieved March 25, 2021, from https://www.eatright.org/food/nutrition/healthy-eating/coconut-water-is-it-what-its-cracked-up-to-be.

Stevens, L. M., Linstead, E., Hall, J. L., & Kao, D. P. (2021). Association between coffee intake and incident heart failure risk. Circulation: Heart Failure, 14(2). doi:10.1161/circheartfailure.119.006799.

Milanowski, A. (2020, September 23). 5 things to do every day to keep your heart healthy. Retrieved March 25, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/5-things-to-do-every-day-to-keep-your-heart-healthy/.

Publishing, Harvard. Regular tea drinking linked to better heart health. Retrieved March 25, 2021, from https://www.health.harvard.edu/heart-health/regular-tea-drinking-linked-to-better-heart-health.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 20/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x