Selain Mengganti Cairan Tubuh, Ini 7 Manfaat Lain dari Air Kelapa

    Selain Mengganti Cairan Tubuh, Ini 7 Manfaat Lain dari Air Kelapa

    Air kelapa sudah dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas, air kelapa juga dapat menambah elektrolit dan mineral pada tubuh. Bahkan, air kelapa memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh. Selain itu, apa lagi khasiat lain yang bisa Anda peroleh dari minum air kelapa?

    Kandungan nutrisi dalam air kelapa

    manfaat air kelapa, mengatasi keracunan

    Sebagai minuman, kandungan utama air kelapa tersusun atas elektrolit, mineral, dan vitamin.

    Dalam air kelapa juga terdapat gula, tetapi kandungan gula ini lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah.

    Bukan hanya itu, ada juga kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalam air kelapa.

    Melansir fakta gizi yang terdapat pada data Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram (gr) air kelapa memiliki komposisi gizi sebagai berikut:

    • Energi: 17 Kalori (Kal)
    • Protein: 0.2 g
    • Lemak : 0.1 g
    • Karbohidrat: 3.8 g
    • Kalsium: 15 miligram (mg)
    • Fosfor: 8 mg
    • Besi: 0.2 mg
    • Natrium: 1 mg
    • Kalium: 149 mg

    Dari komposisi gizi ini, terlihat bahwa air kelapa mengandung kalium tinggi. Dibandingkan minuman olahraga yang diformulasi, kandungan kalium pada air kelapa lebih tinggi.

    Jumlah ini bahkan lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang.

    Sementara itu, kandungan mineral lain dalam air kelapa yang terdiri dari kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

    Selain yang disebutkan, nutrisi lain yang terdapat pada air kelapa adalah antioksidan dengan manfaat kesehatan yang besar.

    Manfaat air kelapa untuk kesehatan

    Tidak salah jika air kelapa muda memiliki berbagai khasiat karena memang tersusun dari kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

    Di samping menghilangkan rasa haus dan mencegah dehidrasi, minum air kelapa muda juga mendatangkan manfaat kesehatan seperti berikut ini:

    1. Memperlambat penuaan

    herbal awet muda

    Ternyata, air kelapa punya manfaat baik bagi kecantikan Anda, lho! Ya, khasiat air kelapa bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda.

    Kandungan sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan, dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

    Ini karena kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah).

    Itu sebabnya, kelapa disebut sebagai makanan yang bisa menunda penuaan.

    Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

    Jika Anda ingin awet muda, minum air kelapa mungkin bisa menjadi salah satu caranya.

    2. Mengatur tekanan darah dan kolesterol

    Tak pernah disangka, minum air kelapa bagus untuk kesehatan jantung, lantaran dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

    Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa.

    Natrium mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

    Alhasil, khasiat air kelapa ini berpotensi mencegah terbentuknya penggumpalan darah.

    Di samping itu, air kelapa juga membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik).

    3. Baik untuk kesehatan pencernaan

    hormon yang membuat sistem pencernaan bahagia

    Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

    Biasanya, air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

    Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

    Bahkan, osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.

    Hal ini karena di dalam air kelapa ada kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak sehingga membuatnya punya osmolaritas tinggi.

    Air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino.

    Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

    4. Mencegah penyakit batu ginjal

    Minum banyak air sangat baik untuk kesehatan ginjal. Jika air putih cukup mendukung fungsi ginjal, minum air kelapa ternyata lebih bermanfaat.

    Perlu Anda ketahui bahwa batu ginjal terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine.

    Nah, penelitian berjudul Prophylactic Effect of Coconut Water yang dilakukan pada tikus, menunjukkan air kelapa ternyata bisa mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih.

    Selain itu, air kelapa mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

    Hal ini terjadi karena air kelapa dapat meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine.

    Meski demikian, penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan untuk menguji khasiat air kelapa dalam pencegahan batu ginjal.

    5. Mendukung fungsi organ tubuh

    tubuh sehat

    Kandungan gizi di dalam air kelapa turut memiliki manfaat terhadap kelangsungan kerja organ-organ di dalam tubuh

    Terbukti, air kelapa adalah sumber utama dari arginin, yaitu asam amino yang dapat membantu mengatasi stres tubuh saat Anda berolahraga.

    Pada dasarnya, asam amino juga membantu pembentukan protein sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel-sel pada organ tubuh.

    Sementara itu, kandungan enzim yang ada di dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

    Enzim yang bekerja untuk mendukung khasiat air kelapa ini adalah asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan lainnya.

    6. Menghalau radikal bebas

    Selama proses metabolisme, tubuh juga menghasilkan sel-sel berbahaya seperti radikal bebas. Produksi sel ini bisa meningkat saat tubuh sedang stres atau sakit.

    Saat terlalu banyak kandungan radikal bebas, tubuh akan mencapai kondisi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat.

    Peneliti menemukan bahwa antioksidan yang terdapat pada air kelapa berkhasiat untuk meredakan efek stres oksidatif ini sehingga mampu menangkal zat radikal yang berbahaya.

    Namun, potensi antioksidan pada air kelapa masih perlu diteliti lebih lanjut karena belum ada penelitian yang menguji potensi ini pada manusia.

    7. Menggantikan cairan tubuh yang hilang

    olahraga minum air kelapa manfaat

    Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi.

    Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

    Namun, untuk mengembalikan hidrasi agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak.

    Selain itu, risiko untuk merasa mual, kenyang, dan sakit perut juga lebih sedikit jika minum air kelapa dibandingkan minuman olahraga.

    Itulah beberapa manfaat air kelapa muda. Tubuh jauh lebih segar setelah minum air kelapa, bukan?

    Tentu saja, kandungan elektrolit di dalamnya mampu menggantikan elektrolit yang hilang ketika beraktivitas.

    Air kelapa dibentuk dari proses alami dalam buah kelapa sehingga lebih sehat untuk diminum dibandingkan minuman kemasan yang diformulasi.

    Air kelapa dapat Anda jadikan alternatif minuman yang menyehatkan tubuh.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Santos, L., Bonomo, R., Lemos, A., Fontan, R., Santos, W., Veloso, C., & Souza, M. (2011). Influence of Concentration and Type of Sugar Additives on the Osmolality and Acceptance of Coconut Water. Journal of Health Sciences, 12(1), 29-32. Retrieved 11 February 2021, from
    http://pgsskroton.com.br/seer/index.php/JHealthSci/article/view/1257/1205

    Medeiros, A., & Medeiros, V. (2013, April 21). Therapeutic use of coconut water. Journal of Surgical and Clinical Research, 3(2), 75-83. Retrieved 11 February 2021, from
    http://periodicos.ufrn.br/jscr/article/view/3570/2849

    Academy of Nutrition and Dietetics. (2017). Coconut Water – Is It What Its Cracked Up to Be. Retrieved 11 February 2021, from https://www.eatright.org/food/nutrition/healthy-eating/coconut-water-is-it-what-its-cracked-up-to-be

    Yong, J. W., Ge, L., Ng, Y. F., & Tan, S. N. (2009). The chemical composition and biological properties of coconut (Cocos nucifera L.) water. Molecules (Basel, Switzerland)14(12), 5144–5164. https://doi.org/10.3390/molecules14125144

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui Oct 14
    Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.