home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Buah Strawberry, si Cantik nan Asam yang Menyimpan Segudang Manfaat

Buah Strawberry, si Cantik nan Asam yang Menyimpan Segudang Manfaat

Bisa dibilang, strawberry adalah buah yang serbaguna. Selain rasanya yang enak, buah bulat berwarna merah terang dan berbintik-bintik ini juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Nah, apa saja manfaat strawberry? Simak penjelasan berikut sampai tuntas ya.

Kandungan strawberry yang penting bagi tubuh

kandungan strawberry

Sebelum menjelaskan tentang manfaat strawberry, yuk kita cari tahu dulu apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam buah cantik yang satu ini.

Dilansir dari Food Data Central, dalam 100 gram buah strawberry memiliki kandungan sebagai berikut.

  • Air: 90,95 gr
  • Energi: 32 kcal
  • Karbohidrat: 7,68 gr
  • Vitamin C: 58,8 gr
  • Vitamin A: 1 mcg
  • Beta karotin 7 mcg
  • Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,29 mg
  • Vitamin K: 2,2 mcg
  • Vitamin B6: 0,047 mg
  • Lemak total: 0,67 gr
  • Gula: 4,89 gr
  • Serat: 2 gr
  • Kalsium: 16 mg
  • Kalium: 153 mg
  • Zat besi: 0,41 mg
  • Magnesium: 13 mg
  • Fosfor: 24 mg
  • Zink: 0,14 mg
  • Riboflavin: 0,022 mg
  • Folat: 24 mcg
  • Kolin: 5,7 mcg

Berbagai manfaat strawberry untuk kesehatan tubuh

Berikut ini adalah manfaat buah strawberry yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan mata

Buah strawberry diperkaya oleh kandungan vitamin C dan antioksidan — seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid.

Keduanya dapat membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah seperti mata kering, degenerasi makula dan katarak.

Selain itu, kandungan kalium dalam strawberry juga dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rutin meminum jus strawberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena buah strawberry kaya akan vitamin C.

Kekebalan tubuh yang baik akan mencegah Anda dari berbagai penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, Anda dapat hidup lebih sehat.

Selain itu, vitamin C dalam buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

3. Mencegah kanker

Vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol merupakan beberapa jenis flavonoid yang terkandung dalam strawberry yang memiliki efek antikarsinogenik.

Kandungan antikarsinogenik ini dapat melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker, serta mencegah metastasis (penyebaran) sel kanker di dalam tubuh. Minumlah jus strawberry secara rutin agar terhindar dari bahaya kanker.

4. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat strawberry yang tak kalah penting adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena kandungan strawberry yang kaya antisianidin dan flavonoid yang efektif mencegah penurunan memori.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Devore dari Harvard University disimpulkan bahwa wanita usia lanjut yang mengonsumsi strawberry sebanyak dua porsi atau lebih setiap minggunya memiliki daya ingat yang lebih baik.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Salah satu penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan anthocyanin seperti strawberry dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Selain memberikan efek warna, anthocyanin pada buah strawberry juga dapat membantu membuka aliran darah.

Efek ini sangat berpengaruh pada mereka yang berusia 60 tahun ke bawah. Namun demikian, bukan berarti Anda lantas mengabaikan pengobatan dari dokter, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat.

tidur siang tekanan darah
Sumber: Cleveland Clinic

6. Mengurangi risiko serangan jantung

Fungsi anthocyanin pada buah strawberry lainnya adalah mencegah serangan jantung. Meskipun belum diketahui pasti, sejumlah penelitian telah menjelaskan mengenai hal tersebut.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Eric Rimm yang menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi strawberry dan buah beri lainnya memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah.

7. Mencegah risiko stroke

Manfaat strawberry yang penting selanjutnya adalah mencegah serangan stroke. Hal ini karena zat anthocyanin pada strawberry yang dapat mencegah hipertensi.

Hipertensi adalah salah satu faktor risiko stroke. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, tekanan darah dapat terkontrol sehingga mengurangi risiko stroke.

8. Mengontrol gula darah

Para ahli menjelaskan bahwa antioksidan dan berbagai senyawa lain seperti phytochemicals, anthocyanin and ellagitannins yang terkandung dalam buah strawberry dapat membantu mengontrol gula darah.

Selain itu, karena memiliki indeks glikemik yang rendah, strawberry aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Anda dapat memperoleh rasa manis alami dari strawberry sebagai pengganti gula biasa.

9. Membantu mengurangi berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya memasukkan buah strawberry ke dalam daftar menu diet harian. Hal ini karena kandungan serat pangan yang tinggi pada buah tersebut.

Sejumlah studi klinis telah membuktikan bahwa serat berperan sangat penting dalam menjaga metabolisme dan pengaturan pola makan pada penderita obesitas atau berat badan yang berlebihan.

10. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain untuk menurunkan berat badan, serat yang terkandung pada buah strawberry juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Serat berfungsi untuk mengikat lemak dan kotoran di usus sehingga mencegah Anda dari berbagai penyakit seperti sembelit dan wasir. Serat juga dapat membantu flora usus agar mencerna makanan lebih baik.

Artikel Kesehatan Gangguan Pencernaan Lainnya

11. Mengatasi peradangan (anti inflamasi)

Manfaat strawberry selanjutnya adalah membantu mencegah peradangan. Kandungan strawberry yang bertindak sebagai anti inflamasi adalah polifenol, antosianin, mikronutrien dan serat.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi dari Oklahoma State University Amerika Serikat yang menyimpulkan bahwa zat-zat pada strawberry tersebut berperan dalam mencegah peradangan pada jaringan tubuh, hiperglikemia, dan berbagai penyakit pembuluh darah.

12. Mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL)

Sebuah penelitian oleh National Public Health Institute di Helsinki, Finlandia, menyatakan bahwa kandungan polifenol pada strawberry dan buah beri lainnya dapat membantu penyerapan HDL atau kolesterol baik serta mencegah penyerapan kolesterol jahat.

Oleh karena itu, konsumsi strawberry secara rutin dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit kardiovaskuler yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi seperti penyakit jantung.

13. Mengatasi jerawat

Selain menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, ternyata strawberry juga mampu mengatasi jerawat.

Hal ini karena kandungan zat anti inflamasi yang terdapat pada strawberry. Zat tersebut mampu mencegah peradangan pada kulit yang menyebabkan jerawat.

14. Menghidrasi kulit

Kandungan air pada strawberry efektif untuk mencegah kulit kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terjaga kelembabannya.

Saat kelembapannya terjaga, kulit akan lebih segar dan terhindar dari masalah-masalah yang diakibatkan oleh kulit kering.

15. Mencegah penuaan dini

Strawberry adalah buah yang kaya akan Vitamin C. Sejumlah penelitian telah membuktikan efektivitas vitamin C dalam mencegah kulit dari tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan keriput.

Anda dapat memperoleh manfaat vitamin C dari buah strawberry dengan cara menghaluskannya lalu mengaplikasikan pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung.

tips cara menjaga kesehatan kulit

16. Mencerahkan kulit

Selain mencegah penuaan dini, vitamin C yang terkandung dalam buah strawberry juga dapat membantu membuat kulit Anda menjadi lebih cerah.

Adapun kandungan sodium ascorbyl phosphate (SAP) atau vitamin C larut air yang terdapat pada buah tersebut dipercaya sebagai jenis vitamin C yang mampu memberikan hasil yang lebih efektif dalam mencerahkan kulit.

17. Melindungi kulit dari bahaya polusi dan sinar UV

Manfaat strawberry yang penting untuk kulit selanjutnya adalah melindungi dari bahaya polusi dan sinar UV. Hal ini berkat kandungan strawberry yang kaya antioksidan.

Antioksidan pada strawberry dapat menangkal radikal bebas yang diakibatkan oleh polusi serta menjaga kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Cara mengonsumsi strawberry

Strawberry adalah buah yang kaya akan manfaat. Akan tetapi, perlu Anda memperhatikan cara penyajian yang benar agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga.

Untuk memperoleh manfaat buah strawberry sebaiknya Anda tidak memasaknya pada suhu tinggi. Hal ini agar kandungan vitamin, mineral, dan sejumlah zat gizi lain yang terkandung dalam buah tersebut tidak hilang.

Anda sebaiknya mengonsumsi strawberry dalam keadaan yang masih segar, misalnya dengan memakan langsung atau sebagai salad.

Selain itu, Anda juga dapat mengolahnya menjadi smoothies atau jus strawberry dengan menggunakan air dingin atau es batu.

Anda dapat menyimpan strawberry dalam lemari pendingin agar kesegarannya tetap terjaga. Namun sebaiknya, jangan terlalu lama agar nutrisinya tidak berkurang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

FoodData central. (n.d.). https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/167762/nutrients

Free radical scavenging activity and phenolic content in achenes and thalamus from Fragaria chiloensischiloensis, F. vesca and F. x ananassa cv. Chandler. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0308814606003694. Accessed 04/10/2017.

Rapid Determination of Sugars, Nonvolatile Acids, and Ascorbic Acid in Strawberry and Other Fruits. http://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/jf9701704. Accessed 04/10/2017.

Strawberries decrease atherosclerotic markers in subjects with metabolic syndrome. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2929388/. Accessed 04/10/2017.

Berries keep your brain sharp. (2019, July 22). Harvard Gazette. https://news.harvard.edu/gazette/story/2012/04/berries-keep-your-brain-sharp/

Harvard Health Publishing. (2020, June 17). Eat blueberries and strawberries three times per week. Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/heart-health/eat-blueberries-and-strawberries-three-times-per-week

Effects of dietary fiber and its components on metabolic health. (December). PubMed https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22254008/

Anthocyanins and heart health. (n.d.). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18209270/

Strawberry as a functional food: An evidence-based review. (n.d.). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24345049/#affiliation-1

Favorable effects of berry consumption on platelet function, blood pressure, and HDL cholesterol. (n.d.). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18258621/#affiliation-1

An evaluation of the antiaging properties of strawberry hydrolysate treatment enriched with L-ascorbic acid applied with microneedle mesotherapy. (n.d.). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29663691/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x