home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berapa Liter Minum Air Putih Sehari yang Direkomendasikan?

Berapa Liter Minum Air Putih Sehari yang Direkomendasikan?

Lebih dari 50% tubuh manusia terdiri dari air. Tubuh sangat bergantung pada cairan untuk tetap menjaga kehidupannya sehingga butuh minum air putih dalam jumlah cukup. Namun, minum air putih yang sebenarnya itu sehari berapa liter?

Mengapa penting minum air putih setiap hari?

Tahukah Anda bahwa tubuh Anda membutuhkan air untuk menunjang fungsinya? Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh membutuhkan air agar bisa bekerja dengan baik.

Air bermanfaat untuk melancarkan aliran darah yang membawa nutrisi ke sel tubuh. Air diperlukan untuk membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh.

Keberadaannya juga dibutuhkan untuk melindungi jaringan tubuh yang sensitif serta melembapkan telinga, hidung, dan tenggorokan.

Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan kerjanya. Anda juga bisa mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menguras energi Anda dan membuat Anda lelah.

Sebuah penelitian pada Journal of Nutrition yang melibatkan peserta wanita membuktikan, kekurangan cairan sebanyak 1,36% setelah olahraga dapat menimbulkan tanda kurang minum seperti terganggunya suasana hati dan konsentrasi.

Kekurangan cairan juga dapat menjadi penyebab sakit kepala.

Lantas, seharusnya minum air putih sehari berapa liter?

Anda mungkin sering mendengar anjuran untuk minum air putih delapan gelas per hari. Nyatanya, anjuran ini belum tentu berlaku untuk semua orang. Bisa jadi Anda butuh minum air putih kurang atau melebihi rekomendasi ini.

Pada umumnya, kebanyakan orang memang tercukupi kebutuhannya dengan minum 8 gelas per hari atau setara dengan dua liter. Pesan ini juga mudah untuk diingat sehingga terus disampaikan kepada masyarakat.

Meski demikian, bila menjawab soal berapa liter kebutuhan minum air putih dalam sehari, hal ini bervariasi pada setiap orang. Yang penting, minumlah setiap kali Anda merasa haus, sehingga kebutuhan air Anda terpenuhi.

Rasa haus merupakan isyarat tubuh bahwa tubuh Anda sedang membutuhkan air. Kenalilah setiap isyarat haus Anda. Jika Anda mengikuti isyarat tersebut, mungkin air yang Anda minum per hari bisa kurang dari 8 gelas atau mungkin lebih.

Tak perlu memaksakan minum air putih 8 gelas per hari kalau Anda merasa tubuh Anda sudah cukup terhidrasi. Selain itu, tak perlu menahan diri juga bila Anda merasa masih haus setelah minum air putih 8 gelas seharian.

Lihat juga warna urine Anda untuk menentukan apakah Anda sudah cukup minum air putih atau belum. Jika kebutuhan air Anda belum terpenuhi, urine Anda akan berwarna lebih gelap. Itu artinya Anda harus minum lebih banyak cairan lagi.

Faktor yang memengaruhi anjuran jumlah minum air putih

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi berapa banyak air putih yang harus Anda minum dalam sehari. Di bawah ini faktor-faktornya.

1. Aktivitas

Jika Anda banyak melakukan aktivitas, seperti olahraga yang mengeluarkan banyak keringat, Anda butuh untuk minum lebih banyak air.

Mengapa demikian? Air lebih yang masuk ke tubuh Anda berguna untuk menggantikan cairan tubuh Anda yang hilang melalui keringat.

2. Lingkungan

Anda membutuhkan air lebih banyak saat cuaca sedang panas atau lembab karena Anda lebih banyak berkeringat pada saat ini. Selain itu, jika Anda berada di ketinggian 2.500 meter, Anda mungkin juga membutuhkan air lebih banyak.

Pada ketinggian ini, Anda biasanya akan lebih sering buang air kecil dan bernapas lebih cepat, sehingga lebih banyak cairan tubuh yang terbuang dan Anda perlu menggantinya.

3. Penyakit atau kondisi kesehatan

Saat Anda sedang demam, muntah-muntah, atau diare, tubuh Anda akan mengeluarkan lebih banyak cairan. Sehingga, pada saat ini Anda membutuhkan lebih banyak cairan yang masuk ke tubuh Anda.

Namun, beberapa kondisi seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan penyakit hati mungkin dapat membuat Anda harus membatasi kebiasaan minum air putih.

4. Kehamilan dan menyusui

Pada saat hamil dan menyusui, wanita membutuhkan air lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan cairannya yang tinggi.

Terjadi banyak perubahan di dalam tubuh ibu hamil, sehingga kebutuhan cairan ibu hamil pun meningkat. Ibu menyusui juga membutuhkan air lebih banyak untuk memproduksi ASI.

Ingat, Anda tidak harus minum air putih sebanyak delapan gelas. Minumlah setiap Anda merasa haus dan di saat-saat yang diperlukan. Namun, ini bukan berarti Anda boleh malas minum air putih, sebab risiko kesehatan akan tetap menghantui Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Water: How much should you drink every day? (2014). Mayo Clinic. Retrieved 12 April 2021, from http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256?

Armstrong, L. E., Ganio, M. S., Casa, D. J., Lee, E. C., McDermott, B. P., Klau, J. F., Jimenez, L., Le Bellego, L., Chevillotte, E., & Lieberman, H. R. (2012). Mild dehydration affects mood in healthy young women. The Journal of nutrition, 142(2), 382–388. Retrieved 12 April 2021.

Get the Facts: Drinking Water and Intake. (2020). Centers for Disease Control and Prevention. Retrieved 12 April 2021, from https://www.cdc.gov/nutrition/data-statistics/plain-water-the-healthier-choice.html

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala pada 4 minggu lalu
x