home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Hanya Segar, Ini 6 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Tak Hanya Segar, Ini 6 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Ragu mengonsumsi lemon karena rasanya yang sangat asam? Faktanya, buah lemon punya segudang manfaat untuk kesehatan, lho! Yuk ketahui apa saja kandungan serta manfaat buah lemoh di ulasan ini!

Kandungan gizi dari buah lemon

Sama seperti jenis buah lainnya, ada berbagai nutrisi serta gizi dalam kandungan buah lemon. Apalagi, lemon juga mengandung air serta vitamin C yang cukup tinggi sama seperti jeruk.

Dikutip dari Panganku, berikut adalah fakta gizi yang dihitung per 100 gram dari kandungan buah lemon.

  • Kalori: 34
  • Air: 92,2 gr
  • Serat: 0,1 gr
  • Kalsium: 23 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Natrium: 31 mg
  • Kalium: 140,0 mg
  • Zinc: 0,2 mg
  • Vitamin B1: 0,09 mg
  • Vitamin B2: 0,12 mg
  • Vitamin C: 50 mg

Manfaat mengonsumsi buah lemon

manfaat dan khasiat lemon

Tidak semua orang menyukai rasa asam dari buah lemon karena takut sakit perut atau asam lambungnya naik.

Padahal, lemon termasuk buah yang aman dikonsumsi bahkan saat perut Anda sedang kosong.

Ini karena meski rasanya asam dan pHnya rendah, pH lemon akan berubah menjadi basa ketika diserap dan dicerna.

Berikut adalah manfaat atau khasiat dari buah lemon yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat buah atau mengonsumsi air lemon adalah membantu melancarkan pencernaan.

Air lemon memang dipercaya dapat menjadi minuman pencahar alami sehingga mencegah kondisi sembelit.

Dikutip dari Cleveland Clinic, kandungan asam dan serat pektin yang terdapat pada buah lemon dapat membantu menguraikan makanan di dalam perut.

Selain mencampur air lemon dengan air hangat, pastikan Anda juga menggunakan daging buahnya agar tidak kehilangan manfaat dari serat.

2. Menjaga sistem imun

Sudah menjadi hal yang diketahui banyak orang bahwa lemon mempunyai kandungan vitamin C. Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lalu, manfaat lainnya dari buah lemon karena kandungan vitamin C adalah membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Tidak hanya itu saja, vitamin C juga menjadi salah satu asupan yang cukup penting karena tubuh tidak bisa memproduksi dengan sendirinya.

3. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan vitamin C yang ada pada buah lemon juga bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

Hal ini karena adanya senyawa di dalam lemon, yaitu hesperidin dan diosmin yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Perlu diketahui bahwa kolesterol tinggi dapat menjadi pemicu penyakit jantung.

4. Mencegah kondisi anemia

Buah lemon juga mengandung salah satu jenis mineral, yaitu zat besi. Manfaat zat besi dalam buah lemon adalah untuk menjaga keseimbangan sel darah merah.

Saat kekurangan zat besi, yang terjadi adalah tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin pada sel darah merah.

Kondisi yang juga disebut sebagai anemia defisiensi besi ini bisa membuat Anda mengalami sesak napas dan tidak bertenaga.

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C pada buah lemon juga bermanfaat dan berkhasiat untuk menyerap zat besi sebanyak mungkin dari asupan makanan lainnya.

5. Membantu mengurangi berat badan

Kini, sebagian orang mengonsumsi air hangat dicampur lemon untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena lemon dipercaya dapat membakar lemak di dalam tubuh.

Namun, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat air lemon adalah untuk menurunkan berat badan.

Penjelasannya adalah campuran air dan lemon dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Maka dari itu, cara ini pun mampu menahan asupan kalori sehingga berat badan Anda pun juga menurun.

6. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Ada pula kandungan mineral lainnya di dalam buah lemon seperti kalsium dan juga kalium.

Kedua kandungan ini menjadikan buah lemon bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan serta kepadatan tulang dan juga otot.

Lalu, kedua jenis mineral ini juga mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah.

Bagaimana cara tepat untuk mengonsumsi buah lemon?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi lemon walaupun terkadang Anda tidak bisa menahan rasa asamnya.

Cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan mencampurkan lemon dengan air hangat, madu, atau menambahkan potongan buah lain sebagai infused water.

Lalu, Anda juga bisa menyimpan air perasan lemon. Jika menyimpannya dengan benar, masih dapat dikonsumsi hingga 4-6 bulan lamanya.

Sebaiknya, simpan dan bekukan air perasan lemon yang kaya vitamin di dalam freezer jika ingin menyimpannya untuk jangka waktu lama.

Apabila Anda mempunyai masalah seperti gangguan pencernaan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dietary reference intakes: Water, potassium, sodium, chloride, and sulfate. (2004). http://www.nationalacademies.org/hmd/Reports/2004/Dietary-Reference-Intakes-Water-Potassium-Sodium-Chloride-and-Sulfate.aspx Accessed July 10, 2019

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 11 February 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Joshipura, K., Hu, F., Manson, J., Stampfer, M., Rimm, E., & Speizer, F. et al. (2001). The Effect of Fruit and Vegetable Intake on Risk for Coronary Heart Disease. Annals Of Internal Medicine, 134(12), 1106. doi: 10.7326/0003-4819-134-12-200106190-00010

7 Reasons to Start Your Day with Lemon Water. (2020). Retrieved 11 February 2021, from https://health.clevelandclinic.org/7-reasons-to-start-your-day-with-lemon-water-infographic/

Iron deficiency anemia – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 11 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/iron-deficiency-anemia/symptoms-causes/syc-20355034

Helmenstine, A. (2021). What Is the pH of Lemon Juice?. Retrieved 19 March 2021, from https://sciencenotes.org/what-is-the-ph-of-lemon-juice/

Dietary Reference Intakes for Water, Potassium, Sodium, Chloride, and Sulfate. (2005). doi: 10.17226/10925

Moser, M., & Chun, O. (2016). Vitamin C and Heart Health: A Review Based on Findings from Epidemiologic Studies. International Journal Of Molecular Sciences, 17(8), 1328. doi: 10.3390/ijms17081328

BONNIE RIVA RAS, a. (2021). 7 Health Benefits of Lemon Water – Goodnet. Retrieved 11 February 2021, from https://www.goodnet.org/articles/7-health-benefits-lemon-water1

Publishing, H. (2021). Key minerals to help control blood pressure – Harvard Health. Retrieved 11 February 2021, from https://www.health.harvard.edu/heart-health/key-minerals-to-help-control-blood-pressure

3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity. (2020). Retrieved 11 February 2021, from https://health.clevelandclinic.org/3-vitamins-best-boosting-immunity/

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 07/03/2021
x