Kesehatan Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita di Indonesia. Jangan sampai lengah, kenali gejala dan tanda, pertolongan pertama, hingga pengobatan penyakit jantung di artikel berikut ini.

FAQ

Apa itu sistem kardiovaskular?

Icon Chevron

Dikenal juga sebagai sistem peredaran darah, sistem kardiovaskular terdiri atas organ jantung, darah, dan pembuluh darah Anda. Tujuannya yaitu mengangkut darah yang mengandung oksigen dan zat gizi dari jantung ke berbagai bagian tubuh melalui pembuluh arteri.

Apa fungsi jantung?

Icon Chevron

Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh manusia.

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?

Icon Chevron

Ada beragam cara untuk menjaga kesehatan jantung dan meminimalkan risiko penyakit. Beberapa cara tersebut yakni menjaga berat badan; latihan kardiovaskular seperti jogging; menghindari minum alkohol dan merokok; memeriksakan tekanan darah dan gula darah secara teratur; mengonsumsi lebih sedikit garam; tidur setidaknya 7 jam setiap hari untuk mengurangi stres.

Apa saja faktor risiko penyakit jantung?

Icon Chevron

Beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung atau gagal jantung, antara lain kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas; merokok; tekanan darah tinggi; serta kadar kolesterol tinggi.

Apa itu aterosklerosis?

Icon Chevron

Ketika lemak, kolesterol, dan zat lain mulai menumpuk di arteri Anda, ini disebut dengan aterosklerosis. Bobot plak (zat-zat) tersebut dapat menyebabkan pembuluh arteri menyempit, menghalangi aliran darah, dan memungkinkan terkena pembekuan darah.

Pelajari Lebih Jauh:

Aterosklerosis

Apakah saya berisiko mengalami penyakit jantung?

Icon Chevron

Anda mungkin berisiko mengalami penyakit jantung jika memiliki kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, obesitas atau kelebihan berat badan, kolesterol darah tinggi, dan diabetes. Faktor-faktor lainnya juga dapat meningkatkan risiko Anda. Beberapa contohnya termasuk memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, perempuan berusia lebih dari 55 tahun, atau laki-laki berusia lebih dari 45 tahun

Apa saja gejala serangan jantung?

Icon Chevron

Meskipun beberapa kasus serangan jantung terjadi dengan cepat dan tiba-tiba, banyak pula serangan jantung yang terjadi secara perlahan dan diawali dengan rasa tidak nyaman. Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami tanda dan gejala berupa rasa tidak nyaman atau nyeri pada dada, pusing, mual, tiba-tiba ingin muntah, nyeri pada rahang, leher, atau punggung, nyeri pada lengan atau bahu, dan sesak napas.

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Jantung


Ingin mendapatkan berat badan ideal?

Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!