Apakah Wanita Dapat Hamil Jika Mengidap Penyakit Jantung Bawaan?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/03/2020
Bagikan sekarang

Kemajuan pengobatan dalam dekade belakangan ini telah membuat perubahan nyata mengenai bayi yang lahir dengan kelainan jantung. Sekitar 85-90% anak yang terlahir dengan kelainan jantung bawaan di sekarang dapat bertahan hidup sampai dewasa.

Jika Anda adalah anggota generasi dewasa yang lebih baru ini, Anda mungkin telah bertanya-tanya tentang keselamatan saat hamil dan melahirkan.

Bagi banyak wanita yang terlahir dengan kelainan jantung, kehamilan sama amannya dengan wanita dengan jantung normal. Bagi beberapa wanita dengan kelainan jantung bawaan parah, kehamilan mungkin membawa risiko tinggi, baik bagi ibu maupun bayi. Untuk wanita di kelompok ini, terkadang bisa saja melahirkan bila dikoordinasi dan dirawat secara khusus dengan ahli jantung dan dokter kandungan.

Catatan penting mengenai kehamilan dan kelainan jantung bawaan

Jangan percaya jika ada yang bilang wanita dengan kelainan jantung “tidak bisa hamil”. Pernyataan ini membutuhkan klarifikasi dari tim medis. Beberapa wanita mungkin menerjemahkan pernyataan seperti ini sebagai tanda bahwa mereka tidak dapat hamil, padahal, faktanya, mereka lebih ke tidak boleh hamil (karena risiko kesehatan mereka atau bayi).

Demikian pula dengan Anda, yang mungkin pernah mendengar bahwa Anda “tidak bisa hamil” saat sedang minum obat macam Coumadin (warfarin). Coumadin tidak akan mencegah kehamilan, tapi Anda tidak boleh minum obat itu selama hamil karena dapat menyebabkan efek samping serius pada janin yang berkembang, misalnya kelainan saat lahir atau keguguran. Sebelum hamil, penting untuk menentukan apakah ada perubahan obat apapun yang perlu dibuat untuk melindungi Anda dan/atau bayi.

Sebagai tambahan, jika Anda atau partner Anda mengalami kelainan jantung bawaan—atau terdapat riwayat kelainan jantung bawaan dalam keluarga—risiko anak Anda mungkin terpengaruh oleh penyakit jantung meningkat. Risiko khusus beragam tergantung bentuk kelainan jantung bawaan yang Anda alami. Penting untuk mendiskusikan risiko ini dengan tim perawat dan konselor genetik.

Jika Anda adalah wanita dengan kelainan jantung bawaan yang berharap hamil, telaah pilihan Anda dengan hati-hati dengan panduan tim pelayanan kesehatan yang berpengalaman dengan wanita dengan kelainan jantung bawaan.

Tim medis selama hamil

Jika Anda terlahir dengan kelainan jantung, Anda mungkin sudah terbiasa menjaga kesehatan Anda diri sendiri. Apakah Anda telah berpengalaman merawat diri sendiri atau baru mulai belajar bahwa Anda mengalami kelainan jantung, Anda harus mencoba menemukan sebanyak mungkin tentang kondisi Anda. Jika kesehatan jantung Anda ditangani sampai sekarang oleh keluarga, tanyakan, jika memungkinkan, tentang pengobatan apapun yang Anda jalani pada masa anak-anak dan cobalah menyimpan catatan medis Anda dari rumah sakit manapun tempat Anda dirawat. Bawalah informasi dengan Anda ke jadwal kunjungan yang terkait dengan kehamilan Anda.

Ingat: Pengetahuan mendetail tentang kondisi jantung Anda akan mengizinkan penyedia layanan kesehatan bekerja dengan Anda untuk memberikan kelonggaran sebisa mungkin. Kritis dalam menilai pilihan kehamilan dan memastikan keselamatan Anda dan bayi akan menyusun tim medis Anda. Jika Anda mengidap penyakit jantung bawaan signifikan, Anda kemungkinan akan memiliki dokter kandungan risiko tinggi dan/atau perinatologis (spesialis kandungan yang ahli dalam menangani kehamilan yang berisiko lebih tinggi) yang akan menjadi bagian tim perawat Anda. Mereka akan bekerja sama dengan ahli jantung untuk memandu Anda sepanjang pertanyaan tentang kehamilan. Mereka akan mampu menasihati Anda tentang risiko kesehatan apapun dan bayi.

Idealnya, percakapan tentang kehamilan akan membutuhkan waktu lama sebelum hamil. Jika tidak, libatkan dokter kandungan dan ahli jantung sebisa mungkin. Bila Anda telah hamil, ahli jantung dan dokter kandungan dapat menasihati Anda tentang operasi atau perawatan intervensi apapun yang mungkin penting bagi jantung Anda selama atau setelah hamil, serta obat-obatan (terapi medis) yang mungkin Anda harus minum atau bahkan hentikan untuk alasan keamanan. Anda kemungkinan besar akan dirujuk ke perinatologis.

Pendekatan berdasarkan tim dengan Anda, perinatologis, dokter kandungan, dan ahli jantung akan membantu menentukan cara menjaga Anda dan bayi tetap sehat selama hamil, serta metode terbaik untuk melahirkan, apakah secara alami atau dengan operasi caesar.

Risiko kehamilan pada wanita dengan kelainan jantung bawaan

Walaupun banyak wanita dengan kelainan jantung bawaan sanggup melahirkan dengan sukses, penilaian risiko secara hati-hati sangat penting. Penyakit jantung adalah penyebab nomor 1 kematian pada wanita di seluruh dunia, dan wanita dengan penyakit jantung bawaan dalam beberapa kasus akan lebih tidak dapat mentoleransi perubahan kardiovaskular yang menyertai kehamilan dan kelahiran.

Saat ini, di bawah ini adalah contoh kelainan jantung bawaan yang tidak begitu meningkatkan risiko pada ibu (kasus individual bervariasi):

  • Kelainan septum atrial atau septum ventrikular (tanpa kelainan lainnya)
  • Koarksi aorta – setelah perawatan
  • Tetralogy fallot – setelah operasi

Contoh bentuk penyakit jantung bawaan berisiko tinggi pada kehamilan termasuk:

  • Hipertensi paru-paru
  • Sindrom Eisenmenger
  • Stenosis aorta parah atau kelainan katup lainnya
  • Penyakit jantung ventrikel tunggal (di mana jantung hanya memiliki satu bilik yang mampu memompa darah keluar dari jantung, daripada dua) atau bentuk lain penyakit jantung sianotik

Ahli jantung dapat menasihati Anda tentang apakah kelainan jantung bawaan Anda membawa risiko tinggi, sedang, atau rendah—dan cara terbaik untuk melindungi kesehatan Anda dan bayi.

Pertanyaan ke dokter tentang kehamilan dan penyakit jantung bawaan

Pertanyaan di bawah ini bisa membantu Anda berbicara dengan dokter. Print atau catat pertanyaan ini dan bawalah ke kunjungan. Mencatat bisa membantu Anda mengingat respon dokter saat Anda pulang.

  • Sebagai wanita dengan penyakit jantung bawaan, apakah kehamilan aman bagi saya?
  • Sebagai pria atau wanita dengan penyakit jantung bawaan, apakah anak saya lebih mungkin mengalami penyakit jantung bawaan?
  • Jika kehamilan tidak disarankan, apa saja pilihan kontrasepsi saya?
  • Apakah beberapa bentuk kontrasepsi lebih aman daripada yang lainnya?

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Pilihan Obat dan Prosedur Medis untuk Mengobati Sakit Jantung

    Penyakit jantung dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani segera. Simak obat sakit jantuang dan pengobatan penyakit jantung berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

    Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

    4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

    Ibu hamil boleh puasa. Meski begitu, meneruskan puasa bagi ibu hamil dengan kondisi-kondisi ini tak cuma membahayakan kesehatannya, tapi juga bayinya.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

    Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

    Gangguan makan yang dialami oleh ibu hamil tentu akan memberikan dampak yang berbahaya bagi keselamatan dan perkembangan janin.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Direkomendasikan untuk Anda

    NSTEMI adalah serangan jantung ringan

    NSTEMI, Jenis Serangan Jantung yang Tergolong Ringan

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020
    apakah penyakit jantung bisa sembuh

    Apakah Seseorang yang Terkena Penyakit Jantung Bisa Sembuh?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
    hamil setelah keguguran

    Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
    penyakit jantung boleh puasa

    Amankah Jika Penderita Penyakit Jantung Ikut Berpuasa?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020