1. Definisi

Apa itu rotavirus?

Rotavirus adalah penyebab utama dari penyakit akut gastroenteritis (muntah-muntah dan diare serius) yang banyak diderita oleh anak-anak di seluruh dunia.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Anak-anak yang terinfeksi dapat mengalami diare berair yang cukup parah, sering kali disertai muntah-muntah, demam, dan sakit di bagian perut. Muntah-muntah dan diare berair dapat berlangsung selama 3 sampai 8 hari. Gejala tambahan meliputi hilangnya nafsu makan dan dehidrasi (kehilangan cairan tubuh), yang dapat sangat berbahaya bagi bayi dan anak-anak

Gejala dehidrasi termasuk:

  • Berkurangnya urin
  • Mulut dan tenggorokan kering
  • Kesulitan untuk berdiri

Anak yang mengalami dehidrasi juga dapat terus menangis dengan sedikit air mata atau bahkan tidak ada air mata, dan biasanya disertai rasa kantuk atau rewel.

Orang dewasa yang terserang penyakit rotavirus cenderung memiliki gejala yang lebih ringan.

2. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Tidak ada obat antivirus untuk menangani infeksi rotavirus. Obat-obatan antibiotik tidak akan membantu karena antibiotik hanya melawan bakteri, bukan virus.

Infeksi rotavirus dapat menyebabkan muntah-muntah dan diare serius. Hal ini dapat berkembang menjadi dehidrasi (kehilangan cairan tubuh). Selama infeksi rotavirus, bayi dan anak-anak, orang dewasa, dan orang-orang yang terserang penyakit lain kebanyakan berisiko mengalami dehidrasi.

Cara terbaik untuk melawan dehidrasi adalah dengan minum banyak air. Larutan rehidrasi yang dapat Anda peroleh dari supermarket makanan dan minuman dapat sangat membantu mengatasi dehidrasi ringan. Dehidrasi serius mungkin membutuhkan perawatan di rumah sakit dengan infus cairan (IV), yang diberikan langsung kepada pasien melalui pembuluh vena. Jika Anda merasa mengalami dehidrasi serius, atau orang yang Anda cintai mengalaminya, segera hubungi dokter.

Kapan saya harus ke dokter?

Jika Anda merasa Anda atau seseorang yang Anda cintai mengalami dehidrasi serius, hubungi dokter Anda.

3. Pencegahan

Rotavirus dapat menyebar dengan sangat mudah. Mencuci tangan dan menjaga kebersihan memang penting, tetapi hal itu tidak cukup untuk mengontrol penyebaran penyakit.

Vaksin rotavirus sangat efektif dalam mencegah penyakit rotavirus gastroenteritis yang diikuti dengan diare dan gejala lainnya. Bayi direkomendasikan mendapat vaksinasi rutin dengan salah satu dari dua vaksin yang tersedia:

  • RotaTeq® (RV5), diberikan dalam 3 dosis pada usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan
  • Rotarix® (RV1), diberikan dalam 2 dosis pada usia2 bulan dan 4 bulan

Kedua vaksin rotavirus diberikan melalui mulut. Vaksin tersebut sangat efektif (85% sampai 98%) dalam mencegah penyakit rotavirus serius pada bayi dan anak-anak, termasuk infeksi rotavirus yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Vaksin rotavirus tidak dapat mencegah diare atau muntah-muntah yang disebabkan oleh virus atau patogen lain.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca