5 Alternatif Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Lutut Sedang Sakit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Bagi orang yang terbiasa berolahraga, sehari saja tanpa latihan rasanya badan terasa tidak enak. Sayangnya, hal ini mungkin menjadi hambatan ketika lutut terasa nyeri karena satu dan lain hal. Namun tenang, ada beberapa olahraga yang tetap bisa dilakukan lho saat lutut sedang sakit.

Pilihan olahraga saat lutut sedang sakit

Berolahraga mungkin terasa mustahil ketika lutut sedang sakit. Pasalnya, kaki menjadi bagian yang biasanya menumpu tubuh. Namun, olahraga berikut tetap bisa Anda lakukan dalam keadaan lutut yang nyeri:

1. Berenang

cara belajar berenang

Renang adalah salah satu olahraga yang tepat meski lutut Anda sedang sakit. Saat berenang, kaki mengambang di air dan tidak menumpu berat tubuh. Dengan begitu, lutut tidak akan tersiksa dan bertambah buruk kondisinya.

Berenang merupakan latihan kardio yang bagus untuk jantung dan paru serta mampu mendukung otot lutut agar lebih kuat. Berenang juga mampu membakar kalori dengan cepat dan melatih otot perut, perut, dan dada.

Gaya bebas menjadi  gaya renang yang paling cepat membakar kalori, yaitu sekitar 100 kalori setiap menit, lebih dari jogging. Saat lutut sudah tak sakit, Anda juga bisa tetap merutinkan olahraga berenang untuk kesehatan tubuh.

2. Bersepeda

Benarkah Sering Bersepeda Menyebabkan Impotensi?

Bersepeda memang melibatkan lutut. Akan tetapi, olahragaini tidak memberi tekanan pada lutut sehingga membuat kondisinya semakin parah.

Untuk memastikan bahwa Anda tidak memberi tekanan pada lutut Anda, hindari tanjakan curam atau turunan. Bersepedalah di area yang datar. Selain itu, naikkan sedikit jok Anda untuk mengurangi tekanan pada tempurung lutut.

Selain sepeda biasa, Anda juga bisa menggunakan sepeda statis. Goweslah secara perlahan agar terhindar dari masalah lutut yang semakin buruk. Bersepeda membantu menjaga jantung tetap sehat dan memperlancar aliran darah.

3. Pilates

manfaat pilates adalah

Dilansir dari Mayo Clinic, pilates adalah olahraga yang bertujuan untuk memperbaiki postur, meningkatkan kekuatan inti, dan keseimbangan otot. Selain sebagai olahraga untuk menyehatkan tubuh, pilates juga membantu meringankan bagian tubuh yang bermasalah.

Bahkan, pilates merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk wanita saat sakit lutut ketika dilakukan dengan benar. Jika dilakukan secara teratur, pilates membantu memperbaiki postur, tonus otot, mobilitas sendi, dan menghilangkan stres.

Jika Anda takut untuk melakukannya sendiri di rumah, datanglah ke kelas pilates karena ada instruktur khusus yang akan membantu Anda.

4. Harmstring curl

harmstring curl
Sumber: Ottawa Public Health

Harmstring curl termasuk salah satu gerakan olahraga yang tidak akan membuat lutut semakin sakit. Oleh karenanya, olahraga ini aman dilakukan saat lutut Anda sedang sakit atau cedera.

Untuk melakukan harmstring curl caranya mudah, yaitu:

  1. Berdirilah di belakang kursi sambil memegang punggung kursi untuk menjaga keseimbangan
  2. Tekuk lutut kanan dan angkat kaki ke belakang seperti hendak menendang pantat sendiri
  3. Lakukan sekitar 10 kali perulangan sebelum mengganti dengan kaki berikutnya

Selain memperkuat glutes (otot pantat) dan harmstring (otot di belakang paha), latihan ini juga membantu mengatasi rasa sakit pada sendi lutut Anda.

5. Step touches

step touches
Sumber: Verywell fit

Step touches merupakan olahraga sederhana saat lutut sedang sakit yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Latihan yang satu ini biasanya diawali dengan tempo yang lambat dan semakin cepat seiring berjalannya waktu.

Berikut langkah-langkah melakukan step touches:

  1. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu
  2. Langkahkan kaki kanan ke dalam atau ke kiri selangkah dan kaki kiri ke arah luar atau ke arah kiri
  3. Lakukan bergantian dengan melangkah ke kanan dan ke kiri dengan langkah yang lebih lebar dan lebih besar
  4. Saat melangkah, usahakan kaki untuk tetap lurus, tidak menekuk
  5. Ulangi selama sekitar 60 detik

Di antara berbagai pilihan olahraga yang ditawarkan, Anda tinggal memilih saja mana yang mampu dilakukan saat lutut sedang sakit.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 18, 2019 | Terakhir Diedit: November 5, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca