Kesehatan Gigi dan Mulut

Tak sedikit orang yang menyepelekan kesehatan gigi dan mulut. Padahal jika gangguan pada gigi dan mulut tak diatasi dengan baik dapat menyebabkan kondisi lain yang serius, Pahami tips menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta gangguan yang mungkin terjadi.

FAQ

Apa pentingnya kesehatan mulut?

Icon Chevron

Kesehatan mulut adalah pintu gerbang menuju kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Ini berarti jika gigi, mulut, dan gusi tidak terawat dengan baik, kesehatan tubuh Anda dapat terkena dampaknya. Kesehatan mulut yang terjaga dengan baik akan memperkuat perlindungan alami tubuh saat Anda terkena bakteri. Mulut Anda terhubung langsung dengan saluran pernapasan dan pencernaan. Jika bakteri masuk ke dalamnya, hal ini dapat menyebabkan penyakit.

Apa itu rongga mulut?

Icon Chevron

Rongga mulut mengacu pada mulut Anda. Bagian ini mencakup bibir, pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, gusi atas dan bawah, lidah, serta langit-langit dan dasar mulut.

Bagaimana cara menjaga kekuatan gigi saya?

Icon Chevron

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kekuatan gigi yaitu menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara rutin dua kali sehari, menghindari makanan dan minuman tinggi gula, periksa rutin ke dokter gigi, menggunakan pasta gigi mengandung fluoride untuk memperkuat lapisan email gigi, dan tidak menggertakkan gigi.

Kapan saya harus ke dokter gigi?

Icon Chevron

Beberapa tanda bahwa Anda harus periksa ke dokter gigi yakni adanya nyeri atau bengkak pada mulut atau leher, gusi bengkak atau berdarah, gigi tanggal, bengkok, atau goyang, kesulitan saat makan, mulut kering, serta adanya luka pada mulut. Sekalipun tidak terdapat nyeri pada rongga mulut, Anda tetap dianjurkan untuk periksa rutin ke dokter gigi setiap enam bulan untuk menjaga kesehatan gigi.

Apa saja langkah dalam menyikat gigi?

Icon Chevron

Gunakan pasta gigi seukuran kacang polong pada sikat gigi, lalu sikatlah gigi pada bagian belakang mulut Anda dengan memiringkan sikat gigi dengan sudut kira-kira 45 derajat. Bersihkan seluruh bagian dalam gigi dan sikatlah gusi Anda. Sikatlah permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah dengan gerakan maju-mundur yang pendek, lalu sikatlah lidah Anda.

Bagaimana cara memiliki gigi yang sempurna?

Icon Chevron

Anda bisa memiliki gigi yang sempurna dan senyum yang indah dengan menyikat gigi dua kali sehari serta menggunakan benang gigi. Jika gigi Anda terasa bengkok atau tidak sejajar, konsultasikan kepada dokter spesialis ortodonti yang mungkin akan menyarankan penggunaan alat korektif seperti kawat gigi atau veneer untuk meningkatkan penampilan gigi Anda.

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Gigi dan Mulut


Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


Pakar di Kategori Kesehatan Gigi dan Mulut

Lihat Semuasee-more-icon