home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Gigi Bungsu Baru Tumbuh di Usia Dewasa?

Kenapa Gigi Bungsu Baru Tumbuh di Usia Dewasa?

Apabila Anda saat ini sedang mengeluh rasa nyeri pada bagian belakang rahang, bisa jadi gigi bungsu Anda sedang tumbuh. Gigi bungsu atau wisdom teeth adalah gigi geraham ketiga yang jadi gigi geraham terakhir yang tumbuh pada usia belasan atau awal usia dua puluh tahunan.

Pertumbuhan gigi geraham bungsu ini seringkali menimbulkan masalah, salah satunya adalah sakit gigi dan rasa nyeri yang luar biasa. Gejala ini biasanya Anda rasakan apabila sudah tidak adanya lagi ruang yang tersisa pada gusi yang bisa gigi bungsu tempati. Lalu, kenapa gigi bungsu baru tumbuh pada usia dewasa?

Apa yang menyebabkan gigi bungsu baru tumbuh pada usia dewasa?

Orang dewasa bisa memiliki hingga 32 gigi dalam rongga mulut, termasuk gigi bungsu. Dikutip dari Oral Health Foundation, gigi bungsu atau gigi molar ketiga ini biasa tumbuh dalam rentang umur 17 hingga 25 tahun. Gigi bungsu akan tumbuh pada empat bagian rahang, yaitu kanan atas belakang, kiri atas belakang, kanan bawah belakang, dan kiri bawah belakang.

Jika gigi bungsu tumbuh dengan arah dan posisi tepat, maka hal ini tidak akan jadi masalah. Namun apabila gigi bungsu tumbuh miring yang dalam istilah medis dikenal sebagai impaksi gigi bungsu, maka akan muncul gejala-gejala, seperti bengkak, nyeri, bahkan demam terlebih jika gigi ini menusuk gigi dan gusi sekitarnya.

Tidak ada cara mencegah gigi bungsu untuk tidak tumbuh miring. Pertumbuhan gigi ini bersifat alamiah dan tergantung kondisi benih gigi sebelumnya. Jika benih gigi bungsu kondisinya bagus, maka gigi tersebut akan tumbuh lurus dan akan berfungsi normal.

Gigi geraham pertama biasanya akan muncul saat Anda berusia 6 tahun, sedangkan gigi geraham kedua akan muncul saat berumur 12 tahun. Gigi geraham terakhir atau gigi bungsu sebenarnya tumbuh pada saat Anda berusia sekitar 10 tahun.

Namun gigi bungsu tidak bisa muncul seperti gigi geraham lainnya, karena memiliki proses pertumbuhan yang berbeda. Hal ini terjadi karena ruang yang tidak cukup dalam rahang Anda. Tidak ada lagi ruang yang tersisa pada gusi yang bisa gigi bungsu tempati inilah yang menyebabkan gigi bungsu baru muncul pada rentang usia 17 hingga 25 tahun, meskipun banyak kemungkinannya hingga usia 30 tahun.

Karena bentuk rahang manusia yang berbeda-beda, hal ini yang menyebabkan pertumbuhan gigi bungsu setiap orang berbeda. Gigi bungsu ini sering terhalang oleh gigi geraham lain yang sudah muncul, jika rahang Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk gigi bungsu.

Bagaimana cara mengatasi gigi bungsu yang tumbuh sakit?

mengatasi gigi bungsu tumbuh sakit

Sakit akibat tumbuh gigi bungsu ini bisa Anda atasi dengan minum obat pereda nyeri, seperti asam mefenamat, paracetamol, atau ibuprofen. Anda juga bisa meredakan rasa nyeri dengan berkumur dengan obat kumur atau air garam, serta melakukan kompres es pada pipi tempat gigi bungsu tumbuh. Selain efek nyeri, pertumbuhan gigi bungsu yang miring ini bisa memengaruhi susunan gigi lainnya yang tumbuh lebih dulu.

Jika gigi bungsu ini tumbuh miring lalu berbahaya bagi gigi lain atau bahkan gusi, maka harus dicabut. Beberapa kondisi yang membuat gigi bungsu harus dicabut, antara lain:

  • gigi bungsu tumbuh miring menabrak gigi geraham sebelahnya,
  • gigi bungsu yang bermasalah mengalami karies gigi parah,
  • mengalami infeksi atau penyakit gusi (periodontitis), dan
  • muncul kista atau tumor pada bagian sekitar gigi yang bermasalah.

Pencabutan gigi ini biasa disebut operasi gigi bungsu atau odontektomi yang harus ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah mulut. Sebelumnya melakukan operasi, dokter akan melakukan diagnosis terlebih dahulu dengan foto rontgen panoramic gigi. Hal ini untuk melihat kemiringan gigi dan kondisi lokasi sekitarnya.

Sakit gigi bungsu tidak hanya terjadi saat pertumbuhannya, bahkan bisa terjadi pada seseorang berumur sekitar 40 tahunan. Sementara itu, jika Anda mengalami sakit gigi bungsu saat hamil, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk langkah penanganan yang tepat. Umumnya, dokter akan menyarankan untuk minum obat pereda nyeri dengan jenis dan dosis untuk ibu hamil.

Tidak semua orang akan mengalami tumbuhnya gigi bungsu ini, tetapi bukan berarti Anda terhindar dari risikonya. Sebagai langkah pencegahan, Anda perlu selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut mulai dari menyikat gigi rutin, flossing, dan menggunakan obat kumur.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Wisdom teeth. Oral Health Foundation. Retrieved 20 January 2017, from https://www.dentalhealth.org/wisdom-teeth

Wisdom Teeth – Myths and Realities. Bucco Orthodontics. Retrieved 20 January 2017, from https://www.orthodontisteenligne.com/en/wisdom-teeth-myths-and-realities/

All About Wisdom Teeth. WebMD. (2016). Retrieved 20 January 2017, from https://www.webmd.com/oral-health/wisdom-teeth#1

Cooper, R. (2007). Why Do We Have Wisdom Teeth?. Scienceline. Retrieved 20 January 2017, from https://scienceline.org/2007/02/ask-cooper-wisdomteeth/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x