7 Manfaat Berhenti Merokok yang Bisa Langsung Dirasakan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/11/2019
Bagikan sekarang

Berhenti merokok dapat membuat perubahan yang besar pada kesehatan dan gaya hidup Anda. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, karena manfaat berhenti merokok dapat Anda rasakan kapan pun. Misalnya, jika Anda berhenti merokok di usia pertengahan, atau sebelum memiliki kanker dan penyakit serius lainnya, maka Anda akan terhindar dari risiko terbesar dari kematian akibat merokok. Untuk info selengkapnya, mari kita lihat berbagai manfaat berhenti merokok berikut ini.

7 Manfaat berhenti merokok

1. Membuat bernapas lebih mudah

Anda dapat bernapas lebih mudah dan lebih sedikit batuk jika Anda berhenti merokok, karena kapasitas paru-paru Anda akan meningkat hingga 10% dalam waktu sembilan bulan. Pada usia 20-an dan 30-an, efek merokok pada kapasitas paru-paru mungkin tidak terlihat kecuali Anda mencoba untuk berlari. Namun, kapasitas paru-paru pada manusia akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Dan pada usia lanjut, kapasitas paru Anda dapat menentukan apakah Anda akan memiliki tubuh yang sehat, atau mengalami sesak napas ketika berjalan-jalan dan menaiki tangga di masa tua.

2. Memberi energi lebih banyak

Manfaat berhenti merokok dalam waktu 2-12 minggu adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dapat membuat semua aktivitas fisik, termasuk berjalan dan berlari, jauh lebih mudah. Sistem kekebalan tubuh juga akan terdorong, sehingga Anda lebih mudah untuk melawan pilek dan flu. Peningkatan oksigen dalam tubuh juga dapat mengurangi kelelahan dan kemungkinan sakit kepala.

3. Mengurangi stres

Nikotin yang terdapat di rokok dapat meningkatkan stres. Karena stres akibat merokok sama seperti stres lainnya, maka banyak orang yang salah kaprah. Jadi, pernyataan bahwa merokok dapat mengurangi stres adalah salah besar. Bahkan, studi ilmiah menunjukkan tingkat stres pada masyarakat yang berhenti merokok jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang merokok. Jika Anda menyadari bahwa Anda rentan terhadap stres, maka gantilah rokok dengan cara yang sehat untuk menangani stres.

4. Meningkatkan kualitas hubungan seksual

Berhenti merokok akan meningkatkan aliran darah pada tubuh, sehingga dapat meningkatkan sensitivitas. Pria yang berhenti merokok bisa mendapatkan ereksi yang lebih baik, dan wanita dapat meningkatkan rangsangan sehingga orgasme lebih mudah. Banyak yang menyatakan bahwa orang yang tidak merokok lebih menarik di mata pasangan dibandingkan yang perokok.

Selain itu, orang yang tidak merokok juga lebih mudah untuk memiliki anak, karena dengan berhenti merokok, lapisan rahim akan meningkat dan sperma menguat. Selain itu, mereka yang tidak merokok memiliki kemungkinan keguguran lebih rendah.

5. Membuat kulit tampak lebih muda

Manfaat berhenti merokok telah dinyatakan dapat memperlambat penuaan wajah dan munculnya keriput. Kulit orang yang tidak merokok mendapatkan lebih banyak nutrisi, termasuk oksigen. Selain itu, berhenti merokok juga dapat mengembalikan kulit pucat dan kerutan yang sering dimiliki oleh perokok.

6. Membuat hidup lebih lama

Setengah dari seluruh perokok jangka panjang meninggal lebih awal akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok, termasuk penyakit jantung, kanker paru-paru, dan bronkitis kronis. Pria yang berhenti merokok pada usia 30 tahun dapat memperpanjang hidup mereka 10 tahun. Orang yang berhenti merokok pada usia 60 tahun dapat memperpanjang hidup sebanyak tiga tahun.

Dengan kata lain, tidak pernah ada kata terlambat untuk mendapatkan keuntungan dari berhenti merokok. Menjadi bebas dari asap rokok tidak hanya dapat memperpanjang hidup Anda, tetapi juga dapat meningkatkan peluang untuk masa tua yang bebas dari penyakit, dan bahagia.

7. Melindungi orang yang dicintai

Dengan berhenti merokok, Anda dapat melindungi kesehatan keluarga dan teman Anda yang bukan perokok. Menjadi perokok pasif (orang yang menghirup asap rokok orang lain) juga dapat terkena risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Anak-anak juga dapat terkena risiko penyakit dada, termasuk pneumonia, infeksi telinga, asma, dan sesak napas. Mereka juga tiga kali lebih besar untuk terkena risiko kanker paru di kemudian hari dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terkena asap rokok.

BACA JUGA:

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    4 Jenis Obat di Apotek untuk Membantu Anda Berhenti Merokok

    Berhenti merokok ternyata bisa terwujud dengan minum obat tertentu yang dibeli di apotik. Berikut obat yang biasa diresepkan untuk berhenti merokok.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini

    5 Cara Mudah dan Efektif untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok

    Asap rokok yang dihirup penuh dengan racun yang bisa merusak paru. Oleh karena itu, yuk cari tahu berbagai cara untuk membersihkan paru-paru perokok.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini

    11 Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Ampuh dan Bebas Risiko “Sakau”

    Selain kanker paru, ada banyak penyakit yang mengintai perokok aktif. Segera cari cara berhenti merokok yang paling pas agar tak menyesal di kemudian hari.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini

    Cegah Kemunculan Kanker Paru-Paru dengan 5 Cara Berikut Ini

    Sebenarnya, mencegah penyakit kanker paru-paru dapat dilakukan dengan menjauhi faktor risikonya. Apa saja yang bisa dilakukan? Temukan jawabannya di sini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nabila Azmi

    Direkomendasikan untuk Anda

    social smoker

    Menjadi Social Smoker Ternyata Sama Bahayanya dengan Perokok Aktif

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020
    bahaya merokok unruk penderita sakit jantung

    Begini Bahaya Merokok untuk Penderita Penyakit Jantung

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 24/03/2020
    merokok menyebabkan gangguan kecemasan

    Apakah Merokok Menyebabkan Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020
    rokok kretek

    Rokok Kretek: Kandungan dan Bahayanya untuk Kesehatan

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 25/01/2020