Kesehatan Urologi

Minum air putih yang banyak dan rutin bisa bantu jaga kesehatan ginjal dan area kandung kemih, lho! Ketahui cara menjaga organ-organ urologi serta ragam penyakit yang menyerangnya dalam artikel-artikel berikut.

Iklan

FAQ

Bagaimana cara mencegah infeksi saluran kemih (ISK)?

Icon Chevron

Infeksi saluran kemih (ISK) lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, tetapi risikonya meningkat pada pria yang berusia 50 tahun. ISK disebabkan oleh bakteri dan biasanya menimbulkan rasa panas saat Anda buang air kecil. ISK dapat diobati dengan antibiotik. Beberapa tips untuk mencegah ISK antara lain: menjaga kebersihan kemaluan, minum banyak cairan, serta tidak menahan terlalu lama jika ingin buang air kecil.

Pelajari Lebih Jauh:

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Apa yang dilakukan ahli urologi (urologis)?

Icon Chevron

Ahli urologi yaitu dokter yang memiliki spesialisasi terhadap organ ginjal, kandung kemih, kelenjar adrenal, saluran uretra, dan organ reproduksi pria. Beberapa perawatan mereka meliputi: masalah pada kandung kemih, kanker kandung kemih dan prostat, pembesaran kelenjar prostat (penyakit BPH), disfungsi ereksi (impotensi), batu ginjal, serta infeksi saluran kemih (ISK).

Apakah ahli urologi khusus menangani sistem reproduksi pria?

Icon Chevron

Ahli urologi mengkhususkan diri pada penyakit pada saluran kemih dan sistem reproduksi pria. Meski biasanya berkutat pada masalah kesehatan yang memengaruhi pria, termasuk kesehatan reproduksinya, ahli urologi dapat menangani pria dan wanita. Namun, ada beberapa ahli urologi dengan spesialisasi sistem perkemihan wanita, yang menangani masalah kandung kemih, ISK, dan inkontinensia urine.

Apa fungsi uretra?

Icon Chevron

Uretra adalah saluran yang memungkinkan urine dari kandung kemih keluar dari tubuh. Pada pria, uretra juga berfungsi untuk ejakulasi atau mengeluarkan air mani begitu mencapai orgasme. Saat Anda perlu buang air kecil, otot kandung kemih mengencang, lalu membawa urine keluar dari kandung kemih. Sementara itu terjadi, otak Anda memberi sinyal pada otot sfingter (katup) Anda untuk rileks, yang memungkinkan urine keluar dari tubuh. Ini merupakan proses buang air kecil yang normal.

Apa fungsi kelenjar prostat?

Icon Chevron

Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di antara pangkal penis dan rektum. Fungsi terpentingnya yakni memproduksi bagian-bagian cairan yang membentuk air mani, bersama dengan sperma dari testis. Otot-otot pada prostat juga bertugas menekan air mani ke dalam uretra dan mengeluarkannya dari tubuh selama orgasme.

Gejala kanker prostat: Apa saja tanda-tandanya?

Icon Chevron

Kanker prostat tidak memiliki tanda-tanda, yang memungkinkan seseorang dapat menderita kanker prostat selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Hanya saja, kondisi ini dapat menciptakan beberapa gejala seperti: rasa mendesak dan sering saat buang air kecil, terutama pada malam hari; kesulitan memulai atau menahan buang air kecil; aliran urine lemah, menggiring, atau terputus; nyeri dan rasa panas saat buang air kecil; kesulitan dalam ereksi; penurunan jumlah cairan ejakulasi (air mani); sakit saat ejakulasi; adanya darah dalam urine atau air mani; timbulnya tekanan atau rasa nyeri pada rektum.

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Urologi

Iklan
Iklan
Iklan

Pakar di Kategori Kesehatan Urologi

Lihat Semuasee-more-icon