6 Daftar Makanan yang Bisa Membuat Anda Sembelit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Sembelit atau konstipasi membuat Anda jadi susah buang air besar (BAB). Penyebabnya beragam, paling umum karena pilihan makanan yang buruk. Lantas, makanan apa saja yang jadi penyebab sembelit atau susah BAB? Yuk, lihat daftar makanannya berikut ini.

Makanan yang buruk bisa jadi penyebab sembelit

Susah BAB pasti membuat Anda jengkel. Pasalnya, Anda akan menghabiskan waktu lebih lama di toilet karena sulit mengeluarkan feses. Selain itu, gejala sembelit lainnya juga turut mengganggu aktivitas, seperti perut mulas dan terasa penuh.

Sembelit terjadi karena pergerakan usus yang lambat atau fungsi usus yang bermasalah. Limbah makanan yang menjadi feses akan dibuang melewati usus.

Sayangnya, karena usus bergerak lebih lambat, feses jadi tertahan di usus. Akibatnya, penyerapan cairan di feses jadi berlebihan menyebabkan feses kering dan lebih padat. Akibatnya, feses jadi susah untuk dikeluarkan dan menyebabkan sembelit.

Gaya hidup yang buruk adalah penyebab sembelit, yang paling umum adalah buruknya pilihan makanan dan kurangnya asupan serat.

Makanan mengandung berbagai nutrisi, salah satunya serat. Serat sangat penting untuk pencernaan karena bertugas untuk melunakkan feses dan menjaga pergerakan usus tetap normal sehingga feses jadi mudah dikeluarkan.

Bila pilihan makanan Anda rendah serat, proses pergerakan usus akan jadi melambat. Feses pun akan jadi lebih padat dan kering, akhirnya sembelit bisa terjadi.

Daftar makanan yang menjadi penyebab sembelit

Agar tidak terkena atau tidak ingin gejala sembelit lebih memburuk, Ada harus membatasi atau menghindari makanan penyebab sembelit, seperti:

1. Cokelat

makan cokelat tiap hari

Cokelat merupakan makanan yang bisa Anda temukan dalam beragam olahan, mulai dari cokelat batangan, permen, hingga cake. Paduan rasa manis dan pahit dari cokelat ini memang disukai banyak orang. Sayangnya, cokelat menjadi salah satu makanan penyebab sembelit pada beberapa orang.

Hingga kini periset belum menemukan zat pada cokelat yang memicu sembelit. Akan tetapi, sebagian besar periset meyakini bahwa campuran susu pada makanan inilah yang jadi penyebab susah BAB.

Selain itu, periset juga berpendapat bahwa kandungan kafein pada cokelat sebagai biang keladinya. Kafein memiliki efek diuretik yang membuat seseorang jadi lebih sering buang air kecil.

Hal ini bisa mengurangi kadar air dalam tubuh sehingga membuat feses jadi lebih padat dan kering. Terlebih cokelat juga cenderung mengandung tinggi gula yang bisa mempengaruhi gerakan usus.

Selain berpotensi sebagai penyebab susah BAB, cokelat menjadi pantangan makanan untuk orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS). Beberapa cokelat mengandung lemak yang bisa memperlambat kontraksi otot peristaltik yang mendorong feses melewati usus.

2. Produk susu

berhenti minum susu

Selain cokelat, produk susu sangat sering jadi makanan penyebab sembelit. Kemungkinan besar, orang yang mengalami sembelit karena produk susu memiliki intoleransi terhadap laktosa. Ya, susu sapi, kambing, atau domba mengandung laktosa—gula alami pada air susu hewan tersebut.

Orang dengan intoleransi laktosa, akan mengalami gejala sembelit setelah ia makan olahan dari susu. Dilansir dari situs Mayo Clinic, kondisi ini terjadi karena tubuh tidak memiliki enzim khusus yang bertugas untuk mencerna laktosa.

3. Daging merah

daging entok asam urat

Jangan aneh jika Anda mengalami sembelit setelah makan daging merah. Makanan ini dapat menjadi penyebab sembelit karena mengandung lemak yang tinggi.

Selain lemak yang sulit dicerna, alasan kenapa daging merah menjadi makanan penyebab susah BAB adalah kandungan zat besi yang tinggi dan serat protein yang keras. Semua efek ini dapat mengakibatkan feses keras dan sembelit.

4. Makanan yang mengandung gluten

sumber: Taste.com

Gluten adalah protein pada gandum, gandum hitam (rye), jelai (barley), dan serealia. Anda dapat dengan mudah menemukan gluten di banyak makanan, seperti roti, sereal, dan pasta.

Meski makanan ini terlihat aman-aman saja, beberapa orang bisa mengalami sembelit setelah mengonsumsinya. Makanan ini jadi penyebab sembelit utama pada orang dengan penyakit Celiac, intoleransi gluten, dan sindrom iritasi usus besar.

Munculnya sembelit ini merupakan gejala dari orang dengan penyakit tersebut setelah mereka mengonsumsi makanan bergluten.

5. Makanan cepat saji

makanan junk food bikin imun agresif

Jika Anda ingin hidup sehat, konsumsi makanan cepat saji harus dibatasi. Selain meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit kronis, makanan ini ternyata bisa jadi penyebab sembelit.

Ini terjadi karena makanan cepat saji cenderung tinggi lemak tapi rendah serat. Kombinasi keduanya ini dapat memperlambat gerakan usus sehingga feses jadi susah dikeluarkan. Selain itu, makanan ini juga tinggi garam yang bisa menurunkan kadar air dalam feses.

Bila kadar garam dalam tubuh cukup tinggi, tubuh akan menggunakan lebih banyak air pada usus untuk menormalkan tekanan darah. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan feses kering, lebih padat, dan susah dikeluarkan.

6. Makanan dari olahan biji-bijian

makan nasi buka puasa

Biji-bijian yang diolah seperti nasi putih, roti putih, dan pasta putih lebih rendah serat ketimbang biji-bijian utuh. Padahal awalnya biji-bijian mengandung serat yang tinggi. Namun, proses pengolahan menjadi bahan makanan tertentu dapat menghilangkan serat tertentu.

Rendahnya serat pada makanan ini, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sembelit. Bahkan, memperparah gejala sembelit yang sudah ada.

Makanan penyebab sembelit setiap orang itu berbeda

Makanan yang disebutkan di atas memang sering menyebabkan susah buang air besar. Akan tetapi, tidak semua orang yang makan makanan ini akan langsung sembelit.

Sembelit bisa terjadi jika makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan. Bisa juga dikombinasikan dengan penyebab lain, seperti jarang olahraga, kurang minum, atau punya kebiasaan menahan BAB.

Di samping itu, tidak semua orang merespons makanan tersebut dengan cara yang sama. Contohnya, Ina mudah sekali sembelit karena makan cokelat, tapi tidak dengan Roni. Jadi, ini bergantung dengan respons tubuh masing-masing.

Selain makanan di atas, ada juga makanan lain yang jadi penyebab sembelit. Ini sangat mungkin terjadi pada orang yang punya alergi terhadap jenis makanan tertentu.

National Health Service menyebutkan bahwa sembelit adalah reaksi alergi makanan non-IgE. Artinya, sistem imun tubuh yang merasa terancam dengan zat tertentu pada makanan tidak memproduksi antibodi, tapi memerintahkan sel T untuk melawan zat tersebut.

Contoh makanan yang menyebabkan sembelit pada orang yang alergi adalah makanan laut, telur, dan kacang-kacangan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Februari 6, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca