home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Panduan Lengkap Memilih Makanan Cepat Saji yang Sehat

Panduan Lengkap Memilih Makanan Cepat Saji yang Sehat

Makanan cepat saji jadi godaan di saat seseorang yang menjalani diet sehat. Ketika godaan tak bisa ditahan, ia jadi memilih makanan cepat saji ketimbang mengonsumsi makanan bernutrisi. Padahal, diet juga bisa dijalani dengan nyaman dengan beragam pilihan menu makanan sehat.

Hidup sehat tak selalu tersiksa. Anda masih bisa memilih cara sehat di antara pilihan makanan cepat saji. Jadi, Anda tak perlu cemas merasa tersiksa saat menjalani diet.

Cara memilih makanan cepat saji yang sehat

Makanan cepat saji identik dengan harga yang murah dan enak. Meskipun rasanya memanjakan lidah, makanan tersebut dapat memicu kenaikan berat badan. Gol diet Anda bisa saja mundur karena konsumsi makanan cepat saji.

Jika Anda biasa memesan burger dan kentang di restoran makanan cepat saji, Ada banyak kalori yang terkandung di dalamnya. Coba kulik kandungannya berikut ini.

Burger mengandung 240 kalori

  • 10 gram lemak
  • 3,5 gram lemak jenuh
  • 0,5 gram lemak trans
  • 380 gram sodium
  • 26 gram karbohidrat
  • 6 gram gula
  • 13 gram protein

Kentang goreng mengandung 220 kalori

  • 10 gram lemak
  • 1,5 gram lemak jenuh
  • 330 mg sodium
  • 31 gram karbohidrat
  • 3 gram protein

Mungkin Anda bisa menghitung kalori yang terkandung di dalam makanan cepat saji tersebut, apakah melebihi asupan kalori harian atau tidak.

Agar asupan kalori harian tidak berlebih, Anda bisa menyiasatinya saat memilih makanan cepat saji. Diet sehat tetap dapat dilakukan dengan memilih makanan cepat saji yang sehat. Berikut cara yang bisa ditempuh.

1. Order makanan melalui aplikasi

Ada beragam aplikasi makanan yang menawarkan menu yang sehat. Bahkan di aplikasi tersebut Anda bisa langsung memantau berapa kalori yang terkandung per menunya.

Perkembangan tren membuat perusahaan penyedia makanan sehat untuk menyajikan rasa yang bisa diterima semua orang. Dengan demikian Anda tak perlu cemas karena ragam inovasi membuat makanan sehat tetap enak saat disantap.

2. Rencanakan dan tahu apa yang akan dikonsumsi

cara makan buffet sehat

Tak sedikit orang yang bepergian dan kerap tergoda untuk menghampiri restoran cepat saji. Ada baiknya pikirkan terlebih dulu restoran yang hendak Anda kunjungi.

Saat tiba di restoran, Anda perlu menyadari makanan apa yang Anda santap dan berapa kalorinya. Rata-rata restoran tak mencantumkan kandungan kalori pada menunya.

Oleh karena itu, Anda bisa meminta daftar kandungan kalori menu makanan kepada petugas restoran. Jika tak yakin restoran tersebut memilikinya, pilihlah restoran yang kerap mencantumkan kalorinya.

3. Perhatikan porsi makanan

Memilih makanan cepat saji secara sehat adalah dengan memperhatikan porsi makanan. Di restoran makanan cepat saji biasanya menawarkan up-size makanan atau minuman. Abaikan tawaran ini dan tetapkan diri pada rencana yang sehat.

Saat Anda cheating day, pilihlah makanan dengan porsi terkecil. Tak ada salahnya Anda memesan makanan porsi kecil pada menu makanan anak-anak.

4. Pilih makanan yang dibakar

Pesanlah menu makanan dibakar agar Anda tetap bisa mengonsumsi makanan cepat saji secara sehat. Hindari makanan yang digoreng dan bertepung, seperti ayam krispi atau fish fillet.

Ingat, Anda perlu bijak dalam memilih menu makanan. Dari sekian banyak menu pilihlah dada ayam atau daging sapi tanpa lemak yang dibakar. Sebaiknya singkirkan kulit ayam agar Anda tak tanggung-tanggung mengonsumsi makanan cepat saji dengan sehat.

5. Bijak dalam memilih menu pendamping

makan sehat banyak aktivitas

Singkirkan pikiran untuk memesan makanan yang digoreng saat memilih makanan cepat saji. Meskipun enak, Anda perlu menghindari makanan berkalori tinggi seperti kentang goreng, mi goreng, onion ring, mac and cheese, dan lainnya.

Selalu ada opsi sehat dalam memilih menu makanan pendamping. Misalnya, buah-buahan segar, jagung rebus, atau sayuran. Jika ingin makan kentang, pilihlah menu kentang panggang.

6. Pilih menu yang bernutrisi

Makanan sehat yang bernutrisi juga bisa diperoleh dalam restoran cepat saji. Misalnya, pilih makanan yang mengandung banyak serat, whole grain, dan tinggi protein.

Ide yang bagus bila Anda membawa makanan tambahan yang kaya serat dan nutrisi dari rumah. Misalnya, buah-buahan segar, buah kering, kacang atau biji-bijian, wortel, maupun yogurt. Pemilihan menu makanan ini akan melengkapi asupan nutrisi harian Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthy Fast Food. https://www.helpguide.org/articles/healthy-eating/healthier-fast-food.htm. Diakses 16 Oktober 2019.

Making Healthy Choices at Fast Food Restaurants. https://familydoctor.org/making-healthy-choices-fast-food-restaurants/. Diakses 16 Oktober 2019.

What to Eat at Burger King: Healthy Menu Choices and Nutrition Facts. https://www.verywellfit.com/healthy-burger-king-menu-choices-3495688. Diakses 16 Oktober 2019.

Skerrett, P., & Willett, W. (2010). Essentials of Healthy Eating: A Guide. Journal Of Midwifery & Women’s Health55(6), 492-501. doi: 10.1016/j.jmwh.2010.06.019. Diakses 16 Oktober 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 31/10/2019
x