Kesehatan Pencernaan

Gangguan sistem cerna adalah kondisi yang paling umum terjadi. Supaya Anda tidak mengalaminya, ketahui bagaimana cara menjaga organ pencernaan, gejala awal gangguan cerna, hingga cara mengobatinya di sini.

FAQ

Apa itu sistem pencernaan?

Icon Chevron

Sistem pencernaan terdiri dari saluran GI (gastrointestinal tract) termasuk organ hati (liver), pankreas, dan kantong empedu. Saluran GI adalah serangkaian organ berongga yang teruhubung dalam tabung panjang memutar dari mulut hingga anus. Organ berongga yang membentuk saluran GI yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Liver, pankreas, dan kantong empedu termasuk organ padat dari sistem pencernaan.

Apa fungsi sistem pencernaan?

Icon Chevron

Sistem pencernaan berperan besar dalam kesehatan secara keseluruhan karena mengantarkan zat gizi ke tubuh Anda. Tanpa pencernaan yang sehat, Anda akan mengalami sejumlah gejala tidak nyaman seperti sakit perut, kembung, dan gangguan pencernaan. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami kekurangan zat gizi dari asupan makanan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan Anda. Itulah mengapa kesehatan pencernaan sangat penting.

Apa saja masalah pencernaan yang umum terjadi?

Icon Chevron

Masalah pencernaan yang umum terjadi antara lain: gastroesophageal reflux disease (GERD), sindrom iritasi usus besar (IBS), tukak lambung, penyakit divertikular, seperti divertikulitis, batu empedu, penyakit celiac, sembelit (konstipasi), dan diare.

Apa itu hyperacidity (hiperasiditas)?

Icon Chevron

Hyperacidity adalah tingginya kadar asam lambung yang menghasilkan gejala seperti sakit perut, refluks asam, dan mulas. Hyperacidity mungkin disebabkan oleh adanya H. pylori, bakteri pada perut penyebab gastritis atau tukak lambung.

Pelajari Lebih Jauh:

Tukak Lambung

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Pencernaan