home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Vitamin dan Zat Gizi Lain untuk Memanjangkan Rambut

7 Vitamin dan Zat Gizi Lain untuk Memanjangkan Rambut

Impian memiliki rambut panjang dan tebal terkadang terkendala rambut rontok atau rambut tipis. Bila Anda mengalaminya, tak perlulah khawatir. Ada beberapa vitamin yang bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut. Apa saja?

Vitamin dan mineral untuk memanjangkan rambut

kelebihan vitamin E

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanjangkan serta menebalkan rambut dan salah satunya yaitu menggunakan vitamin, baik yang dimakan maupun dioleskan langsung.

Meski begitu, memenuhi kebutuhan vitamin melalui makanan maupun suplemen dipercaya lebih efektif dibandingkan vitamin yang dioleskan pada rambut.

Hal ini mungkin dikarenakan vitamin yang dikonsumsi akan langsung dicerna dan diserap ke dalam aliran darah, serta diantarkan ke folikel (lubang kecil pada kulit tempat tumbuh rambut).

Di bawah ini beberapa jenis vitamin dan zat gizi lain yang bisa Anda konsumsi baik melalui makanan atau suplemen untuk memanjangkan rambut.

1. Vitamin A

Setiap sel tubuh, termasuk sel pada rambut, membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhan. Selain itu, vitamin A penting dalam membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum (minyak) yang melembapkan kulit kepala dan merawat rambut.

Sementara itu, kekurangan vitamin A ternyata bisa memicu kerontokan rambut. Itu sebabnya, vitamin A atau retinol diperlukan untuk Anda yang ingin memanjangkan rambut.

Anda bisa mendapatkan vitamin A melalui makanan dan suplemen, seperti:

Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi turunan retinol ini ternyata bisa menyebabkan rambut rontok. Kenali dahulu berapa banyak kebutuhan harian vitamin A guna mencegah overdosis vitamin.

2. Vitamin B

Selain vitamin A, beberapa jenis vitamin B kompleks ternyata termasuk jenis vitamin yang penting untuk pertumbuhan rambut. Di bawah ini jenis vitamin B kompleks yang bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut.

Vitamin B7 (biotin)

Tahukah Anda bahwa kekurangan Vitamin B7 (biotin) ternyata bisa membuat rambut rontok? Nyatanya, penelitian yang dimuat dalam International journal of trichology pada 541 wanita menemukan hubungan kekurangan biotin dan kerontokan rambut.

Sebanyak 38% peserta yang mengikuti studi ini mengalami kerontokan rambut. Mereka pun mendapatkan biotin tambahan yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

Meski begitu, belum ada cukup bukti yang mendukung penggunaan suplemen biotin untuk pertumbuhan rambut pada orang dengan kadar biotin yang normal.

Vitamin B12

Vitamin B12 (kobalamin) termasuk vitamin B yang diperlukan rambut. Kekurangan vitamin B12 dapat memicu kerontokan rambut yang kerap ditandai dengan kadar sel darah merah rendah, yang menjadi faktor penting untuk rambut yang sehat.

Bagaimana tidak, vitamin B12 membantu menghasilkan sel darah merah yang membawa oksigen ke kulit kepala. Dengan begitu, kulit kepala dapat tetap sehat dan bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Walaupun demikian, para ahli tidak menyarankan Anda yang tidak mengalami defisiensi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dengan suplemen vitamin B12.

Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks melalui berbagai makanan seperti daging, produk olahan susu, dan sumber protein hewani lainnya.

3. Vitamin C

Salah satu penyebab kerusakan rambut yang mungkin tidak Anda sadari yaitu paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas berlebih dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut rusak.

Untungnya, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan vitamin C untuk memanjangkan rambut. Vitamin C mengandung senyawa antioksidan yang kuat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Bahkan, vitamin C berkhasiat dalam menghasilkan produksi kolagen yang penting untuk proses pertumbuhan kulit dan rambut. Anda bisa memperoleh vitamin C dari lemon dan jeruk, maupun stroberi, paprika, serta jambu biji.

4. Vitamin D

Sadarkah Anda bahwa kekurangan vitamin D ternyata bisa memicu kebotakan? Vitamin D dipercaya dapat membantu membuat folikel baru. Folikel yaitu pori-pori kecil di kulit kepala yang menjadi tempat pertumbuhan rambut baru.

Meski dianggap penting, peran utama vitamin D terhadap rambut sebenarnya masih belum jelas.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup guna memanjangkan rambut. Selain paparan sinar matahari, Anda bisa memperoleh vitamin dari:

  • ikan berlemak, seperti ikan salmon,
  • minyak ikan cod, serta
  • jamur-jamuran yang diperkaya vitamin D.

5. Vitamin E

Pada dasarnya, peran vitamin E untuk rambut tidak jauh berbeda dengan vitamin C, yaitu mencegah stres oksidatif. Bahkan, vitamin E juga disebut dapat digunakan untuk memanjangkan rambut.

Ini dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Tropical life sciences research. Penelitian ini memperlihatkan orang dengan rambut rontok mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 35,4%.

Hasil dalam penelitian tersebut terlihat setelah mereka diberikan suplemen vitamin E selama 8 bulan. Tak hanya suplemen, sumber vitamin E dalam makanan lainnya meliputi:

6. Zinc

Berbagai vitamin di atas memang penting untuk pertumbuhan rambut, tetapi jangan lupakan berbagai mineral yang bermanfaat untuk memanjangkan rambut. Salah satu yang digadang-gadangkan dapat memenuhi impian rambut panjang yakni zinc.

Mineral zinc (seng) berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Mineral ini bekerja dengan membantu menjaga sebum di sekitar folikel agar berfungsi dengan baik.

Anda bisa memperoleh zinc lewat suplemen atau makanan seperti:

  • daging sapi,
  • bayam,
  • labu, dan
  • lentil.

7. Nutrisi lainnya

Selain vitamin dan mineral yang disebutkan, ada beberapa zat gizi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk memanjangkan rambut, yakni:

Pada dasarnya, memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting sebagai salah satu cara merawat rambut, termasuk ketika Anda ingin memanjangkan rambut.

Bila Anda bingung, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi guna mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Almohanna, H. M., Ahmed, A. A., Tsatalis, J. P., & Tosti, A. (2019). The Role of Vitamins and Minerals in Hair Loss: A Review. Dermatology and therapy, 9(1), 51–70. https://doi.org/10.1007/s13555-018-0278-6. Retrieved 3 May 2021. 

Trüeb R. M. (2016). Serum Biotin Levels in Women Complaining of Hair Loss. International journal of trichology, 8(2), 73–77. https://doi.org/10.4103/0974-7753.188040. Retrieved 3 May 2021. 

Beoy, L. A., Woei, W. J., & Hay, Y. K. (2010). Effects of tocotrienol supplementation on hair growth in human volunteers. Tropical life sciences research, 21(2), 91–99. Retrieved 3 May 2021. 

Everts H. B. (2012). Endogenous retinoids in the hair follicle and sebaceous gland. Biochimica et biophysica acta, 1821(1), 222–229. https://doi.org/10.1016/j.bbalip.2011.08.017. Retrieved 3 May 2021. 

Ashpari, Z. (2020). Can I use vitamins to promote hair growth?. Medical News Today. Retrieved 3 May 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/318403 

Cerman, Asli & Sarıkaya Solak, Sezgi & Kıvanc Altunay, Ilknur. (2014). Vitamin D Deficiency in Alopecia Areata. British Journal of Dermatology. doi: 170. 10.1111/bjd.12980. Retrieved 3 May 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 26/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x