home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ingin Punya Rambut Tebal? Ikuti Cara Mudah Ini!

Ingin Punya Rambut Tebal? Ikuti Cara Mudah Ini!

Rambut rontok termasuk masalah rambut yang umum. Rambut akan tampak tipis hingga mengalami kebotakan. Beberapa orang mencoba berbagai hal untuk menumbuhkan hingga membuat rambut mereka tampak tebal. Bagaimana cara menebalkan rambut?

Cara menebalkan rambut

cara menebalkan rambut

Salah satu faktor yang menentukan rambut Anda tebal atau tidak yakni tekstur folikel (lubang kecil tempat tumbuh helai rambut). Sayangnya, Anda tidak dapat mengubah tekstur folikel rambut.

Meski begitu, Anda bisa mencoba berbagai cara lainnya untuk membuat rambut tampak tebal. Di bawah ini beberapa cara melebatkan rambut guna mendapatkan rambut yang sehat serta kuat.

1. Memilih sampo yang tepat

Cara menebalkan rambut yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencegah rambut menipis, yakni memilih sampo yang tepat. Sampo merupakan produk perawatan untuk membersihkan kulit kepala dan kotoran, sebum, serta keringat.

Tidak hanya itu, beberapa sampo juga dapat membantu melembutkan rambut dan membuatnya tampak tebal. Hanya saja, Anda perlu memilih sampo sesuai dengan jenis rambut agar tidak mengalami kerontokan parah hingga rambut tampak tipis.

2. Memakai kondisioner

Selain sampo, kebiasaan mencuci rambut yang ternyata tidak boleh dilewatkan yaitu menggunakan kondisioner rambut. Pemakaian kondisioner secara rutin dapat memperbaiki tampilan rambut yang rusak dan menipis.

Hal ini dikarenakan kondisioner dapat membantu menambah volume dan kilau pada rambut. Bahkan, kondisioner juga bermanfaat dalam melindungi rambut dari paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak folikel rambut.

Itu sebabnya, penggunaan kondisioner tidak boleh dilewatkan bila Anda ingin membuat rambut tampak tebal.

3. Keramas dengan benar

Setelah berhasil memilih sampo dan kondisioner yang tepat, jangan lupa untuk mencuci rambut dengan benar. Cara menebalkan rambut yang satu ini bertujuan menghindari kerontokan rambut yang semakin parah.

Aturan mencuci rambut (keramas) yang paling umum yakni sebagai berikut.

  • Tidak keramas lebih dari satu kali dalam sehari.
  • Gunakan sampo dan kondisioner secukupnya.
  • Hindari menggunakan air yang sangat panas atau sangat dingin.

Usai mencuci rambut, Anda pun perlu mengeringkannya dengan benar. Usahakan untuk tidak menggosok rambut basah terlalu kencang dengan handuk.

Bila memungkinkan, pakai sisir bergigi lebar untuk melepaskan helaian yang kusut. Namun, Anda tidak dianjurkan menyisir rambut dalam keadaan basah, sehingga mungkin dapat menunggu hingga rambut setengah kering.

4. Menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan

Pada dasarnya, melebatkan rambut perlu didukung dengan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Di bawah ini daftarnya.

Cara-cara di atas tidak hanya membantu menambah volume rambut, melainkan juga menjaga agar rambut tetap sehat dan tidak tampak kusam.

5. Menjalani pola makan yang sehat

Tahukah bahwa sebenarnya apa yang Anda makan berpengaruh terhadap kesehatan rambut, termasuk pertumbuhannya? Nyatanya, pola makan yang sehat bergizi dan kaya akan vitamin baik untuk menumbuhkan rambut Anda.

Begini, salah satu pertanda bahwa tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan yaitu rambut yang menipis. Oleh sebab itu, tidak heran bila perawatan rambut yang Anda lakukan perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat.

Beberapa jenis makanan yang diperlukan oleh pertumbuhan rambut agar tampak lebih sehat dan bervolume antara lain:

  • salmon dan ikan lainnya yang kaya akan protein dan asam lemak,
  • telur karena mengandung protein, omega-3, dan zat besi yang dibutuhkan,
  • almond dan kacang-kacangan lainnya yang menjadi sumber asam lemak,
  • Greek yogurt sebagai sumber protein, dan
  • buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A, B, dan C, seperti buah jeruk.

Bila Anda menjalani diet vegan, pastikan tubuh mendapatkan asupan protein dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa meminta bantuan ahli gizi untuk membuat rencana pola makan yang seimbang guna menjaga kesehatan rambut.

Bisakah memakai bahan alami sebagai cara menebalkan rambut?

bahan alami untuk menebalkan rambut

Selain mengubah kebiasaan menjaga kesehatan rambut, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk melebatkan rambut. Berikut ini sejumlah bahan alami yang bisa Anda gunakan agar mendapatkan rambut yang tebal.

1. Telur

Telur adalah sumber protein yang dibutuhkan tubuh untuk menumbuhkan rambut yang kuat dan tebal. Bila dipakai dengan benar, masker rambut dari telur dapat membantu menebalkan dan menguatkan rambut Anda.

Cara menggunakan:
  • Kocok 1 atau 2 telur hingga rata
  • Oleskan telur pada kulit kepala dan rambut yang basah
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas rambut hingga bersih dengan air hangat dan sampo

Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa ke dalam campuran telur. Kedua minyak ini memang disebut baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membantu menghilangkan bau amis dari telur.

2. Minyak zaitun

Selain telur, Anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai cara menebalkan rambut secara alami. Pasalnya, minyak zaitun kaya akan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh rambut.

Jika dioleskan langsung pada kulit kepala dan rambut, minyak dengan warna bening ini dipercaya dapat membuat rambut lebih tebal.

Cara menggunakan:
  • Panaskan minyak hingga mencapai suhu tubuh
  • Pijat minyak yang hangat pada kulit kepala dan rambut
  • Biarkan selama 30 – 45 menit
  • Bilas rambut hingga bersih dengan sampo

3. Gel lidah buaya

Sudah bukan rahasia umum lagi bila gel bening dalam lidah buaya memiliki khasiat bagi pertumbuhan rambut. Bagaimana tidak, lidah buaya mengandung vitamin C, E, dan asam folat yang dibutuhkan rambut untuk tetap kuat dan tampak tebal.

Tidak mengherankan bila banyak orang yang menggunakan masker lidah buaya sebagai cara alami melebatkan rambut.

Cara menggunakan:
  • Siapkan 2 sdm yogurt, 2 sdm gel lidah buaya, dan 2 sdt madu
  • Campurkan ketiga bahan di atas hingga rata
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut
  • Diamkan selama 20 – 30 menit
  • Bilas rambut hingga bersih

4. Alpukat

Tidak hanya enak dimakan, buah alpukat juga bisa Anda manfaatkan sebagai masker untuk melebatkan rambut. Berkat kandungan vitamin E di dalamnya, beberapa orang percaya bahwa alpukat dapat membantu menjaga kelembapan rambut.

Cara menggunakan:
  • Campurkan satu buah alpukat dengan 1 sdm minyak zaitun
  • Oleskan masker pada rambut dan kulit kepala
  • Biarkan masker rambut alami ini menyerap selama 30 menit
  • Bilas rambut hingga bersih dengan sampo

5. Minyak jarak

Sama seperti buah alpukat, minyak jarak (castor oil) mengandung vitamin E dan asam lemak yang tinggi. Selain itu, minyak jarak juga jauh lebih mudah digunakan dibandingkan dengan minyak penumbuh rambut lainnya.

Anda hanya cukup mengoleskan minyak jarak pada kulit kepala dan rambut secukupnya. Lalu, diamkan minyak tersebut selama 30 menit sebelum dibilas dengan sampo dan air hangat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menebalkan rambut. Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengenali terlebih dahulu apa jenis rambut Anda.

Dengan begitu, Anda mungkin akan lebih mudah mencari produk perawatan untuk melebatkan rambut, baik yang mengandung senyawa kimia maupun bahan alami. Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fletcher, J. (2020). How to get thicker hair. Medical News Today. Retrieved 18 March 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/319862 

Tips for healthy hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 18 March 2021, from https://www.aad.org/tips-healthy-hair 

Is There Any Way to Make Your Hair Grow Faster? (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 18 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/is-there-any-way-to-make-your-hair-grow-faster/ 

How to stop damaging your hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 18 March 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/insider/stop-damage 

Bent, M. (n.d). Nutrition and Hair Health. The Trichological Society. Retrieved 18 March 2021, from https://www.hairscientists.org/hair-and-scalp-conditions/nutrition-and-hair-health 

Watson, K. (2020). Aloe Vera for Your Hair: What Are the Benefits? Healthline. Retrieved 18 March 2021,from https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x