home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Kulit dan Rambut Plus Sumber Makanannya

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Kulit dan Rambut Plus Sumber Makanannya

Kolagen semakin sering dijumpai dalam berbagai produk skincare. Anda bisa menemukannya dalam pelembap, masker, hingga sampo dan kondisioner. Meski begitu, tahukah Anda seputar manfaat kolagen untuk kulit dan kesehatan secara umum?

Apa itu kolagen?

skincare bulan puasa

Kolagen (collagen) adalah jenis protein berserat dan tak larut yang jumlahnya paling berlimpah dalam tubuh manusia. Protein ini merupakan fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan jaringan ikat yang memberikannya struktur dan kekuatan.

Kolagen juga ditemukan pada bagian tubuh lainnya, seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi. Ibaratnya, kolagen adalah lem yang merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan.

Selain merekatkan, kolagen juga memiliki manfaat dalam memulihkan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, serta melenturkan jaringan tendon dan kulit. Jadi, kulit yang lentur dan kencang adalah kulit yang memiliki cukup kolagen.

Bagaimana kolagen terbentuk dalam tubuh?

eksfoliasi kulit

Dalam lapisan kulit, ada sejumlah sel khusus yang menghasilkan molekul mini yang disebut pro kolagen. Molekul ini dibentuk dari vitamin C dan protein yang telah diserap oleh tubuh.

Selama proses produksi, masing-masing pro kolagen saling menempel satu sama lain dan membentuk fibril. Fibril adalah serat tipis yang tersusun dari mineral dan vitamin dengan bentuk menyerupai serabut benang.

Fibril kemudian bertumbuh kembang dan berubah menjadi serat yang menempel pada sel kulit, berfungsi layaknya jangkar. Setelah serat-serat ini terbentuk dan menempel dengan benar, fibril akhirnya mampu menjaga struktur kulit dan membuatnya menjadi lentur.

Tubuh dapat memproduksi kolagen sendiri dengan teratur. Namun, kemampuan ini akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Paparan terhadap sinar matahari, zat dari polusi, serta kebiasaan merokok juga dapat menghambat produksi kolagen.

Orang-orang yang tubuhnya kekurangan kolagen bisa dikenali dari tampilan kulit yang mulai kendur, serta timbul garis-garis halus dan keriput. Penipisan jumlah kolagen alami tubuh pun telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan.

Manfaat kolagen bagi tubuh begitu beragam sehingga penurunan produksinya tentu berdampak besar. Maka dari itu, guna meningkatkan produksi kolagen, penting bagi Anda untuk memiliki gaya hidup sehat.

Seperti semua protein, kolagen terbuat dari asam amino, yang beberapa di antaranya harus diperoleh dari makanan. Aliran darah yang lancar juga berperan dalam produksi kolagen sehingga Anda perlu rutin berolahraga untuk meningkatkan produksinya.

Apa saja manfaat kolagen bagi tubuh?

manfaat kolagen

Fungsi kolagen tidak hanya terbatas untuk kulit, tapi juga berbagai bagian tubuh yang lain. Tidak banyak penelitian yang tersedia tentang suplemen kolagen, tetapi beberapa menunjukkan bahwa manfaat kolagen mungkin termasuk di bawah ini.

1. Mengurangi keriput dan garis halus

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang sehingga menimbulkan garis halus dan keriput pada bagian kulit paling banyak bergerak. Bagian kulit yang paling terdampak di antaranya persendian, dahi, bibir, dan sekitar mata.

Penggunaan krim anti-aging dan tabir surya dengan kandungan kolagen bisa membantu mengatasi tanda penuaan dini. Perawatan ini, ditambah konsumsi suplemen kolagen, juga dinilai dapat membantu penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit

Selain itu, kolagen juga bisa diperoleh dari suntikan oleh dokter spesialis kulit. Suntik kolagen akan menjadi filler untuk memperbaiki kulit wajah yang kendur, mengurangi keriput akibat penuaan, dan menghapus bekas luka dangkal seperti bekas jerawat.

2. Mengurangi selulit

Selulit muncul ketika jaringan lemak mendesak ke atas menembus serat hingga ke lapisan teratas kulit. Dampaknya, kulit pun terlihat bergelombang dengan tekstur yang tidak rata.

Manfaat lain suplemen kolagen adalah mengurangi selulit langsung dari dalam tubuh. Protein ini bekerja dengan merangsang percepatan proses perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit pada jaringan kulit yang rusak.

3. Melancarkan sirkulasi darah menuju kulit

Suplemen kolagen dapat memperkuat struktur pembuluh darah serta meningkatkan kelenturannya. Dengan pembuluh darah yang kuat, darah dari jantung dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan lebih baik, termasuk kulit.

Semakin lancar peredaran darah Anda, semakin banyak oksigen dan zat gizi yang dikirimkan menuju sel-sel kulit. Hal ini akan membuat penampilan kulit Anda tampak lebih sehat, muda, dan bercahaya.

4. Menyembuhkan luka dan cedera

Kolagen diperlukan untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan ikat untuk mendukung perkembangan otot, kulit, dan persendian yang kuat. Protein ini juga penting untuk memperkuat struktur tulang, urat, tulang rawan, dan ligamen.

Kolagen ternyata juga memiliki manfaat pada jaringan otot Anda. Suplemen kolagen membantu mempercepat pemulihan jaringan otot dan kulit sehingga membantu Anda lekas pulih dari cedera akibat olahraga.

5. Menjaga kekuatan rambut

Beberapa jenis asam amino yang menyusun kolagen juga membentuk keratin. Keratin adalah protein utama yang membentuk rambut Anda. Dengan meningkatkan produksi kolagen, Anda pun mendapatkan asam amino yang akan membantu mengatasi rambut rontok.

6. Melindungi folikel rambut dari kerusakan

Folikel merupakan kantong-kantong kecil pada kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Folikel dapat mengalami kerusakan akibat radikal bebas dari polusi, stres, serta kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Untungnya, kolagen ternyata memiliki manfaat sebagai antioksidan yang kuat. Selain merawat rambut agar kuat, protein ini juga melindungi folikel rambut dari kerusakan dengan melawan dampak radikal bebas.

7. Memperlambat pembentukan uban

Berkat fungsinya sebagai antioksidan, kolagen dinilai berpotensi untuk memperlambat proses pembentukan uban. Ini karena walaupun pembentukan uban dipengaruhi oleh faktor genetik, radikal bebas juga dapat mempercepat prosesnya.

Makanan yang meningkatkan produksi kolagen

cara memenuhi kebutuhan protein harian

Produk perawatan mengandung kolagen memang bisa menyediakan kolagen langsung pada jaringan kulit. Meski begitu, meningkatkan produksi dari dalam tubuh pun sama pentingnya.

Anda tak perlu langsung memilih suplemen kolagen, sebab salah satu cara paling aman dan mudah untuk mendapatkan manfaat kolagen adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung protein ini. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang terbuat dari rebusan tulang dan jaringan ikat sehingga kaya akan kolagen serta penyusunnya seperti kalsium, fosfor, kondroitin, dan asam amino. Agar kaldu tulang Anda berkualitas tinggi, sebaiknya Anda membuatnya dari bahan-bahan yang Anda beli sendiri.

2. Tulang rawan ayam

Tulang rawan ayam merupakan salah satu sumber kolagen terbaik, terutama untuk penderita radang sendi. Bahkan, Anda mungkin tidak perlu mengonsumsi tambahan suplemen kolagen karena sebagian besar produknya ternyata dibuat dari bahan ini.

3. Putih telur

Putih telur memang tidak mengandung jaringan ikat seperti sumber kolagen lainnya. Namun, putih telur sangat tinggi akan proline, yaitu asam amino yang menjadi bahan utama pembentuk kolagen.

4. Jeruk

Jeruk dan buah sitrus lainnya seperti lemon, jeruk nipis, dan limau gedang merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Vitamin C dibutuhkan untuk membuat pro kolagen, jadi pastikan Anda menambahkan buah-buahan ini dalam menu harian Anda.

5. Sayuran hijau

Anda bisa mendapatkan manfaat kolagen dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli. Sayuran hijau kaya akan klorofil dan zat ini diyakini mampu meningkatkan produksi bahan baku kolagen pada jaringan kulit.

6. Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang kaya akan asam amino. Mengonsumsi kacang-kacangan akan menyediakan bahan-bahan baku yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk kolagen pada jaringan kulit, rambut, dan tubuh secara keseluruhan.

7. Bawang putih

Jika tidak diimbangi dengan produksi kolagen yang cukup, penguraian kolagen secara berkala mempercepat penuaan kulit. Mineral sulfur pada bawang putih bisa membantu mencegah hal ini dengan memperlambat penguraian kolagen.

Kolagen adalah protein penting yang membentuk berbagai jaringan tubuh Anda. Gaya hidup sehat, pola makan yang tepat, dan penggunaan produk perawatan mengandung kolagen dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kesehatan kulit senantiasa terjaga.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Is Collagen? (2018). Retrieved 14 December 2020, from https://kidshealth.org/en/parents/collagen.html

Collagen for Your Skin: Healthy or Hype? (2020). Retrieved 14 December 2020, from https://www.cedars-sinai.org/blog/collagen-supplements.html

The Best Way You Can Get More Collagen. (2018). Retrieved 14 December 2020, from https://health.clevelandclinic.org/the-best-way-you-can-get-more-collagen/

Abedin, M. Z., Karim, A. A., Latiff, A. A., Gan, C. Y., Ghazali, F. C., Barzideh, Z., et al. (2014). Biochemical and radical-scavenging properties of sea cucumber (Stichopus vastus) collagen hydrolysates. Natural product research, 28(16), 1302–1305.

Seiberg M. (2013). Age-induced hair greying – the multiple effects of oxidative stress. International journal of cosmetic science, 35(6), 532–538.

Schwartz, S. R., & Park, J. (2012). Ingestion of BioCell Collagen(®), a novel hydrolyzed chicken sternal cartilage extract; enhanced blood microcirculation and reduced facial aging signs. Clinical interventions in aging, 7, 267–273.

Proksch, E., Segger, D., Degwert, J., Schunck, M., Zague, V., & Oesser, S. (2014). Oral supplementation of specific collagen peptides has beneficial effects on human skin physiology: a double-blind, placebo-controlled study. Skin pharmacology and physiology, 27(1), 47–55.

Borumand, M., & Sibilla, S. (2014). Daily consumption of the collagen supplement Pure Gold Collagen® reduces visible signs of aging. Clinical interventions in aging, 9, 1747–1758.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 02/12/2020
x