backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Apa Saja Manfaat Kuning Telur untuk Rambut?

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Widya Citra Andini · Tanggal diperbarui 20/05/2021

    Apa Saja Manfaat Kuning Telur untuk Rambut?

    Kuning telur tak hanya enak disantap sebagai makanan, tapi juga bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut. Penasaran apa saja manfaat kuning telur untuk rambut atau seperti apa cara penggunaannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

    Nutrisi yang terkandung dalam kuning telur

    Sebelum mencari tahu apa saja manfaat kuning telur bagi rambut, Anda perlu memahami dulu apa saja yang terkandung dalam kuning telur. Kuning telur kaya akan gizi makro dan mikro seperti:

    Tak hanya itu, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K juga terkandung dalam kuning telur.

    Kuning telur yang berasal dari bebek, burung puyuh, dan ayam kampung mengandung lebih banyak nutrisi penting dibandingkan dengan telur ayam negeri.

    Manfaat kuning telur untuk kesehatan rambut

    makanan pengganti telur

    1. Membantu merawat rambut rusak

    Kandungan vitamin A, vitamin E, biotin, folat, dan zat besi bisa menjadi ramuan ampuh untuk rambut yang rusak. Pasalnya para peneliti menyatakan bahan-bahan tersebut penting untuk pertumbuhan rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat.

    2. Menguatkan akar rambut

    Mengoleskan kuning telur ke kulit kepala berarti mengoleskan berbagai vitamin dan mineral ke akar rambut. Dengan begitu, rambut baru yang akan tumbuh jadi lebih kuat dan tidak mudah rusak. Rambut pun akan tampak lebat alami.

    3. Melembutkan rambut

    Telur mengandung lesitin bisa membantu melembapkan sekaligus menguatkan rambut. Lesitin berfungsi sebagai emolien yang membuat rambut terasa halus karena kelembapannya terjaga. Karena itu, rambut lebih lembut, mudah diatur, dan lebih berkilau.

    4. Mengurangi ketombe pada rambut

    Untuk yang memiliki rambut berketombe, menggunakan kuning telur sebagai masker rambut patut dicoba. Kandungan sulfur yang tinggi pada kuning telur membantu meredakan gejala ketombe seperti gatal, dan bisa mengurangi ketombe itu sendiri.

    Cara menggunakan kuning telur untuk menjaga kesehatan rambut

    1. Masker rambut

    Membuat masker alami berbahan dasar kuning telur bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan manfaat kuning telur yang maksimal.

    Ada berbagai cara untuk mengolah kuning telur sebagai masker. Bisa Anda oleskan langsung tanpa tambahan apa pun, bisa juga menggunakan bahan lain seperti minyak zaitun.

    Cara pembuatan:

    • Pisahkan kuning telur dari putihnya, kemudian tambahkan 1 – 2 sendok makan minyak zaitun.
    • Kemudian aduk hingga tercampur rata.
    • Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut secara merata.
    • Kemudian pijat kulit kepala dengan lembut agar kandungan masker meresap lebih baik ke dalam lapisan rambut dan kulit kepala. Namun, jangan digosok terlalu keras.
    • Diamkan selama kurang lebih 1 jam sambil menutup rambut dengan penutup kepala atau handuk hangat.
    • Bilas hingga bersih dan tidak ada sisa telur yang menempel.

    2. Makan kuning telur

    Selain mengoleskannya langsung, Anda juga bisa makan telur secara rutin untuk mendapatkan manfaat kuning telur.

    Mengonsumsi telur untuk sarapan bisa memberi Anda tambahan protein, vitamin B, dan folat yang tak hanya baik untuk kesehatan rambut tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

    Namun, hati-hati jika alergi telur. Itu berarti Anda tidak dianjurkan melakukan perawatan ini. Perlu diingat juga, makan kuning telur kebanyakan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Widya Citra Andini · Tanggal diperbarui 20/05/2021

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan