home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ragam Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami yang Manjur

Ragam Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami yang Manjur

Rambut sehat memang menjadi dambaan setiap orang. Sayangnya, proses memanjangkan rambut tidak secepat menumbuhkan kuku. Kabar baiknya, ada segudang cara alami memanjangkan rambut yang dapat dicoba tanpa perlu pergi ke salon. Penasaran?

Proses pertumbuhan rambut

Sebelum mencoba berbagai cara alami untuk memanjangkan rambut, ada baiknya untuk mengenali bagaimana siklus pertumbuhannya terlebih dahulu. Siklus pertumbuhan rambut terdiri dari tiga bagian, yaitu anagen, katagen, dan telogen.

Anagen adalah fase ketika pertumbuhan rambut terjadi secara aktif dan dapat memakan waktu selama bertahun-tahun. Namun, berapa lama fase anagen ini berlangsung sebenarnya tergantung pada faktor genetik.

Setelah itu, rambut akan berhenti tumbuh dan terpisah dari folikelnya, yaitu struktur di bawah kulit yang menahan rambut. Fase yang disebut katagen ini dapat terjadi selama sekitar 10 hari.

Jika fase katagen telah usai, folikel rambut akan beristirahat selama dua hingga tiga bulan, lalu rambut pun rontok (telogen). Fase anagen berikutnya akan dimulai saat rambut baru tumbuh di folikel yang sama.

Normalnya, Anda akan kehilangan 50 – 100 rambut per hari ketika mengalami siklus ini. Jika siklus menumbuhkan rambut terganggu atau folikel rusak, rambut akan mengalami kerontokan lebih cepat. Akibatnya, rambut pun menjadi lebih tipis.

Setiap orang sebenarnya dapat memanjangkan rambut sekitar 15 cm per tahun. Akan tetapi, akan ada perbedaan kecepatan pertumbuhan rambut pada setiap orang.

Sebagai contoh, pertumbuhan rambut pria dan wanita akan berbeda. Wanita tampak lebih mudah memanjangkan rambut dan tidak memerlukan waktu yang lama. Tidak seperti pria yang harus menunggu lebih lama agar rambutnya lebih panjang.

Faktor yang membuat rambut cepat panjang

Nah, setelah mengetahui bagaimana siklus pertumbuhan rambut, ada baiknya untuk mengenali apa saja faktor dapat menumbuhkan rambut dengan cepat. Apa saja?

  • Hormon, yaitu hormon gonadotropin, androgen, dan tiroid.
  • Makanan karena dapat memengaruhi fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan rambut.
  • Cara merawat rambut.
  • Faktor genetik.

Cara memanjangkan rambut secara alami

keramas setelah melahirkan

Beberapa faktor di atas memang ada yang dapat dikendalikan dan ada pula yang tidak. Bagi Anda yang ingin cepat memanjangkan rambut, terutama dengan cara alami tanpa harus pergi ke salon, ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Penuhi asupan nutrisi tubuh

Salah satu cara alami memanjangkan rambut yang paling mudah adalah memenuhi asupan nutrisi tubuh. Asupan yang Anda makan dan minum ternyata berpengaruh besar dalam proses pertumbuhan rambut.

Itu sebabnya, pola makan sehat dan bergizi penting juga untuk kesehatan rambut. Usahakan untuk menghindari diet yang dapat mengurangi asupan gizi yang dibutuhkan.

Bila Anda mengikuti diet vegetarian, pastikan untuk mendapatkan semua jenis protein dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, Anda juga dapat menambah asupan vitamin dan mineral di bawah ini untuk menumbuhkan rambut lebih cepat.

  • Zat besi untuk mencegah kerontokan parah.
  • Omega-3 untuk kulit kepala dan rambut yang lebih sehat.
  • Pyrithione zinc untuk menghilangkan ketombe dan membantu menyuburkan rambut.

Jika Anda bingung, sebaiknya diskusikan masalah ini dengan ahli gizi serta dokter spesialis kulit untuk mengatur pola makan yang tepat agar rambut tumbuh cepat.

2. Tidak keramas setiap hari

Beberapa orang mungkin percaya bahwa keramas setiap hari merupakan salah satu cara alami memanjangkan rambut. Akan tetapi, faktanya tidak demikian.

Sampai saat ini belum terbukti jika sering keramas dapat menumbuhkan rambut lebih cepat. Kabar buruknya, sering keramas justru menyebabkan kulit kepala rapuh, sehingga rambut tidak tumbuh dengan sempurna.

Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga memengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. Pasalnya, rambut yang rapuh dapat berdampak pada kesehatan rambut secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, sebaiknya cuci rambut setidaknya 2 – 3 hari sekali. Selain itu, bilas rambut dengan air dingin untuk melembutkan kutikula rambut dan mencegah rambut kering.

3. Rutin potong ujung rambut

Berbanding terbalik dengan keramas, Anda justru disarankan untuk rutin memotong ujung rambut sebagai cara alami melebatkan rambut. Mengapa demikian?

Meski tidak berdampak secara langsung, cara ini dilakukan agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerusakan, seperti rambut bercabang dan mudah patah. Anda cukup memotong bagian ujung rambut secara rutin.

4. Gunakan minyak esensial rambut

Tahukah Anda bahwa minyak esensial untuk rambut yang ada di sekitar rumah dapat menjadi salah satu cara alami memanjangkan rambut?

Tidak hanya memiliki wangi yang harum, minyak esensial seperti minyak biji labu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pria. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan di Hindawi.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa memberikan dosis 400 miligram minyak biji labu dalam bentuk kapsul membantu menumbuhkan rambut pria. Setelah 24 minggu, para peserta yang mengonsumsi minyak biji labu mengalami peningkatan jumlah rambut sebesar 40 persen.

Selain minyak biji labu, Anda mungkin juga dapat mencoba jenis minyak lainnya, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun untuk merawat rambut.

5. Sering memijat kulit kepala

Teknik keramas yang tidak boleh dilewatkan dan bisa menjadi cara alami memanjangkan rambut yakni memijat kulit kepala. Pasalnya, memijat kulit kepala dapat memperlancar sirkulasi darah di bawah kulit yang juga mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Meski belum ada penelitian khusus tentang hal ini, tidak ada salanya untuk memijat kulit kepala saat keramas. Selain dapat menumbuhkan rambut, cara ini juga dapat membuat Anda lebih rileks dan kulit kepala pun lebih bersih.

6. Batasi penggunaan alat yang merusak rambut

Jika Anda setiap hari memakai hair dryer atau catokan rambut, sebaiknya batasi kebiasaan tersebut mulai sekarang. Pasalnya, kedua alat tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan membuatnya mudah rapuh dan rontok.

Selain itu, produk rambut berbahan kimia, seperti pewarna rambut, juga dapat merusak rambut. Bahan kimia yang ada di pewarna rambut dipercaya dapat membuat rambut lebih lemah dan mudah patah, sehingga akan lebih sulit untuk panjang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cho, Y. H., Lee, S. Y., Jeong, D. W., Choi, E. J., Kim, Y. J., Lee, J. G., Yi, Y. H., & Cha, H. S. (2014). Effect of pumpkin seed oil on hair growth in men with androgenetic alopecia: a randomized, double-blind, placebo-controlled trial. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2014, 549721. https://doi.org/10.1155/2014/549721. Retrieved 21 October 2020. 

The best vitamins, supplements, and products for healthier hair. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 21 October 2020, from https://health.clevelandclinic.org/the-best-vitamins-supplements-and-products-for-healthier-hair/ 

Tips for healthy hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 21 October 2020, from https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/hair/healthy-hair-tips 

Hair loss and the hair growth cycle. (n.d). The International Society of Hair Restoration Surgery. Retrieved 21 October 2020, from https://ishrs.org/2012/08/27/hair-loss-and-the-hair-growth-cycle/ 

What kids should know about how hair grows. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 21 October 2020, from https://www.aad.org/public/parents-kids/healthy-habits/parents/kids/hair-grows 

Is there any way to make your hair grow faster?. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 21 October 2020, from https://health.clevelandclinic.org/is-there-any-way-to-make-your-hair-grow-faster/ 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 23/11/2020
x