home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Begini Ciri-Ciri Rambut Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Begini Ciri-Ciri Rambut Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Rambut sehat adalah impian bagi semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda pun harus dapat merawat rambut dengan baik. Setelah dirawat, tentu Anda ingin tahu apakah usaha selama ini terbayar atau tidak. Yuk, kenali apa saja ciri-ciri rambut yang sehat di sini.

Ciri-ciri rambut yang sehat

Kini sudah banyak produk perawatan yang tersedia untuk menjaga rambut tetap sehat. Sederhananya, rambut yang sehat dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Itu sebabnya, mengetahui apa saja ciri-ciri rambut yang sehat pun penting dan diperlukan.

1. Rambut tampak lembut dan berkilau

Salah satu ciri-ciri rambut sehat yang paling terlihat adalah rambut yang tampak berkilau dan terasa lembut. Dengan rutin menggunting ujung-ujung rambut, Anda juga terbebas dari rambut bercabang. Lantas, bagaimana rambut bisa terlihat berkilau?

Rambut yang berkilau adalah hasil dari kutikula, yaitu lapisan luar rambut, yang halus dan merata. Lapisan luar rambut ini berfungsi sebagai pelindung kulit kepala.

Anda juga bisa mendapatkan rambut yang indah ini dengan rutin menggunakan kondisioner sesuai aturan.

2. Memiliki tingkat elastisitas yang pas

manfaat kolagen untuk rambut

Selain tampak berkilau, ciri-ciri rambut sehat lainnya adalah rambut Anda memiliki tingkat elastisitas yang pas. Bagaimana cara mengetahuinya?

Umumnya, rambut dengan elastisitas yang kuat dapat kembali ke bentuk semula setelah meregang. Jika elastisitasnya berkurang, rambut akan lebih mudah patah dan menyebabkan rambut rontok.

Anda bisa menguji kelenturan rambut dengan membasahi rambut terlebih dahulu. Kemudian, ambil satu helai dan tarik atau regangkan rambut Anda. Jika rambut sempat meregang, artinya salah satu tanda rambut yang sehat telah Anda miliki.

3. Tidak mengalami kerontokan parah

Helaian rambut yang Anda temukan di lantai sebenarnya adalah hal yang normal. Namun, ketika jumlahnya sudah melebihi batas wajar, artinya Anda memiliki ciri-ciri rambut yang rusak, alias tidak sehat.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, jumlah normal helai rambut yang rontok adalah 50 – 100 helai per hari. Pasalnya, siklus pertumbuhan rambut biasanya bertahan 2 – 8 tahun dan akan rontok setelahnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan helaian rambut baru.

Bila kehilangan dari jumlah yang telah disebutkan, kemungkinan besar ada masalah pada kulit kepala atau tubuh yang tidak Anda sadari.

4. Mudah disisir

memilih jenis sisir rambut

Ciri-ciri rambut sehat lainnya yang perlu Anda ketahui adalah mudah disisir. Rambut yang mudah disisir biasanya dikarenakan permukaan rambut yang halus akibat kutikula yang tertutup. Alhasil, rambut lebih mudah untuk disisir.

Jika kutikula rambut tidak sehat, rambut akan lebih mudah tersangkut satu sama lain dan membuatnya tampak kusut. Akibatnya, Anda mungkin kesulitan saat menyisir rambut.

Itu sebabnya, rambut yang terasa lebih luwes disisir merupakan pertanda rambut yang bagus dan sehat.

5. Tidak keriting (frizzy) saat lembap

Pernahkah Anda merasa sedang bad hair day saat berada di tempat yang lembap? Anda tidak sendiri. Rambut yang mengembang dan keriting (frizzy) di tempat yang lembap adalah salah satu tanda rambut rusak yang tidak sehat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Bila kutikula rambut Anda rusak, titik-titik air yang berasal dari tempat yang lembap pun menerobos batang rambut. Akibatnya, rambut pun menyerap kelembapan udara sekitar.

Tips merawat kesehatan rambut

Setelah mengenali apa saja ciri rambut yang sehat, langkah selanjutnya yang cukup penting adalah membuat hal tersebut tercapai. Merawat rambut agar tetap sehat sebenarnya cukup sederhana.

Meski begitu, Anda perlu melakukannya secara rutin agar hasilnya maksimal. Yuk, simak apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rambut indah, kuat, dan berkilau.

  • Sering keramas satu kali dalam sehari bagi pemilik rambut berminyak.
  • Keramas 2 – 3 hari sekali bagi pemilik rambut kering.
  • Pijat kulit kepala saat keramas agar rambut lebih bersih.
  • Gunakan kondisioner setelah memakai sampo untuk memperbaiki rambut yang rusak.
  • Pakai pelindung rambut ketika berenang.

Tanda rambut yang sehat dapat dilihat lewat berbagai hal. Jika Anda merasa rambut sudah sangat kusam, rontok, dan sulit diatur, bisa saja pertanda bahwa rambut Anda sudah rusak.

Bila Anda merasa khawatir, silakan konsultasikan dengan ahli dermatologi atau dokter spesialis kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sinclair R. D. (2007). Healthy hair: what is it?. The journal of investigative dermatology. Symposium proceedings, 12(2), 2–5. https://doi.org/10.1038/sj.jidsymp.5650046. Retrieved 20 October 2020. 

Tips for Healthy Hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 20 October 2020, from https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/hair/healthy-hair-tips 

Your Hair. (n.d). Kids Health. Retrieved 20 October 2020, from https://kidshealth.org/en/kids/hair.html 

Gavazzoni Dias M. F. (2015). Hair cosmetics: an overview. International journal of trichology, 7(1), 2–15. https://doi.org/10.4103/0974-7753.153450. Retrieved 20 October 2020. 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 23/11/2020
x