4 Manfaat Vitamin E untuk Rambut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anda pasti sudah pernah mendengar bahwa vitamin E sangat berguna untuk kesehatan kulit kita. Tak jarang, orang-orang mengonsumsi vitamin E berjenis suplemen setiap hari, agar kulitnya tetap cerah, terjaga elastisistasnya, dan berbagai macam alasan lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa vitamin E juga berguna untuk rambut?

Mengenal vitamin E

Vitamin E sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh dan sistem pencernaan, ia akan membantu mengubah makanan menjadi energi agar seluruh tubuh dapat berfungsi dengan baik. Ketika Anda memiliki masalah dengan asupan vitamin E, maka tubuh pun berisiko terhadap gejala lemahnya otot, ataksia, nystagmus.

Vitamin E terbagi menjadi dua kelompok: vitamin E alami dan vitamin E sintetis. Vitamin E alami didapatkan dari beberapa makanan seperti kacang, jagung, minyak bunga matahari, kelapa. Sedangkan vitamin E sintesis diperoleh dengan menggunakan teknologi medis. Namun, biasanya harganya lebih murah dibandingkan dengan vitamin E alami, hanya saja yang sintetis lebih sulit diserap oleh tubuh. Agar lebih efektif, vitamin E sintesis harus menggunakan dosis yang lebih banyak dibanding vitamin E biasa.

Vitamin E juga memiliki kelebihan untuk kulit kepala, mengurangi inflamasi dan mengembalikan folikel yang rusak, sebab kesehatan folikel akan berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Vitamin E adalah antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan pada rambut. Selain itu juga, vitamin E dapat memperbaiki struktur pada rambut, dan sangat efektif untuk mencegah rambut rontok.

Apa saja manfaat vitamin E untuk rambut?

Jika Anda rutin mengaplikasikan vitamin E pada rambut, Anda akan mendapatkan perubahan berikut ini:

1. Menstimulasi pertumbuhan rambut

Kandungan antioksidannya dapat melancarkan sirkulasi darah ke semua bagian yang ada di kepala, bahkan sampai ke kulit kepala. Kulit rambut yang sehat dapat memperbaiki pertumbuhan rambut menjadi lebat dan sehat.

2. Mempertahankan kilau rambut

Selain memperbaiki jaringan dan struktur rambut, vitamin E juga dapat memperbaiki jaringan, sehingga rambut menjadi lebih berkilau dan lebih sehat. Anda bisa mengkombinasikan minyak rambut vitamin E beberapa bahan alami, dan lakukan pijat dari atas ke bawah untuk merelaksasi dan mendapatkan hasil yang baik.

3. Solusi rambut bercabang

Rambut bercabang bisa menjadi salah satu pertanda rambut Anda mulai rapuh. Vitamin E yang digunakan dalam waktu yang lama pada rambut mampu mengatasi masalah rambut bercabang. Jika Anda ingin lebih efektif lagi, gunakan vitamin E dengan minyak zaitun dan minyak kelapa dengan takaran yang sama. Lalu aplikasikan pada rambut Anda, dengan dipijat perlahan. Memijat membantu melancarkan sirkulasi darah di ke kulit kepala.

4. Memperlambat penuaan rambut

Tanda-tanda penuaan pada kulit dan rambut akan melambat karena antioksidan berfungsi menguatkan dan menyehatkan jaringan tubuh. Anda juga perlu menambahkan vitamin D, agar lebih efektif mencegah munculnya uban.

Bagaimana memperbaiki rambut dengan vitamin E?

Setelah mengetahui manfaat yang ada dalam vitamin E, sekarang Anda bisa mencoba beberapa cara untuk mendapatkan asupan vitamin E:

Dapatkan vitamin E dari makanan

Makan makanan yang kaya akan vitamin E. Selain yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa menemukannya pada brokoli, bayam dan kacang tanah. Menurut The Office Dietary Supplements yang dikutip oleh Livestrong, 15 mg vitamin adalah jumlah rata-rata yang diperlukan orang dewasa. Vitamin E akan bekerja dari dalam, dengan cara menstimulasi oksigen yang meningkatkan sirkulasi darah.

Gunakan vitamin E berupa minyak rambut

Biasanya jenis vitamin E ini ditemukan dalam bentuk kapsul. Jika Anda memiliki jenis rambut kering, perawatan ini sangat cocok. Jika rambut anda berminyak, Anda tetap dapat menggunakannya tipis-tipis. Manfaat yang diperoleh adalah membuat batang rambut Anda menjadi lebih lembut dan sehat.

Gunakan sebelum shampo

Anda juga bisa menggunakannya sebelum menggunakan shampo. Oleskan dan pijat kepala Anda perlahan, dan beri lebih perhatian bagian rambut bercabang. Gunakan penutup kepala atau shower cap dan diamkan selama satu jam, agar meresap dan lebih efektif.

Kombinasikan dengan shampo

Ketika mengkombinasikannya dengan shampo, vitamin E tidak akan ikut hilang ketika terbilas, justru akan melapisi rambut Anda dan akan melembabkan rambut Anda secara perlahan.

Aplikasikan dengan conditioner

Perawatan ini cocok untuk rambut kering. Aplikasikan pada rambut, tunggu selama lima menit dan bersihkan dengan air dingin (air biasa). Biasanya conditioner juga sudah mengandung vitamin E, dengan pemakaian yang double, efeknya akan sangat terasa. Hanya saja jika rambut Anda berminyak, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu, apakah membuat rambut semakin berminyak atau tidak.

Gunakan bahan alami

Anda juga bisa menggunakan biji anggur untuk rambut normal, minyak wijen untuk rambut berminyak, dan minyak wortel untuk rambut kering. Ketika bahan tersebut mengandung vitamin E. Gunakan sedikit saja untuk rambut Anda.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Vitamin dan nutrisi tertentu ternyata bisa membantu menjaga kesehatan otak Anda. Ketahui dan cukupi asupan harian Anda dengan jenis vitamin otak berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Bingung kapan harus minum vitamin? Minum vitamin ternyata juga ada aturannya, lho! Cari tahu apakah lebih baik minum vitamin pagi atau malam hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Tips Makan Sehat, Nutrisi 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit