Manfaat Utama Vitamin E untuk Kesehatan Rambut

    Manfaat Utama Vitamin E untuk Kesehatan Rambut

    Anda mungkin pernah mendengar fungsi vitamin E untuk kulit. Tak jarang, orang-orang mengonsumsi vitamin E berjenis suplemen setiap hari agar kulit tetap cerah dan terjaga elastisistasnya. Namun, vitamin E juga berguna untuk rambut, lho!

    Mengenal vitamin E

    Vitamin E bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Vitamin ini akan membantu mengubah makanan menjadi energi agar seluruh tubuh dapat berfungsi dengan baik.

    Saat ada masalah dengan asupan vitamin E, tubuh berisiko terhadap gejala lemah otot, ataksia, dan nystagmus (kondisi gerakan bola mata yang tidak bisa dikontrol dan terjadi berulang-ulang).

    Vitamin E terbagi menjadi dua kelompok: vitamin E alami dan vitamin E sintetis. Vitamin E alami didapatkan dari beberapa makanan seperti kacang-kacangan, jagung, minyak bunga matahari, hingga kelapa.

    Sementara itu, vitamin E sintesis diperoleh dengan menggunakan teknologi medis. Agar lebih efektif, vitamin E sintesis harus menggunakan dosis yang lebih banyak dibanding vitamin E biasa.

    Dalam segi harga, vitamin E sintesis biasanya lebih murah dibandingkan dengan vitamin E alami. Hanya saja, vitamin E sintetis lebih sulit diserap oleh tubuh.

    Vitamin E juga memiliki kelebihan untuk kulit kepala dengan fungsi mengurangi inflamasi dan mengembalikan folikel (lubang kecil tempat tumbuh rambut) yang rusak. Kesehatan folikel akan berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut.

    Vitamin E termasuk golongan antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan pada rambut. Selain itu, jenis vitamin ini dapat memperbaiki struktur pada rambut, dan sangat efektif untuk mencegah rambut rontok.

    Apa saja manfaat vitamin E untuk rambut?

    Jika Anda rutin mengaplikasikan vitamin E pada rambut, Anda akan mendapatkan segudang manfaat di bawah ini.

    1. Menstimulasi pertumbuhan rambut

    Kandungan antioksidan pada vitamin E dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh bagian kepala, bahkan sampai ke kulit kepala. Kulit rambut yang sehat dapat memperbaiki pertumbuhan rambut menjadi lebat dan sehat.

    2. Mempertahankan kilau rambut

    Vitamin E dapat memperbaiki jaringan sehingga rambut menjadi lebih berkilau dan sehat. Anda bisa mengombinasikan minyak rambut dengan vitamin E, lalu lakukan pemijatan dari atas ke bawah untuk merelaksasi dan mendapatkan hasil yang baik.

    3. Solusi rambut bercabang

    Vitamin E yang digunakan dalam waktu yang lama pada rambut mampu mengatasi masalah rambut bercabang. Jika Anda ingin lebih efektif lagi, gunakan vitamin E dengan minyak zaitun dan minyak kelapa dengan takaran yang sama.

    4. Memperlambat penuaan rambut

    Tanda-tanda penuaan kulit dan rambut akan melambat karena antioksidan berfungsi menguatkan dan menyehatkan jaringan tubuh. Untuk mencegah munculnya uban, Anda perlu menambahkan bahan dengan kandungan vitamin D agar lebih efektif.

    Bagaimana memperbaiki rambut dengan vitamin E?

    Setelah mengetahui manfaat yang ada dalam vitamin E, sekarang Anda bisa mencoba beberapa cara untuk mendapatkan asupan vitamin E. Di bawah ini ragam caranya.

    1. Dapatkan vitamin E dari makanan

    Makan makanan sumber vitamin E. Selain yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa menemukan sumber vitamin ini pada brokoli, bayam dan kacang tanah.

    Menurut The Office Dietary Supplements yang dikutip Livestrong, 15 mg vitamin E merupakan rata-rata jumlah yang diperlukan orang dewasa. Vitamin E akan bekerja dari dalam dengan cara merangsang oksigen yang meningkatkan sirkulasi darah.

    2. Gunakan vitamin E berupa minyak rambut

    Biasanya jenis vitamin E ini ditemukan dalam bentuk kapsul. Jika Anda memiliki jenis rambut kering, perawatan ini sangat cocok.

    Jika memiliki rambut berminyak, Anda tetap dapat menggunakannya tipis-tipis. Manfaat yang diperoleh yaitu membuat batang rambut Anda menjadi lebih lembut dan sehat.

    3. Gunakan sebelum sampo

    Anda juga bisa menggunakan produk dengan vitamin E sebelum menggunakan keramas dengan sampo. Oleskan dan pijat kepala Anda perlahan, dan beri lebih perhatian bagian rambut bercabang.

    Gunakan penutup kepala atau shower cap dan diamkan selama satu jam agar meresap lebih efektif.

    4. Kombinasikan dengan sampo

    Ketika mengkombinasikannya dengan sampo, vitamin E tidak akan ikut hilang ketika terbilas. Vitamin ini justru akan melapisi rambut Anda dan akan melembapkan rambut Anda secara perlahan.

    5. Aplikasikan dengan kondisioner

    Perawatan ini cocok untuk rambut kering. Aplikasikan vitamin E pada rambut, tunggu selama lima menit dan bersihkan dengan air dingin (air biasa). Perlu diingat bahwa biasanya kondisioner rambut juga sudah mengandung vitamin E.

    Dengan pemakaian dobel, efeknya akan sangat terasa. Hanya saja, jika rambut Anda berminyak, Anda bisa mengetesnya terlebih dahulu. Pastikan apakah cara ini membuat rambut semakin berminyak atau tidak.

    6. Gunakan bahan alami

    Anda juga bisa menggunakan bahan alami yaitu biji anggur untuk rambut normal, minyak wijen untuk rambut berminyak, dan minyak wortel untuk rambut kering. Ketiganya sama-sama mengandung kandungan vitamin ini yang berkhasiat untuk rambut.

    Bila ingin melakukan cara terakhir ini, pakailah sedikit saja dari masing-masing bahan untuk rambut Anda.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Vitamin E for Hair. http://www.med-health.net/Vitamin-E-For-Hair.html Accessed October 7th 2016.

    How to hair with vitamin E. http://www.livestrong.com/article/230402-how-to-heal-hair-with-vitamin- e/ Accessed October 7th 2016.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Rizki Pratiwi Diperbarui May 10, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan