backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

5 Bahan Alami untuk Menghitamkan Rambut Tanpa Perlu ke Salon

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 05/10/2023

5 Bahan Alami untuk Menghitamkan Rambut Tanpa Perlu ke Salon

Seiring bertambahnya usia, rambut hitam seseorang akan memudar dan digantikan oleh uban. Di lain sisi, mewarnai rambut kembali menjadi hitam di salon memiliki risiko tersendiri. Lantas, adakah cara menghitamkan rambut secara alami?

Cara menghitamkan rambut secara alami

cara menghitamkan rambut secara alami

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menghitamkan rambut, baik itu di salon, menggunakan semprotan, maupun produk pewarna. Sayangnya, pewarna rambut yang tersedia di pasaran mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut

Kabar baiknya, ada berbagai bahan alami yang tersedia dan mungkin saat ini ada di rumah Anda untuk membuat rambut kembali hitam. Di bawah ini ini beberapa cara menghitamkan rambut dengan bahan alami yang dapat Anda coba. 

1. Kopi

Salah satu cara menghitamkan rambut secara alami yaitu dengan memanfaatkan kopi. Berkat kandungan kafein di dalamnya, kopi dipercaya dapat membuat warna rambut menjadi lebih hitam. 

Bahkan, warna hitam pada kopi disebut-sebut dapat menggelapkan rambut beruban secara alami. Pasalnya, kopi memiliki warna utama yang gelap sehingga bisa menjadi ‘noda hitam’ pada rambut. 

Cara menggunakannya

  • Seduh secangkir kopi hitam, tanpa gula, krimer, maupun susu
  • Campurkan ½ cangkir kopi dengan 2 sdm bubuk kopi dan 1 cangkir kondisioner rambut tanpa bilas
  • Oleskan campuran tersebut pada rambut yang bersih dan lembap
  • Biarkan masker kopi mengeras selama satu jam
  • Bilas rambut hingga bersih bila sudah selesai
  • Ulangi untuk mendapatkan warna gelap yang diinginkan

2. Sage

Selain digunakan sebagai rempah dan bumbu makanan, daun sage ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menggelapkan rambut secara alami. Cara menghitamkan rambut secara alami ini dapat dioleskan langsung ke kulit kepala.

Kandungan pigmen pada daun sage membantu menutupi uban secara alami. Selain itu, sage kaya kandungan antioksidan yang disinyalir dapat membantu mencegah dan mengurangi pembentukan uban baru. Namun, hal ini memerlukan penelitian lanjutan. 

Cara membuatnya

  • Seduh 1 cangkir daun sage kering dalam 1 liter air mendidih selama 30 menit
  • Biarkan air menjadi dingin dan saring
  • Cuci rambut (keramas) dan keringkan rambut dengan handuk
  • Tuangkan air sage pada rambut selama mungkin
  • Biarkan air teh menyerap selama 15 menit
  • Bilas rambut hingga bersih

3. Minyak kelapa

Sudah bukan rahasia umum lagi bila minyak kelapa bermanfaat untuk rambut. Namun, tahukah Anda bahwa minyak berwarna bening ini juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami? 

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang cukup tinggi. Asam laurat ini ternyata berkhasiat bagi kesehatan rambut, yakni membuat minyak kelapa lebih mudah diserap ke dalam batang rambut. 

Alhasil, rambut punt menjadi lebih sehat, kuat, dan mengurangi risiko memudarnya warna rambut. Meski tidak tampak secara langsung, cara menggelapkan rambut yang satu ini setidaknya bisa dicoba. 

4. Alpukat

Dikenal sebagai superfood, alpukat juga bisa Anda pakai sebagai salah satu cara menghitamkan rambut secara alami. Hal ini dikarenakan alpukat memberikan kelembapan berkat kandungan minyak alami dan lemak baik di dalamnya. 

Buah alpukat juga kaya akan vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala dan membantu menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Trichology

Penelitian tersebut melaporkan bahwa mineral, seperti kalium dan magnesium, dalam alpukat dapat menutupi sel kutikula. Hal ini bisa membantu membuat rambut terlihat halus dan berkilau, termasuk pada rambut berwarna hitam. 

Cara menggunakannya:

  • Siapkan 1 buah alpukat dan 2 – 3 sdm minyak kelapa
  • Ambil buah alpukat dan tumbuk hingga halus
  • Campurkan alpukat dengan 2 sdm minyak kelapa dan aduk rata
  • Aplikasikan masker mulai dari ujung rambut hingga ke kulit kepala

5. Minyak wijen

Minyak wijen adalah salah satu sumber asam lemak omega 3 dan 6 yang diperlukan oleh tubuh. Pasalnya, kedua jenis asam lemak ini diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut

Tidak hanya itu, masker minyak wijen membantu memperkuat rambut, sehingga dapat mencegah ujung rambut yang bercabang. Hal ini mungkin dikarenakan minyak wijen bersifat emolien yang mengisi celah dan membentuk segel pada pelindung rambut. 

Meski tidak menghitamkan rambut secara langsung, minyak wijen dapat membuat rambut tak terlihat kusam dan tampak lebih berkilau. 

Kenyataannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghitamkan rambut secara alami. Hal yang perlu Anda ingat adalah beberapa bahan di atas membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tidak seperti produk pewarna rambut pada umumnya. 

Itu sebabnya, Anda bisa memilih ingin menghindari risiko racun dari produk cat rambut atau bersabar menunggu hasil dari bahan alami. Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter. 

Fun Fact

Dikenal sebagai superfood, alpukat juga bisa Anda pakai sebagai salah satu cara menghitamkan rambut secara alami. Alpukat memberikan kelembapan berkat kandungan minyak alami dan lemak baik di dalamnya. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 05/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan