6 Tips Tetap Aktif Bekerja Saat Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Banyak wanita yang memilih untuk tetap aktif bekerja saat hamil. Jika Anda memang merasa sehat, tentu tidak ada yang salah dengan keputusan ini. Meski begitu, memang tak dapat dielakkan bahwa bekerja saat hamil bisa terasa lebih berat dan melelahkan dari biasanya. Nah, berikut beberapa tips untuk Anda yang tetap ingin bekerja selama mengandung.

Aktif bekerja saat hamil? tidak masalah! Asal…

1. Jangan lupa makan

Nasehat di atas memang terdengar klise, namun makan teratur selama jam kerja dapat membantu meringankan mual dan muntah bahkan kelelahan yang Anda alami karena kekurangan zat besi (tanda anemia).

Jangan lupakan sarapan sebelum berangkat kerja, dan persiapkan camilan ringan seperti biskuit, buah atau roti lapis untuk menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari. Cari tahu juga apa yang bisa membuat Anda mual, lalu hindari hal-hal tersebut selama di kantor dan jam makan siang.

Beberapa kantor mungkin tidak membolehkan karyawannya untuk ngemil selama jam kerja. Untuk itu, jangan sungkan membicarakannya dulu dengan atasan Anda atau divisi HRD untuk memberikan sedikit kelonggaran pada Anda.

2. Jaga kebugaran tubuh

Duduk terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika sedang hamil. Maka luangkanlah waktu sebentar untuk bangkit dan berjalan-jalan di sela waktu bekerja, misalnya saat makan siang atau cukup dengan bolak-balik isi air minum atau ke toilet.

Anda juga bisa melakukan peregangan sederhana di kantor untuk melemaskan otot-otot kaku, yang bisa membuat Anda cepat lelah dan tambah stres. Namun sebaiknya dulu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelum memulai olahraga apapun.

3. Istirahat yang cukup

Meski sibuk bekerja saat hamil, jangan lupakan untuk beristirahat sejenak. Anda bisa curi-curi waktu untuk tidur siang barang 15 menit di sela-sela waktu makan siang, atau selama perjalanan pulang-pergi kantor. Di sela-sela waktu kerja, minta izin pada atasan atau teman sedivisi Anda untuk beristirahat di ruangan kosong dan sekadar menutup mata guna mengatasi rasa lelah.

Di rumah, pastikan Anda tidur sekitar 8 jam sehari. Berbaring miring di sisi kiri Anda akan mengoptimalkan aliran darah ke janin dalam kandungan sekaligus mengurangi pembengkakan. Tambahkan bantal di antara kaki dan di bawah perut agar Anda merasa lebih nyaman.

Jika Anda tidak memiliki asisten rumah tangga, Anda bisa meminta bantuan suami atau anggota keluarga lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah.

4. Atur kursi kantor supaya Anda bisa duduk nyaman

Kursi kantor yang baik dapat menunjang produktivitas Anda selama bekerja saat hamil. Mintalah kursi dengan ketinggian yang bisa diatur. Jika tidak ada, gunakan bantal kecil untuk menyangga punggung Anda. Selipkan juga penyangga kaki di bawah kursi supaya Anda bisa sedikit meluruskan kaki untuk mengurangi pembengkakan.

Jika Anda harus berdiri dalam jangka waktu yang lama, letakkan salah satu kaki Anda di sandaran kaki atau bangku yang lebih rendah. Lakukan juga pada salah satu kaki lainnya secara bergantian dan sesering mungkin.

5. Pilih sepatu yang pas

Gunakan sepatu yang nyaman dan menunjang struktur kaki Anda sehingga dapat membantu Anda lebih nyaman saat beraktivitas. Sepatu hak pendek sekitar 3 cm dapat membantu menopang tulang belakang Anda dengan lebih baik daripada harus pakai flat shoes saat hamil.

6. Mengelola stres

Stres saat hamil dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda dan bayi Anda. Oleh karena itu, sebisa mungkin kelola stres di kantor dengan latihan pernapasan dalam, relaksasi dengan meditasi atau yoga, break nonton video kucing lucu, menelepon suami, atau hal-hal apapun yang membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Jalan-jalan sebentar untuk menghirup udara segar juga dapat membersihkan pikiran yang mumet sehingga Anda bisa kembali produktif.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca