backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Rekomendasi Madu yang Aman untuk Ibu Hamil dan Janin

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 08/11/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Madu yang Aman untuk Ibu Hamil dan Janin

Salah satu sumber makanan alami yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah madu. Namun, tentu Anda perlu memilih merk madu yang aman untuk ibu hamil. Berikut ini adalah rekomendasi produk madu berkualitas tinggi yang baik Anda konsumsi selama masa kehamilan.

Cara kami memilih madu yang aman untuk ibu hamil

madu untuk ibu hamil

Konsumsi madu yang bagus selama kehamilan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa mencegah serangan penyakit yang membahayakan ibu dan janin.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Molecules (2018) menemukan varietas madu berwarna gelap punya antioksidan tinggi yang mampu mencegah kerusakan sel tubuh.

Di samping itu, madu juga mampu mengurangi mual, meredakan batuk, dan menambah energi.

Madu yang bagus untuk ibu hamil haruslah murni. Itu berarti, merek tersebut tidak mengandung tambahan gula yang dapat meningkatkan risiko diabetes gestational.

Secara umum, madu dinamai menurut asal daerah dan jenis bunga yang diisap oleh lebah penghasil madu tersebut. Contohnya, madu aceh, madu yaman, madu lengkeng, madu manuka, dan madu clover.

Dalam memilih merk madu yang aman untuk ibu hamil, kami juga telah melakukan riset dengan membaca ulasan pembeli pada situs-situs e-commerce di Indonesia.

Kami juga memastikan bahwa produk yang direkomendasikan aman untuk Anda konsumsi dan telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

10 rekomendasi merk madu yang aman untuk ibu hamil

Untuk memudahkan Anda menemukan produk terbaik, berikut ini adalah daftar produk madu yang bagus dan baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

1. Comvita Manuka Honey UMF 10+

Comvita Manuka Honey UMF 10+ adalah madu murni yang berasal dari nektar bunga manuka (Leptospermum scoparium) yang tumbuh di Selandia baru.

Madu manuka memiliki tekstur kental dan warna keruh mirip karamel. Sebagian besar manfaat madu manuka berasal dari senyawa methylglyoxal (MGO) yang memiliki sifat antibakteri.

Produk madu manuka dari Comvita ini memiliki nilai Unique Manuka Factor cukup tinggi, yakni UMF 10+ dengan kualitas unggul dan kekuatan antibakteri tinggi.

Bagi Anda yang muslim, Comvita Manuka Honey UMF 10+ juga telah mendapatkan sertifikasi halal dari FIANZ atau The Federation of Islamic Associations of New Zealand.

Nomor registrasi BPOM: ML 852109411745

2. Madu Murni Nusantara

Madu Murni Nusantara merupakan produk madu asal Indonesia yang telah berdiri sejak 1983 dan mempunyai reputasi yang bagus dalam industri madu. 

Produk alami ini berasal dari nektar bunga randu (Ceiba pentandra). Proses pembuatan madu ini sangat ketat sehingga bebas dari kontaminan dan aman untuk ibu hamil konsumsi.

Konsumsi Madu Murni Nusantara secara rutin diklaim bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan demam, dan menjaga kesehatan kulit Anda.

Nomor registrasi BPOM: MD 152111023054

3. Watu Seulawah Agam Multifloral Honey

Merk madu lokal lain yang aman bagi ibu hamil adalah Watu Seulawah Agam Multifloral Honey.

Sesuai dengan namanya, produk madu murni ini berasal dari nektar berbagai jenis bunga yang tumbuh di kawasan Seulawah Agam, Aceh.

Berdasarkan penjelasan konsumen, Watu Seulawah Agam Multifloral Honey memiliki karakteristik aroma dan rasa manis mirip permen kapas yang enak di mulut.

Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya sensasi mual dan muntah saat hamil yang sering terjadi.

Nomor registrasi BPOM: MD 152128071380

4. Mara’i Yemeni Raw Honey

Merk madu asal Timur Tengah lainnya yang aman untuk ibu hamil yaitu Mara’i Yemeni Raw Honey.

Dibandingkan madu lokal, madu yaman lebih pekat dan kental. Hal ini karena madu yaman berasal dari nektar tanaman yang tumbuh di iklim kering sehingga mengandung lebih sedikit air.

Mara’i Yemeni Raw Honey juga diklaim lebih tinggi antioksidan sehingga mampu menjaga stamina, mencegah infeksi, dan meningkatkan kesembuhan luka pasca-operasi.

Maka dari itu, madu murni ini dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil menjelang waktu persalinan.

Nomor registrasi BPOM: MD 012867001700216

5. Manuka Farm MGS 10+

Manuka Farm MGS 10+ merupakan salah satu merk madu yang aman dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, produk ini tidak mengandung tambahan pemanis, pewarna, dan pengawet yang berbahaya bagi janin.

Untuk membedakan madu manuka asli dan palsu, Manuka Farm menggunakan standar Molan Gold Standard, yakni MGS 10+ yang setara dengan UMF 10+.

Produk dari lebah ini diklaim berasal dari kawasan paling minim polusi di Selandia baru. Hal ini dapat membantu mengurangi kontaminan berbahaya dalam madu yang dihasilkan.

Nomor registrasi BPOM: ML 252109006712

6. Al Shifa Natural Honey

Al Shifa Natural Honey adalah madu multifloral atau yang berasal dari beberapa nektar bunga asal Arab Saudi, seperti shidr (Ziziphus mauritiana) dan kurma (Phoenix dactylifera).

Dengan kandungan madu murni 100% yang baik untuk ibu hamil, merk madu ini diklaim dapat membantu melancarkan pencernaan, memperkuat jantung, dan mengatasi asma.

Dalam setiap paket penjualan Al Shifa Natural Honey dengan kemasan kaca 500 gram (g), Anda juga akan memperoleh satu botol madu sebesar 125 g secara gratis.

Nomor registrasi BPOM: ML 152109898010

7. Hillary Farm Clover Honey

Selain madu manuka, Selandia Baru juga memiliki produk madu clover yang dihasilkan oleh lebah yang mengisap sari bunga clover (Trifolium repens).

Hillary Farm Clover Honey sebagai salah satu merk madu clover yang bagus untuk ibu hamil ini menawarkan berbagai manfaat, seperti mengurangi kolesterol dan menjaga stamina tubuh.

Madu clover punya tekstur lembut dan rasa manis yang enak sehingga cocok untuk olesan roti.

Untuk menjaga kualitas madu ini, Anda harus menyimpan produk Hillary Farm Clover Honey di dalam kulkas atau di ruangan ber-AC.

Nomor registrasi BPOM: ML 252109061376

8. Multi Sari Honey with Royal Jelly & Bee Pollen

Tak hanya madu murni, Multi Sari Honey with Royal Jelly & Bee Pollen juga mengandung royal jelly dan bee pollen yang baik untuk kesuburan wanita.

Royal jelly sendiri adalah “susu” yang dihasilkan oleh koloni lebah madu, sedangkan bee pollen adalah campuran antara serbuk sari bunga dan air liur lebah.

Merk madu terbaik dari merk Multi Sari ini dikemas tanpa proses pemanasan dan pengentalan.

Hal ini membantu menghasilkan kualitas madu terbaik yang tidak menghilangkan unsur-unsur penting lainnya, seperti enzim diastase dan propolis.

Nomor registrasi BPOM: MD 152131013120

9. Airborne Clover Honey

Airborne Clover Honey adalah madu clover dengan tekstur yang lembut dan rasa manis yang ringan.

Produk madu clover ini diproses secara alami di Selandia Baru. Pengolahan tanpa pemanasan bisa mencegah hilangnya banyak senyawa dan zat gizi penting dalam madu murni ini.

Sebagai salah satu sumber energi yang baik untuk tubuh, madu clover ini juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) agar tetap normal selama masa kehamilan.

Nomor registrasi BPOM: ML 252109479009

10. Madurasa Murni

Siapa yang tak kenal dengan merk Madurasa? Produk madu yang populer di Indonesia ini juga memiliki madu yang aman untuk ibu hamil.

Madurasa Murni adalah madu multifloral yang berasal dari kombinasi madu randu, madu hutan, dan madu lengkeng (Dimocarpus longan).

Produk ini dapat Anda jadikan sebagai pengganti gula yang sehat selama kehamilan. Anda bisa mencampur madu yang rasanya manis ini ke makanan atau minuman kesukaan.

Nomor registrasi BPOM: MD 152111004220

Itulah rekomendasi merk madu yang aman dan bagus untuk ibu hamil. Ketika mengonsumsi pemanis alami ini, pastikan untuk memastikan takarannya agar tidak terlalu berlebihan.

Takaran madu yang aman untuk ibu hamil yakni 3–5 sendok makan atau setara 180–200 kalori.

Tidak semua ibu hamil cocok untuk mengonsumsi madu. Jika muncul gejala reaksi alergi, seperti bersin, mata berair, ruam merah, atau gatal, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 08/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan