Jangan Khawatir, Kulit Gatal Saat Hamil Bisa Diatasi dengan 4 Cara Ini

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Saat hamil, bukan hanya morning sickness yang menyiksa Anda. Kulit gatal juga bisa memperburuk suasana hati.  Tentunya, Anda ingin terbebas dengan kondisi ini secepat mungkin, bukan? Jangan cemas, Anda bisa meringankan kulit gatal saat hamil dengan beberapa perawatan seperti berikut ini.

Cara mengatasi kulit gatal saat hamil

Kulit gatal saat hamil bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kondisi kulit kering dan iritasi kulit yang berkaitan dengan perubahan hormon atau kondisi medis tertentu, seperti eksim atau psoriasis. Nah, kondisi tersebut pasti membuat Anda jadi tidak nyaman.

Untuk meredakan kulit gatal selama masa kehamilan, Anda dapat mencoba beberapa cara, antara lain:

1. Berendam air hangat dengan oatmeal

berendam di bath tub saat hamil

Kulit gatal yang disebabkan oleh iritasi, eksim, dan psoriasi, Anda bisa mencoba berendam air hangat. Tapi, bukan berendam seperti biasanya Anda lakukan, lho. Anda perlu tambahan oatmeal koloid, baking soda, dan minyak esensial.

Caranya mudah, cukup haluskan oatmeal dan baling soda. Lalu, campurkan bahan tersebut ke dalan bak mandi yang berisi air hangat. Takarannya sekitar 1/4 cangkir saja dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Setelah itu, Anda bisa berendam selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Khasiat berendam dengan campuran oatmeal dapat melegakan kulit Anda dari rasa gatal. Selain itu, oatmeal yang mengandung antioksidan juga bisa meringankan kondisi kulit gatal yang lecet.

Tapi ingat, berendam air hangat hanya boleh dilakukan saat kehamilan sudah melewati trimester pertama. Itupun sebaiknya dilakukan sebentar saja dan dengan suhu air yang tidak terlalu panas.

2. Berendam air susu dan pijat yogurt

berendam air panas

Siapa bilang susu dan yogurt hanya bisa dimakan? Jika kulit gatal saat hamil disebabkan oleh kulit kering, berendam dengan dengan susu dan pijat yogurt bisa jadi solusinya.

Caranya mudah, cukup siapkan 2 cangkir susu bubuk, setengah cangkir capung maizena dan setengah cangkir baking soda. Tuangkan seluruh bahan ke dalam bak mandi dan berendam paling lama 10 menit.

Kemudian, dilanjutkan dengan pijat dengan yogut tanpa rasa (plain yogurt). Pijat tipis-tipis yogurt pada kulit yang gatal, diamkan selama dua sampai tiga menit. Lalu bilas dengan air hangat dan keringkan tubuh dengan handuk.

Perlu Anda ketahui bahwa susu dan yogurt mengandung asam laktat alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menjaga kelembaan kulit, serta mengurangi garis-garis halus di wajah.

3. Pakai losion, bedak, atau krim antigatal

pelembap untuk kulit kering

Kulit gatal karena eksim, kulit kering, iritasi, atau kondisi lainnya bisa diatasi dengan pelembap. Beda dengan pelembap kulit biasanya, untuk kulit gatal ada beberapa bahan aktif seperti calamine, hidrokortisone, antihistamin, urea dan lauromacrogol.

Bahan aktif tersebut memiliki khasiat untuk meredakan gatal, baik dengan memberikan sensasi dingin pada kulit, menghambat produksi zat yang membuat gatal oleh tubuh, atau menjaga kelemabapan kulit.

Jika kulit sudah kecet akibat Anda garuk, pelembap yang Anda butuhkan biasanya mengandung Centella Asiatica. Bahan aktif ini mengurangi iritasi dengan meregenerasikan sel-sel kulit lebih cepat.

Namun ingat, sangat hamil Anda tidak boleh sembarangan pakai produk apa pun, termasuk pelembap untuk kulit gatal. Jadi, konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

4. Pakai baju longgar

persiapan kehamilan

Saat hamil, pakaian yang biasanya pas bisa jadi sangat sempit. Pakaian yang sempit ini meningkatkan gesekan antara kulit dengan kain. Kondisi ini bisa menimbulkan kulit gatal dan iritasi kulit.

Sebaiknya pilih pakaian yang cukup longgar dan bahannya lembut, seperti katun. Pakaian tersebut membuat Anda leih bebas bergerak dan tentunya kulit bisa bernapas lega. Bukan hanya memengaruhi kulit, pakaian yang sempit juga bisa mengganggu kehamilan Anda.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca