Main Bowling Saat Hamil, Aman atau Tidak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28/04/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Bowling merupakan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Biasanya banyak pemula yang mulai mencoba main bowling karena tidak memerlukan banyak gerakan sulit tapi masih bisa membantu melatih kekuatan otot-otot di tangan dan kaki.

Bowling juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dengan mengajak keluarga atau teman-teman untuk ikut serta. Namun bagi yang sedang dalam keadaan hamil, Anda mungkin ragu untuk mengiyakan ajakan bermain bowling.

Amankah main bowling saat hamil?

main bowling saat hamil
Sumber: Baby Center

Sebenarnya, bermain bowling saat hamil aman-aman saja, tapi ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum Anda memutuskan untuk ikut bermain.

Seperti yang sudah diketahui, kehamilan tentunya akan memberikan perubahan yang besar pada tubuh. Adanya hormon yang muncul selama kehamilan akan membuat ligamen, jaringan ikat yang menghubungkan tulang di dalam tubuh, menjadi lebih longgar.

Hal ini menyebabkan persendian lebih mudah bergerak sehingga jika tidak berhati-hati dapat meningkatkan risiko cedera.

Selain itu, kekuatan ligamen tubuh jadi berkurang, baik pada tubuh bagian atas maupun bagian bawah. Bowling sendiri membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas, main bowling saat hamil mungkin akan menjadi lebih sulit karena tubuh sedang tidak sekuat biasanya.

Seiring dengan membesarnya kandungan, beban yang dirasakan pada tubuh bagian depan tentunya akan bertambah. Bertambahnya tekanan pada persendian sangat berpengaruh terutama pada punggung bagian bawah.

Gerakan yang dilakukan saat bowling dengan kombinasi beban berat dari bola bisa saja membuat punggung bawah Anda cedera.

Belum lagi, perubahan pusat gravitasi tubuh pun berubah, dampaknya Anda akan kesulitan untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

Tips bermain bowling saat hamil agar tetap aman

bowling duckpin

Jika Anda tetap ingin mencoba bermain bowling tanpa mengalami cedera, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar kegiatan tetap berjalan aman untuk Anda dan kandungan.

1. Pilih bola bowling yang ringan

Untuk mengurangi tekanan yang berlebih pada tubuh bagian belakang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ligamen yang menjadi lebih lentur dan longgar akan meningkatkan kemungkinan cedera. Akan lebih baik jika Anda tidak mengangkat beban yang terlalu berat.

2. Bermain dengan duckpin

Berbeda dengan pin yang biasanya, duckpin memiliki ukuran yang lebih kecil. Bola yang digunakan pun juga akan disesuaikan dengan ukuran pin. Jika Anda ingin tetap aman bermain bowling saat hamil, mintalah pada petugas untuk bermain dengan duckpin agar bola yang didapat juga lebih kecil dan tidak seberat bola yang biasa.

3. Berhati-hati saat melangkah

Landasan bola bowling kerap diberi minyak agar tetap licin untuk memudahkan bola menggelinding sampai mengenai pin. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan tidak melewati batas landasan bola.

4. Istirahat jika tubuh menunjukkan gejala kelelahan

Meski bowling termasuk olahraga low impact, Anda tetap harus membatasi waktu dan segera berhenti jika gejala seperti pusing atau nafas pendek mulai terasa. Selingi dengan istirahat duduk setiap beberapa menit.

5. Bertekuk lutut ketika mengayun bola

Biasanya, orang-orang membungkukkan punggungnya ketika akan mengayun bola. Namun jika Anda sedang hamil, alih-alih membungkukkan punggung lebih baik lakukan alternatif dengan menekuk lutut sambil mengangkat bola. Cara ini akan mengurangi tekanan pada punggung dan tentunya menjauhkan Anda dari cedera.

Memiliki kondisi ini? Lebih baik jangan main bowling

Main bowling saat hamil tetap aman jika keadaan Anda dan kandungan benar-benar sehat dan tidak bermasalah. Sayangnya, Anda harus mengurunkan niat main bowling jika memiliki kondisi sebagai berikut:

Jika Anda ragu, lebih baik konsultasikan kembali pada dokter kandungan Anda untuk mengetahui jenis olahraga apa saja yang aman dilakukan selama masa kehamilan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Memilih dan Menggunakan Birth Ball untuk Ibu Hamil

Ibu hamil kerap menggunakan birth ball karena dapat membuatnya merasa nyaman. Namun, bagaimana cara memilih dan menggunakan birth ball yang tepat?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 30/04/2020 . 5 menit baca

Manfaat Bermain Bowling untuk Kesehatan Tubuh Anda

Seperti olahraga lainnya, bermain bloa bowling tentunya juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kebugaran, Hidup Sehat 25/04/2020 . 4 menit baca

Aturan Menjalankan Puasa yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang sehat diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun harus lebih diperhatikan nutrisinya. Bagaimana cara menjalankan puasa saat hamil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 25/04/2020 . 4 menit baca

Tips Menyiasati Rasa Lapar agar Tidak Asal Makan Saat Hamil

Boleh menuruti ngidam bukan berarti Anda bisa asal makan saat hamil. Yuk, simak tips berikut ini agar rasa lapar bisa lebih terkendali.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 22/04/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca

Apa Akibatnya pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . 8 menit baca
obat maag ibu hamil

Pilihan Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020 . 6 menit baca
makanan sahur untuk ibu hamil

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . 5 menit baca