5 Manfaat Buah Anggur yang Perlu Anda Tahu

Oleh

Apakah Anda suka buah anggur? Jika ya, sajian seperti apa yang Anda suka saat makan anggur? Anggur memang bukan lagi buah yang sulit ditemukan. Popularitasnya memang semakin meningkat sejak Anda dapat menikmatinya dalam berbagai macam sajian, dari kue hingga wine. Tapi tahukah Anda? Selain rasanya yang nikmat, buah yang ternyata lebih banyak disajikan dalam bentuk minuman ini memiliki beragam macam manfaat kesehatan bila dikonsumsi. Berikut beberapa manfaat anggur yang Anda perlu tahu.

Manfaat anggur bagi kesehatan

Buah anggur terdiri dari beragam macam warna, diantaranya merah, hitam, ungu atau biru (concord), hijau, merah muda dan kuning. Menurut seorang ahli gizi, Alissa Rumsey, secara umum manfaat anggur bagi kesehatan pada masing-masing anggur tersebut sama, tapi kandungan flavonoid dan resveratrol ditemukan paling tinggi pada anggur concord. Namun sajian anggur concord lebih banyak ditemukan berupa jus dibandingkan dalam bentuk anggur segar.

1. Kaya akan antioksidan

Radikal bebas adalah kondisi di mana molekul memiliki elektron yang tidak berpasangan. Pada kadar yang seimbang, sebenarnya tubuh Anda masih mampu menetralisirnya. Namun pada kadar yang berlebihan, molekul yang seharusnya mampu membantu tubuh Anda dalam melawan infeksi yang menyerang ini, justru mampu menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh Anda. Anda membutuhkan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas yang berlebihan pada tubuh.

Anggur diyakini kaya akan kandungan antioksidan berupa flavonoid dan resveratrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, resveratrol yang dimiliki anggur mampu menangkal dampak yang disebabkan oleh peradangan serta pencegahan beberapa penyakit tertentu.

2. Mencegah diabetes

Peneliti meyakini bahwa resveratrol mampu mengaktifkan suatu gen yang dapat mencegah tubuh terpapar obesitas. Selain itu resveratrol juga mampu mencegah terjadinya kondisi resisten insulin, dimana tubuh tidak mampu mencerna gula darah, yang mampu memicu tubuh terserang diabetes.

3. Kesehatan jantung

Anggur juga mengandung suatu flavonoid yang dinamakan dengan rutin. Pada kondisi tertentu darah dalam tubuh Anda mengalami pembekuan. Rutin yang terdapat pada anggur ini memiliki kemampuan untuk memperlambat laju darah yang mengalami pembekuan ini dengan menghambatnya. Sehingga manfaat anggur yang memiliki kandungan rutin ini juga mampu mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

4. Kesehatan otak

Penelitian yang dilakukan oleh Krikorian terhadap 12 orang dewasa yang telah mengalami penurunan kemampuan mengingat berhasil mengungkapkan bahwa, terdapat peningkatan kemampuan verbal dan peningkatan kemampuan partisipan dalam mengulang memori spasial setelah pemberian jus anggur selama 12 hari. Hasil ini terjadi karena antioksidan yang dimiliki oleh anggur memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik Anda meskipun usia Anda telah menua.

5. Mencegah serangan kanker

Anggur kaya akan kandungan antioksidan berupa resveratrol yang berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tang FY berpotensi untuk memperlambat perkembangan sel kanker payudara dalam tubuh. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Radhakrishnan yang berhasil menyimpulkan bahwa kombinasi antara ekstrak biji anggur dengan resveratrol memiliki kemampuan menekan pertumbuhan perkembangan sel kanker usus.

Beberapa literatur mengungkapkan bahwa dari sejumlah nutrisi yang dimiliki oleh anggur, sebagian besar nutrisi tersebut terdapat pada kulitnya. Namun perlu diperhatikan bahwa menurut Department of Agriculture U.S, anggur termasuk dalam enam besar buah dengan kandungan pestisida terbanyak pada kulitnya. Sehingga, sebelum dikonsumsi, sebaiknya Anda pastikan Anda telah mencucinya dengan benar-benar bersih.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca