Mengulik 5 Manfaat Biji Anggur yang Jarang Diketahui

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mungkin tidak banyak orang yang gemar memakan anggur lengkap dengan bijinya. Padahal, biji anggur sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Uniknya lagi, Anda bisa memperoleh manfaat biji-bijian mungil ini dalam beragam cara. Mulai dari diubah menjadi ekstrak, minyak, hingga dimakan secara langsung.

Kegunaan biji anggur bagi kesehatan

Semua varietas anggur memiliki biji yang dapat dimakan. Anda mungkin perlu membiasakan lidah dengan rasanya yang pahit, tapi rasa pahit ini sebenarnya berasal dari kandungan antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya.

Berikut adalah sederet kegunaan yang dapat Anda peroleh dari biji anggur:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Biji anggur mengandung berbagai jenis antioksidan, antara lain flavonoid, polifenol, dan oligomeric proanthocyanidins complexes (OPC). Flavonoid membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sedangkan OPC dapat menurunkan tekanan darah.

Biji anggur juga mengandung tannin yang memberikan manfaat bagi kesehatan pembuluh darah. Tannin memperkuat dinding pembuluh darah sehingga tidak mudah rusak. Jika pembuluh darah rusak, risiko serangan jantung dapat meningkat.

2. Berpotensi melawan kanker

Penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa biji anggur mengandung banyak senyawa antikanker. Senyawa ini terdiri atas beragam antioksidan, enzim, hingga zat yang dapat membunuh sel kanker dan mencegah penyebarannya.

Penelitian ini memang baru dilakukan pada hewan dan masih perlu dikaji lebih lanjut. Meski demikian, senyawa antikanker dalam biji anggur tetap memiliki potensi besar dalam melawan kanker payudara, paru, prostat, serta usus besar.

3. Mencegah aterosklerosis

plak di pembuluh darah

Manfaat lain yang jarang diketahui dari biji anggur adalah mencegah aterosklerosis. Penyakit ini ditandai dengan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah sehingga aliran darah terhambat. Lambat laun, aterosklerosis dapat merusak pembuluh darah dan memicu penyakit jantung.

Kandungan flavonoid pada biji anggur dapat mencegah aterosklerosis dengan menghambat pembentukan kolesterol pada pembuluh darah. Flavonoid juga melindungi pembuluh darah dari radikal bebas yang dapat merusak dinding pembuluh darah.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan, proanthocyanidin dalam ekstrak biji anggur terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka. Manfaat ini diperoleh dengan mengoleskan ekstrak biji anggur secara langsung ke permukaan kulit yang terluka.

Mekanismenya belum diketahui secara pasti. Namun, para peneliti meyakini bahwa ekstrak biji anggur dapat memicu produksi protein khusus yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pembuluh darah baru.

5. Menjaga kekuatan tulang

mencegah tulang keropos

Selain melindungi sistem peredaran darah, kandungan flavonoid pada biji anggur juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Flavonoid dapat menjaga kesehatan tulang dengan cara mempertahankan kepadatan dan kekuatannya.

Senyawa ini juga meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang menyusun tulang, otot, kulit, rambut, dan berbagai jaringan lain yang menyusun tubuh. Kesehatan seluruh jaringan ini amat bergantung pada produksi kolagen yang memadai.

Biji anggur memiliki banyak manfaat yang sayang jika dilewatkan. Anda bahkan bisa memperoleh manfaat ini dengan cara yang amat mudah, yakni dikonsumsi secara langsung.

Untuk mengurangi rasa yang amat pahit, Anda dapat makan biji anggur bersama daging buahnya yang lezat. Selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak ada reaksi alergi, biji anggur bisa menjadi salah satu sumber antioksidan terbaik untuk Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Manfaat Teh Hitam untuk Menurunkan Berat Badan

Anda suka minum teh hitam? Ada kabar baik buat Anda, ternyata penelitian membuktikan adanya manfaat teh hitam untuk membantu menurunkan berat badan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Hendry Wijaya
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 9 Januari 2018 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Makanan yang Mengandung Polifenol, Senyawa Penting Bagi Tubuh

Polifenol merupakan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh dan bisa ditemukan pada makanan. Apa saja makanan yang mengandung polifenol?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 3 Januari 2018 . Waktu baca 3 menit

Daftar Makanan Sehat Tinggi Flavonoid, Antioksidan Penangkal Berbagai Macam Penyakit

Flavonoid adalah antioksidan yang banyak terkandung dalam cokelat. Penasaran apa saja manfaat flavonoid, dan dari mana lagi Anda bisa mendapatkannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Fakta Gizi, Nutrisi 21 Desember 2017 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Makan Cokelat Membuat Otak Jadi Lebih Cerdas?

Hampir semua orang suka cokelat dan produk olahannya. Selain enak dan sehat, ternyata para ahli menemukan adanya kaitan antara cokelat dan kecerdasan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Hendry Wijaya
Fakta Gizi, Nutrisi 30 Oktober 2017 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk penderita eksim

Mencegah Eksim dengan Menghindari Pantangan, Apa Saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 9 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
biji buah pepaya

Biji Buah Pepaya Ternyata Bisa Dimakan, Lho. Apa Saja Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2018 . Waktu baca 4 menit
cara alami menghilangkan bekas jerawat minyak biji anggur

Minyak Biji Anggur, Bahan Alami yang Manjur Hilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit
pengganti permen

6 Makanan Manis yang Sehat Sebagai Pengganti Permen

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 April 2018 . Waktu baca 4 menit