5 Buah Rendah Gula yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jika selama ini kebanyakan orang beranggapan buah adalah makanan yang paling sehat untuk diet, nyatanya tidak selalu begitu. Pasalnya ada beberapa jenis buah yang mengandung kadar gula tinggi. Alih-alih untuk menurunkan berat badan atau mengontrol gula darah, mengonsumsi buah yang tidak tepat justru akan menambah asupan gula dan kalori dalam tubuh. Itu sebabnya penting untuk mengetahui jenis buah rendah gula yang baik untuk menurunkan berat dan dan juga gula darah Anda.

Apa saja buah rendah gula yang baik untuk diet?

Berikut ini beberapa buah rendah gula yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi dalam membantu program penurunan berat badan dan mengontrol gula darah Anda. Akan tetapi jangan khawatir kebutuhan gizi Anda tidak tercukupi dengan konsumsi buah-buahan ini. Meski buah rendah gula, namun tetap mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan serat yang baik untuk tubuh.

1. Keluarga beri

Stroberi, raspberry, blackberry adalah keluarga buah yang rendah gula. Rata-rata kandungan gula dalam keluarga beri per 150 gram penyajian hanya 4–7 gram saja. Tidak hanya sebagai rendah gula, keluarga beri juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C nya sehingga memberikan pengaruh yang baik untuk kulit dan pencernaan Anda.

Akan tetapi, Anda perlu membatasi konsumsi buah blueberry. Tak seperti saudara beri yang lain, buah bulat berwarna biru gelap ini mengandung kadar gula yang paling tinggi di antara keluarga beri. Blueberry mengandung sekitar 15 gram per 150 gram takaran penyajiannya. 

2. Semangka

Kandungan air dalam buah semangka yang mencapai 90 persen membuat buah ini sangat menyegarkan jika dikonsumsi ketika siang hari yang terik. Selain itu, nyatanya semangka menjadi buah yang disarankan banyak ahli kesehatan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya kaya akan kandungan airnya, semangka juga ternyata termasuk buah rendah gula yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam cangkir penuh semangka yang dipotong dadu memiliki kandungan gula di bawah 10 gram.

3. Alpukat

Mungkin banyak orang tidak pernah berpikir jika alpukat merupakan salah satu buah rendah gula. Meskipun alpukat sangat tinggi akan kandungan lemak sehatnya, nyatanya buah ini merupakan buah yang rendah gula, loh! Pasalnya alpukat rata-rata hanya mengandung sekitar gram kadar gula dalam buah utuh.

4. Kiwi

Kandungan vitamin C dalam buah hijau yang kecut ini memang sudah tidak diragukan lagi. Tapi tahukah Anda jika kiwi juga merupakan salah satu buah rendah gula? Pasalnya dalam satu buah kiwi utuh kadar gulanya hanya enam gram, loh! Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kiwi juga mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

5. Lemon dan jeruk nipis

Dibandingkan dengan jeruk, lemon dan jeruk nipis mengandung gula yang sangat sedikit, yaitu sekitar 1 – 2 gram gula dalam buah utuh ukuran sedang. Jadi, dua buah ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu campuran minuman Anda untuk membantu mengurangi nafsu makan Anda karena rasanya yang cukup asam.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang bisa menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Coba atasi sakit gigi berlubang dengan obat alami ini!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Termasuk untuk Diet

Goji berry banyak digunakan untuk kecantikan., namun ada pula manfaatnya untuk kesehatan., termasuk diet. Yuk, ketahui lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Herbal A-Z 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

9 Manfaat Pisang yang Jadi Buah Favorit Banyak Orang

Tak banyak yang tahu bahwa kandungan kalium dalam pisang berkhasiat menurunkan risiko stroke. Apa lagi manfaat pisang untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Tipes yang parah bisa berakibat fatal jika tidak cepat-cepat ditangani. Satu dari 5 orang bisa meninggal karena tipes. Seperti apa ciri tipes yang parah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

susah ambil darah

Kenapa Beberapa Orang Bisa Sulit Diambil Darahnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
setelah cabut gigi

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
mempercepat haid

5 Cara Aman Supaya Haid Selesai Lebih Cepat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit