home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Buah Rendah Gula yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

5 Buah Rendah Gula yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Jika selama ini kebanyakan orang beranggapan buah adalah makanan yang paling sehat untuk diet, nyatanya tidak selalu begitu. Pasalnya ada beberapa jenis buah yang mengandung kadar gula tinggi. Alih-alih untuk menurunkan berat badan atau mengontrol gula darah, mengonsumsi buah yang tidak tepat justru akan menambah asupan gula dan kalori dalam tubuh. Itu sebabnya penting untuk mengetahui jenis buah rendah gula yang baik untuk menurunkan berat dan dan juga gula darah Anda.

Apa saja buah rendah gula yang baik untuk diet?

Berikut ini beberapa buah rendah gula yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi dalam membantu program penurunan berat badan dan mengontrol gula darah Anda. Akan tetapi jangan khawatir kebutuhan gizi Anda tidak tercukupi dengan konsumsi buah-buahan ini. Meski buah rendah gula, namun tetap mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan serat yang baik untuk tubuh.

1. Keluarga beri

Stroberi, raspberry, blackberry adalah keluarga buah yang rendah gula. Rata-rata kandungan gula dalam keluarga beri per 150 gram penyajian hanya 4–7 gram saja. Tidak hanya sebagai rendah gula, keluarga beri juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C nya sehingga memberikan pengaruh yang baik untuk kulit dan pencernaan Anda.

Akan tetapi, Anda perlu membatasi konsumsi buah blueberry. Tak seperti saudara beri yang lain, buah bulat berwarna biru gelap ini mengandung kadar gula yang paling tinggi di antara keluarga beri. Blueberry mengandung sekitar 15 gram per 150 gram takaran penyajiannya.

2. Semangka

Kandungan air dalam buah semangka yang mencapai 90 persen membuat buah ini sangat menyegarkan jika dikonsumsi ketika siang hari yang terik. Selain itu, nyatanya semangka menjadi buah yang disarankan banyak ahli kesehatan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya kaya akan kandungan airnya, semangka juga ternyata termasuk buah rendah gula yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam cangkir penuh semangka yang dipotong dadu memiliki kandungan gula di bawah 10 gram.

3. Alpukat

Mungkin banyak orang tidak pernah berpikir jika alpukat merupakan salah satu buah rendah gula. Meskipun alpukat sangat tinggi akan kandungan lemak sehatnya, nyatanya buah ini merupakan buah yang rendah gula, loh! Pasalnya alpukat rata-rata hanya mengandung sekitar gram kadar gula dalam buah utuh.

4. Kiwi

Kandungan vitamin C dalam buah hijau yang kecut ini memang sudah tidak diragukan lagi. Tapi tahukah Anda jika kiwi juga merupakan salah satu buah rendah gula? Pasalnya dalam satu buah kiwi utuh kadar gulanya hanya enam gram, loh! Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kiwi juga mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

5. Lemon dan jeruk nipis

Dibandingkan dengan jeruk, lemon dan jeruk nipis mengandung gula yang sangat sedikit, yaitu sekitar 1 – 2 gram gula dalam buah utuh ukuran sedang. Jadi, dua buah ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu campuran minuman Anda untuk membantu mengurangi nafsu makan Anda karena rasanya yang cukup asam.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Low-Carb Fruits With the Most and Least Sugar – https://www.verywell.com/low-carb-fruit-list-2242528 diakses pada 3 Agustus 2017

Low Sugar Fruits – http://www.livestrong.com/article/5375-lowsugar-fruits/ diakses pada 3 Agutus 2017

11 Best Low Sugar Fruits – http://www.healthline.com/health/best-low-sugar-fruits#4

The 5 Fruits With the Highest and Lowest Sugar Counts – http://www.womenshealthmag.com/food/high-low-sugar-fruits/slide/11 diakses pada 3 Agustus 2017

USDA food composition databases. (n.d.). https://ndb.nal.usda.gov/ndb/search/list

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari pada 21/08/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x