Semua orang pernah mengalami diare setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun. Diare bisa terjadi berhari-hari atau lebih, yang terkadang bisa hilang dengan sendirinya. Diare bisa sangat menganggu aktivitas Anda. Nah, ada baiknya Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat agar cepat sembuh seperti sedia kala. Apa saja makanan saat diare yang boleh dimakan? Simak jawabannya di artikel ini.

Makanan saat diare yang dianjurkan untuk dikonsumsi

Saat diare atau dalam proses pemulihan, Anda harus makan makanan yang mudah dicerna dan yang bisa membantu menyerap air dari feses. Berikut beberapa makanan yang aman dan baik dikonsumsi saat diare.

Makanan hambar

Saat diare, memerhatikan makanan yang Anda makan penting untuk membantu proses pemulihan berjalan lebih cepat. Salah satu makanan saat diare yang dianjurkan adalah makanan yang hambar, seperti pisang, nasi, roti, dan saus apel. Makanan hambar ini tidak akan memperburuk sistem pencernaan, dan juga membantu mengencangkan feses.

Makanan ini juga termasuk dalam pola makan BRAT yang merupakan singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), applesauce (saus apel, yaitu apel yang dihaluskan namun bukan dijus) dan toast (roti panggang).

Pola makan BRAT adalah salah satu jenis diet yang membatasi konsumsi dengan jenis makanan yang memiliki serat yang padat namun mudah dihaluskan, sehingga baik untuk organ pencernaan meskipun sedang mengalami peradangan.

Makanan-makanan ini bisa sangat membantu mengatasi diare Anda di hari pertama.

Probiotik

Makanan probiotik, seperti yogurt dan kefir, dapat membantu dalam beberapa kasus. Namun, dalam beberapa kasus probiotik dapat mengiritasi sistem pencernaan jika berlebihan.

Probiotik membantu pencernaan dengan meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus. Namun, produk susu dapat mengiritasi sistem pencernaan, sehingga Anda mungkin ingin mencoba sumber probiotik non-susu.

Sayuran yang tidak bergas

Saat Anda diare, Anda dianjurkan untuk makan sayuran untuk mengisi ulang nutrisi-nutrisi penting yang hilang saat Anda buang air besar berlebih. Beberapa contoh sayuran yang baik dikonsumsi saat diare adalah wortel, kacang hijau, buah bit, dan timun jepang.

Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi pilihan makanan saat diare yang baik untuk Anda. Oatmeal kaya serat larut yang dapat mengeraskan feses. Saat diare, Anda dapat mengombinasikan oatmeal dengan irisan pisang di atasnya untuk semakin mengurangi gejalanya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca