home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

17 Makanan Kaya Serat yang Paling Baik untuk Pencernaan

17 Makanan Kaya Serat yang Paling Baik untuk Pencernaan

Selain ampuh melancarkan buang air besar (BAB), makanan kaya serat berperan penting untuk pencernaan yang sehat. Zat gizi ini membantu menurunkan berat badan, menjaga jumlah bakteri baik dalam usus, dan diyakini dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Guna memperoleh berbagai manfaat tersebut, Anda bahkan cuma perlu menambahkan makanan kaya serat ke dalam menu harian. Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja makanan kaya serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Makanan kaya serat yang baik untuk pencernaan

makanan kaya serat untuk pencernaan

Serat biasanya identik dengan buah dan sayuran. Kedua bahan makanan ini memang merupakan sumber serat yang baik, tapi Anda pun bisa menemukan serat dari sumber lainnya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang unik karena tidak hanya tinggi karbohidrat dan serat, tapi juga lemak. Satu buah alpukat ukuran sedang seberat 100 gram mengandung 6,7 gram serat yang setara dengan 20 – 28% kebutuhan harian orang dewasa.

2. Raspberry

Makanan kaya serat lainnya yang baik untuk pencernaan adalah raspberry. Raspberry sebanyak 30 butir dapat memberikan tubuh asupan serat sebesar 8 gram, atau setara dengan 24 – 28% kebutuhan serat harian menurut angka kecukupan gizi.

3. Pir

Ada banyak sekali manfaat buah pir bagi kesehatan, salah satunya yaitu membantu mencukupi kebutuhan serat harian. Selain itu, buah bernama latin Pyrus communis ini juga mengandung vitamin B kompleks, kalium, natrium, dan protein dalam jumlah kecil.

4. Pisang

Buah pisang memang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 3,1 gram serat. Jumlah ini dapat mencukupi 9 – 11% kebutuhan serat harian orang dewasa.

5. Blackberry

Blackberry memang tidak begitu populer di Indonesia karena sulit dicari dan harganya cukup mahal. Namun, tak ada salahnya sekali-kali mencoba blackberry karena seratus gram buah ini dapat menyumbangkan 5,3 gram serat untuk tubuh Anda.

6. Kacang merah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kacang-kacangan termasuk makanan yang paling kaya akan zat gizi, terutama serat yang berguna untuk pencernaan. Contohnya, satu mangkuk kacang merah rebus bisa mengandung hingga 12,2 gram serat.

7. Kacang polong

Mulai bosan dengan kacang merah? Cobalah olahan dari kacang polong kupas. Bahan makanan ini dapat memenuhi hingga 50% kebutuhan serat harian karena kandungan seratnya mencapai 16,3 gram per 200 gram kacang matang.

8. Lentil

Lentil merupakan jenis kacang yang sering digunakan dalam sup dan hidangan India. Kacang bertekstur lunak ini juga tinggi protein dan karbohidrat sehingga bisa menjadi makanan pengganti nasi dan daging, terutama bagi Anda yang menjalani diet vegan.

9. Kacang arab

Masih berkerabat dengan lentil, kacang arab termasuk makanan kaya serat yang amat bermanfaat untuk pencernaan. Selain dapat memenuhi 44% kebutuhan serat harian, kacang arab juga memberikan tubuh asupan zat besi, fosfor, dan mangan.

10. Gandum

Seratus gram gandum bisa memenuhi sekitar 30% kebutuhan serat harian Anda. Selain itu, sebagian besar serat pada gandum berbentuk beta glucan. Serat larut air ini bisa membantu menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, dan menyehatkan jantung.

11. Almon

Almon mungkin merupakan salah satu makanan yang paling kaya akan zat gizi. Kacang ini mengandung lemak menyehatkan, vitamin E, magnesium, dan tentunya serat. Serat dalam tiga sendok makan almon bahkan bisa memenuhi 14% kebutuhan harian Anda.

12. Chia seeds

Berkat kandungan gizinya yang sangat beragam, chia sheeds dianggap termasuk superfood terbaik. Cukup dengan menaburkan 15 gram biji chia ke dalam hidangan favorit Anda, Anda bisa mendapatkan asupan serat sebanyak 5 gram.

13. Brokoli

Makanan yang satu ini amat bermanfaat untuk pencernaan karena kaya serat, vitamin, dan mineral. Namun, mengingat teknik pengolahan tertentu bisa mengurangi nilai gizi sejumlah sayuran, sebaiknya Anda mengolah brokoli dengan cara dikukus atau ditumis.

14. Kentang

Kentang merupakan sumber serat tak larut berupa pektin, selulosa, dan hemiselulosa. Selain itu, kentang juga mengandung jenis serat yang disebut pati resisten. Serat ini dapat menjadi makanan bagi bakteri baik yang menjaga kesehatan usus Anda.

15. Quinoa

Konsumsi quinoa semakin populer seiring kian maraknya gaya hidup sehat. Faktanya, makanan ini memang kaya zat gizi, terutama serat yang baik untuk pencernaan. Untuk memperoleh manfaatnya, cobalah mengolah quinoa menjadi makanan yang beragam.

16. Popcorn

Popcorn rupanya bukan sekadar camilan untuk nonton film. Seratus gram popcorn bisa memenuhi 43 – 50% kebutuhan serat harian Anda. Agar asupan gizi Anda seimbang, usahakan memilih popcorn yang tidak banyak mengandung gula atau mentega.

17. Beras merah

Secara umum, kandungan gizi beras merah memang lebih baik daripada beras putih. Semangkuk kecil beras merah mengandung 1,1 gram serat, jauh lebih tinggi dari beras putih yang hanya 0,2 gram. Selain itu, beras merah juga kaya protein dan mineral.

Makanan kaya serat memiliki peran penting untuk kesehatan pencernaan. Sayangnya, banyak orang belum memenuhi kebutuhan seratnya sekalipun zat gizi ini bisa diperoleh dengan mudah dari makanan sehari-hari.

Anda bisa mulai memenuhi kebutuhan serat dengan menambahkan berbagai makanan di atas ke dalam menu harian. Cobalah gunakan secara bergiliran supaya Anda tidak cepat bosan dan Anda mendapatkan makanan yang beraneka ragam.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to get more fibre into your diet. (2018). Retrieved 15 March 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/how-to-get-more-fibre-into-your-diet/

Chart of high-fiber foods. (2021). Retrieved 15 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/high-fiber-foods/art-20050948

22 High Fiber Foods You Should Eat. (2020). Retrieved 15 March 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/22-high-fiber-foods

Dietary fibre. (2018). Retrieved 15 March 2021, from https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/basics/fibre.html

Othman, R., Moghadasian, M., & Jones, P. (2011). Cholesterol-lowering effects of oat β-glucan. Nutrition Reviews, 69(6), 299-309. https://doi.org/10.1111/j.1753-4887.2011.00401.x

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 09/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro