home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Sehat Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Selain Minum Air Putih

6 Cara Sehat Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Selain Minum Air Putih

Pernahkah Anda mendengar anjuran untuk minum 8 gelas air putih sehari? Walaupun mungkin untuk sebagian orang hal tersebut mudah dilakukan, ternyata masih banyak pula yang merasa kebiasaan ini sulit dijalani. Beberapa faktor seperti kesibukan atau tidak suka minum air putih terlalu banyak berpengaruh pada kondisi ini. Untungnya, masih ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh tanpa harus minum air putih. Apa saja, ya?

Mengapa kita harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh?

Penting untuk Anda ketahui bahwa kebutuhan cairan tubuh harus senantiasa terpenuhi. Apabila tubuh Anda kekurangan cairan, risiko untuk mengalami dehidrasi dapat meningkat.

Dehidrasi dapat diperburuk dengan cuaca panas, musim kemarau, atau tinggal di daerah beriklim tropis. Tubuh Anda lebih mudah berkeringat dan mengeluarkan lebih banyak elektrolit. Elektrolit adalah komponen bermuatan positif dan negatif di dalam tubuh Anda.

Kadar elektrolit yang tidak seimbang pada tubuh berisiko menyebabkan gangguan atau masalah pada tubuh, seperti fungsi sistem saraf, otak, dan otot.

Oleh karena itu, memiliki tubuh yang selalu terhidrasi akan memberikan manfaat yang berlimpah. Menurut Dr. John Batson, seperti yang dikutip dari Heart.org, kesehatan jantung akan terjaga apabila kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi. Jantung Anda tidak perlu bekerja lebih keras jika Anda terhidrasi.

Selain itu, tubuh dengan cairan yang cukup dan elektrolit yang seimbang akan terhindar dari risiko tekanan darah rendah, masalah jantung, serta gangguan ginjal.

Cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh selain dengan minum air putih

Minum air putih memang merupakan cara paling sederhana untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, terdapat banyak alternatif yang bisa Anda coba agar tubuh Anda tetap terhidrasi selain dengan minum air putih.

1. Makan buah-buahan dengan kandungan air tinggi

Terdapat banyak sekali pilihan buah yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh .Anda dapat memakannya secara langsung, dipotong-potong, atau diolah dalam bentuk jus.

Buah-buahan yang Anda pilih harus memiliki kandungan air yang tinggi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Semangka
  • Jeruk
  • Stroberi
  • Melon

2. Minum susu skim

Berdasarkan sebuah studi oleh McMaster University, Kanada, susu skim terbukti lebih efektif dibanding dengan air dalam mengembalikan cairan pada tubuh sehabis berolahraga atau terpapar cuaca panas.

Hal ini dikarenakan susu skim mengandung protein dan elektrolit yang membantu tubuh kembali terhidrasi. Selain itu, susu skim juga kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mengembalikan energi Anda.

3. Mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak air

Selain dengan buah-buahan, cara lain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda adalah mengonsumsi sayuran yang kaya akan air.

Berikut adalah beberapa jenis sayur yang dapat Anda coba dan tambahkan dalam menu makanan Anda sehari-hari:

  • Selada
  • Timun
  • Zucchini
  • Seledri
  • Tomat
  • Paprika
  • Kembang kol

4. Minum air kelapa

Selain minum air putih, Anda dapat mencoba air kelapa sebagai cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air kelapa adalah minuman yang bernutrisi dan dapat menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

Tidak hanya karena kandungan airnya sangat tinggi, air kelapa juga mengandung elektrolit yang dapat mengembalikan cairan tubuh Anda.

5. Campurkan air putih dengan potongan buah

Jika Anda termasuk orang-orang yang kesulitan minum air putih karena rasanya yang tawar, Anda dapat menambahkan potongan buah-buahan. Cara ini dapat membantu memberikan rasa segar pada air putih Anda.

Anda dapat menggunakan potongan atau irisan jeruk, lemon, jeruk limau, atau stroberi. Lebih serunya lagi, Anda dapat mencampurkan semua jenis buah-buahan untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

6. Makan makanan dalam bentuk cair seperti sup

Cara berikutnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah makan makanan yang mengandung banyak cairan, seperti sup atau kuah. Anda dapat menambahkan bahan-bahan yang bernutrisi ke dalam sup, seperti brokoli, tomat, bawang, dan wortel.

Selain menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, makan sup dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated. https://www.healthline.com/nutrition/19-hydrating-foods#section9. Accessed September 4, 2019.

Electrolytes: Definition, Functions, Imbalance and Sources. https://www.healthline.com/nutrition/electrolytes. Accessed September 4, 2019.

Effect of milk consumption on rehydration in youth following exercise in the heat. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25171815. Accessed September 4, 2019.

10 Healthy Ways to Increase Your Fluid Intake. https://www.roswellpark.org/cancertalk/201805/10-healthy-ways-increase-your-fluid-intake. Accessed September 4, 2019.

Staying Hydrated – Staying Healthy. https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/staying-hydrated-staying-healthy. Accessed September 4, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x