Mengapa Orang Bisa Ketakutan Sampai Pingsan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ketika terkejut atau merasa luar biasa takut, beberapa orang bisa tiba-tiba pingsan dan tak sadarkan diri. Reaksi ini memang bisa bikin panik orang-orang di sekitarnya. Padahal reaksi ini cukup umum terjadi, lho. Sebenarnya bagaimana bisa seseorang pingsan karena ketakutan atau terkejut? Apakah artinya ada masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan? Ini dia ulasan lengkapnya.

Mengapa seseorang bisa pingsan karena ketakutan?

Pingsan atau hilang kesadaran juga dikenal dengan istilah medis yaitu sinkop. Penyebab pingsan adalah berkurangnya aliran darah menuju otak secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan Anda hilang kesadaran dan kendali atas tubuh Anda sendiri.

Reaksi tubuh yang ekstrem ini bisa terjadi kalau Anda menghadapi situasi yang benar-benar menegangkan, menakutkan, mengancam, atau mengagetkan. Jadi pingsan sebenarnya adalah reaksi atas emosi negatif yang berlebihan. Dalam ranah medis, pingsan yang disebabkan oleh emosi yang intens dikenal juga dengan istilah vasovagal sinkop.

Saat Anda tiba-tiba merasakan suatu emosi negatif seperti ketakutan yang luar biasa, sistem saraf dalam otak Anda jadi kacau. Padahal sistem saraf bertugas untuk mengatur berbagai fungsi organ di seluruh tubuh.

Karena gangguan sistem saraf tersebut, detak jantung jadi melambat dan pembuluh darah di kaki Anda melebar. Darah Anda pun mengalir turun ke kaki sehingga tekanan darah menurun secara mendadak. Sebab itu, otak jadi tidak mendapat asupan darah dan oksigen yang cukup. Inilah yang membuat Anda jatuh pingsan.

saat-tubuh-merasa-takut

Berbagai pemicu pingsan karena ketakutan

Cara kerja tubuh setiap orang berbeda-beda. Maka itu, pemicu pingsan karena ketakutan atau vasovagal sinkop juga ada berbagai macam. Ada yang takut melihat darah, takut ketinggian, atau takut disuntik. Bisa juga karena Anda mengidap fobia tertentu. Misalnya fobia ruang sempit dan fobia sosial.

Selain karena takut, rasa cemas, gugup, dan stres berlebihan juga bisa membuat orang pingsan tiba-tiba. Kasus ini sering dialami oleh calon pengantin yang sangat gugup dan stres menjelang hari pernikahannya. Atau ada juga orang yang begitu cemas menghadapi ujian kenaikan pangkat atau tes masuk universitas sampai pingsan.

Tanda-tanda mau pingsan karena ketakutan

Biasanya sebelum seseorang pingsan karena ketakutan ada beberapa gejala yang bisa diamati. Berikut adalah tanda-tanda mau pingsan karena takut atau kaget.

  • Kulit pucat
  • Berkunang-kunang
  • Penglihatan mengerucut atau menyempit
  • Penglihatan kabur
  • Muncul keringat dingin
  • Mual

Apakah artinya ada penyakit tertentu?

Pingsan karena ketakutan biasanya tidak menandakan gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Biasanya kondisi ini juga tidak membahayakan. Kecuali kalau Anda pingsan saat mengemudi atau jatuh di tangga misalnya. Anda berisiko mengalami cedera serius.

Namun, kalau Anda sudah sering pingsan karena ketakutan atau panik, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Anda mungkin saja mengidap gangguan cemas (generalized anxiety disorder). Apalagi kalau Anda pernah punya riwayat penyakit jantung.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penyakit pada Kuku yang Perlu Diwaspadai

Penyakit kuku, mulai dari penampakannya yang aneh atau sekadar mudah patah, bisa berarti ada masalah juga pada kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Tiara Putri
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit