Definisi

Apa itu hamil anggur (mola hidatidosa)?

Hamil anggur, sering juga disebut molar pregnancy atau mola hidatidosa adalah tumor nonkanker (jinak) yang tumbuh pada rahim. Hamil anggur terjadi saat telur yang dibuahi yang semestinya menjadi janin, bertumbuh sebagai kista yang tidak normal pada rahim Anda. Walau bukan embrio bayi, pertumbuhan kista ini tetap akan memicu gejala-gejala kehamilan, sehingga banyak penderitanya mengira ia sedang hamil. Kondisi ini fatal dan memerlukan penanganan segera.

Seberapa umumkah hamil anggur (mola hidatidosa)?

Frekuensi terjadinya hamil anggur berbeda-beda, tergantung pada area geografis dan kelompok etnis. Di Indonesia, kondisi ini terjadi di sekitar 1 dari 500 kehamilan. Risiko meningkat pada awal dan akhir usia reproduktif wanita, di mana masa awal remaja dan pramenopause berisiko paling tinggi. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala hamil anggur (mola hidatidosa)?

Gejala umum dari hamil anggur adalah:

  • Perdarahan di vagina berwarna coklat tua hingga merah terang pada trimester pertama
  • Mual dan muntah parah
  • Rasa sakit atau tekanan pada pelvis
  • Rahim yang lebih besar dari biasanya
  • Tanda-tanda hipertiroidisme, seperti perasaan gugup atau lelah, detak jantung cepat dan tidak teratur, banyak berkeringat
  • Kista di saluran vagina yang menyerupai anggur.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Pertumbuhan rahim yang cepat – rahim terlalu besar untuk tahap kehamilan
  • Tekanan darah tinggi yang tidak normal
  • Munculnya protein di urin setelah 20 minggu kehamilan
  • Kista ovarian
  • Anemia
  • Hipertiroidisme, termasuk perasaan sangat gugup, keringat berlebih atau metabolisme yang cepat pada tubuh.

Penyebab

Apa penyebab hamil anggur (mola hidatidosa)?

Hamil anggur disebabkan sel telur abnormal yang dibuahi malah menjadi tumor, bukannya janin. Ada 2 jenis kehamilan anggur: komplit dan sebagian.

Kehamilan molar komplit. Sel telur tanpa informasi genetik dibuahi oleh sperma. Sel telur tidak menjadi janin karena tidak memiliki sistem genetik lengkap, namun bertumbuh sebagai jaringan abnormal dan terlihat seperti gumpalan anggur yang memenuhi rahim.

Kehamilan anggur sebagian. Sel telur dibuahi 2 sperma, mengandung 2 informasi genetik, sehingga tidak normal. Janin yang terbentuk kemungkinan memiliki cacat.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk hamil anggur (mola hidatidosa)?

Ada banyak faktor risiko untuk hamil anggur, yaitu:

  • Usia. Hamil anggur lebih rawan terjadi pada wanita di atas 35 tahun atau di bawah 20 tahun.
  • Hamil anggur sebelumnya. Jika Anda pernah mengalami hamil anggur sebelumnya, Anda memiliki kemungkinan mengalaminya lagi. Kehamilan anggur berulang terjadi, rata-rata, pada 1 hingga 2 dari 100 wanita.
  • Riwayat keguguran.
  • Kekurangan karoten. Karoten adalah bentuk dari vitamin A. Wanita yang tidak mendapatkan cukup vitamin A memiliki risiko lebih tinggi mengalami hamil anggur komplit.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mendiagnosis hamil anggur (mola hidatidosa)?

 

Dokter dapat mengonfirmasi kehamilan anggur dengan:

  • Pemeriksaan pelvis
  • Tes darah untuk mengukur hormon kehamilan Anda
  • Ultrasound standar pada jaringan di area perut dan pelvis.

Bagaimana cara menangani hamil anggur (mola hidatidosa)?

Mola hidatidosa perlu diangkat melalui beberapa pilihan prosedur. Prosedur pertama yaitu pelebaran dan kuretase dengan alat vakum. Jika jaringan molar lebih tersebar dan tidak ada rencana untuk kehamilan di masa mendatang, pengangkatan rahim (histerektomi) mungkin direkomendasikan.

Setelah operasi, kadar human chorionic gonadotropin dalam darah diukur untuk menentukan apakah mola hidatidosa telah terangkat sepenuhnya. Kemungkinan diperlukan monitoring lanjutan selama 6 bulan hingga 1 tahun. Anda juga perlu mengonsultasikan dengan dokter sebelum merencanakan kehamilan lagi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hamil anggur (mola hidatidosa)?

Jika Anda pernah mengalami hamil anggur, konsultasikan dengan dokter sebelum mengusahakan kehamilan lagi. Dokter mungkin merekomendasikan untuk menunggu selama 6 bulan hingga 1 tahun sebelum mengusahakan kehamilan.

Selama kehamilan berikutnya, dokter dapat melakukan ultrasound awal untuk mengawasi kondisi dan memastikan pertumbuhan yang normal.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016