home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Makanan Terbaik yang Bantu Pulihkan Tubuh Setelah Olahraga

7 Makanan Terbaik yang Bantu Pulihkan Tubuh Setelah Olahraga

Olahraga akan memberikan manfaat yang optimal bila ditunjang oleh asupan gizi yang memadai. Makan makanan yang tepat setelah olahraga tidak hanya akan memulihkan energi, tapi juga membangun massa otot dan mempersiapkan tubuh untuk sesi olahraga berikutnya.

Dari berbagai makanan menyehatkan yang ada, apa saja yang sebaiknya Anda makan usai berolahraga?

Makanan terbaik setelah olahraga

Setelah berolahraga, tubuh Anda membutuhkan makanan kaya karbohidrat, protein, dan lemak. Pasalnya, ketiga zat gizi inilah yang memberikan energi bagi tubuh sehingga Anda dapat menjalani aktivitas seperti semula.

Berikut beberapa makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi.

1. Telur rebus

Telur mengandung semua zat gizi yang Anda butuhkan selama pemulihan. Bagian putih telur kaya akan protein yang bermanfaat untuk membentuk otot. Sementara itu, kuning telur merupakan sumber lemak menyehatkan, vitamin, dan mineral.

Selain menyediakan energi secara langsung, makan telur juga membantu pembentukan energi dalam tubuh Anda. Ini karena telur mengandung vitamin B kompleks, dan salah satu fungsinya yakni membantu proses pembentukan energi dari makanan.

2. Roti gandum utuh

Makanan lainnya yang cocok dikonsumsi setelah olahraga yakni roti. Namun, Anda pun tidak boleh asal memilih roti. Pilihlah roti gandum utuh dengan karbohidrat kompleks yang dapat memulihkan energi dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Tidak hanya karbohidrat, roti gandum utuh juga mengandung protein, serat, vitamin B kompleks, dan mineral. Semua zat gizi ini membantu meningkatkan energi dan bahkan berpotensi mempercepat metabolisme setelah berolahraga.

3. Buah-buahan

Makan buah-buahan seperti pisang, buah berry, dan apel setelah olahraga bisa menjadi cara mudah untuk mengembalikan energi setelah berolahraga. Pasalnya, buah-buahan kaya akan vitamin, antioksidan, mineral, dan gula alami yang menyediakan energi.

Menurut sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Nutrients, kandungan karbohidrat pada pisang juga membantu tubuh dalam menggunakan protein dengan lebih baik. Hasilnya, otot Anda akan pulih lebih cepat, khususnya setelah menjalani olahraga ketahanan otot.

4. Ubi jalar

Siapa sangka, ubi jalar termasuk dalam jajaran makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Seperti halnya nasi, oat, dan kentang, ubi jalar mengandung karbohidrat yang dapat memulihkan stamina dan menyediakan cadangan energi selama beraktivitas.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung banyak kalium. Kalium berperan penting dalam fungsi otot dan saraf serta keseimbangan elektrolit. Bagi orang yang aktif berolahraga, asupan kalium sangatlah penting untuk mendukung keberhasilan program.

5. Dada ayam panggang

Dada ayam mengandung protein berkualitas tinggi yang membantu membangun dan menjaga massa otot. Manfaat ini khususnya akan lebih terasa saat dipadukan dengan latihan ketahanan otot seperti angkat beban, bersepeda, atau push-up dan sit-up.

Dada ayam juga mengandung vitamin B, vitamin D, zat besi, dan kalsium yang amat penting dalam perkembangan otot. Anda bahkan tak perlu takut bertambah berat badan karena semua zat gizi ini tersimpan dalam potongan daging ayam yang rendah kalori.

6. Greek yogurt

Apabila Anda mencari makanan yang cukup ringan untuk dikonsumsi setelah olahraga, cobalah Greek yogurt. Beda dengan yogurt pada umumnya, Greek yogurt mengandung lebih sedikit gula dengan manfaat yang lebih banyak.

Menurut sebuah studi pada 2015, makan Greek yogurt mungkin bisa meningkatkan laju pembakaran kalori. Diimbangi pola makan sehat, konsumsi produk susu ini mungkin saja mendukung keberhasilan program olahraga untuk menurunkan berat badan.

7. Alpukat

Alpukat merupakan makanan yang baik dikonsumsi usai berolahraga karena kaya zat gizi, khususnya lemak. Meski lemak identik dengan kenaikan berat badan, kandungan lemak menyehatkan pada alpukat justru bermanfaat bagi orang-orang yang aktif.

Lemak pada buah ini mungkin tidak menyediakan energi secara langsung, tetapi Anda akan mendapatkan cadangan energi yang cukup. Dengan adanya cadangan energi ini, Anda bisa lekas pulih dan siap menjalani sesi olahraga selanjutnya.

Makanan yang Anda pilih setelah olahraga dapat membantu proses pemulihan tubuh dan pembentukan otot. Oleh sebab itu, pilihlah makanan kaya karbohidrat, protein, dan lemak menyehatkan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda setelah aktif bergerak.

Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum sedikitnya dua liter air setiap hari. Olahraga akan menguras cairan tubuh Anda lewat keringat. Asupan cairan akan menjaga tubuh tetap segar dan melindungi Anda dari dehidrasi.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Exercise and Best Foods to Eat Afterward – Healthline. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://www.healthline.com/health-news/what-are-the-best-foods-to-eat-after-an-intense-workout

Post-Workout Nutrition: What to Eat After a Workout – Healthline. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/eat-after-workout

10 Amazing Health Benefits Of Eggs – Australian Eggs. (2019). Retrieved 3 June 2021, from https://www.australianeggs.org.au/nutrition/health-benefits

Potassium and the Diet – 9.355 – Extension – Colorado State University. (2021). Retrieved 3 June 2021, from https://extension.colostate.edu/topic-areas/nutrition-food-safety-health/potassium-and-the-diet-9-355/

Mata, F., Valenzuela, P. L., Gimenez, J., Tur, C., Ferreria, D., Domínguez, R., Sanchez-Oliver, A. J., & Martínez Sanz, J. M. (2019). Carbohydrate Availability and Physical Performance: Physiological Overview and Practical Recommendations. Nutrients, 11(5), 1084. doi: 10.3390/nu11051084

Kerstetter, J., Kenny, A., & Insogna, K. (2011). Dietary protein and skeletal health: a review of recent human research. Current Opinion In Lipidology, 22(1), 16-20. doi: 10.1097/mol.0b013e3283419441

Bosse, J., & Dixon, B. (2012). Dietary protein to maximize resistance training: a review and examination of protein spread and change theories. Journal Of The International Society Of Sports Nutrition, 9(1). doi: 10.1186/1550-2783-9-42

Leidy, H., Clifton, P., Astrup, A., Wycherley, T., Westerterp-Plantenga, M., & Luscombe-Marsh, N. et al. (2015). The role of protein in weight loss and maintenance. The American Journal Of Clinical Nutrition, 101(6), 1320S-1329S. doi: 10.3945/ajcn.114.084038

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi pada 31/08/2016
x