Apakah Greek Yogurt Memang Lebih Sehat dari Yogurt Biasa?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Baik greek yogurt dan regular yogurt dalam bentuk tanpa rasa, tidak berlemak atau rendah lemak, bisa menjadi pilihan dari makanan sehat Anda. Keduanya mengandung protein, kalsium dan probiotik. Namun, manakah yang lebih sehat? Berikut perbandingan kandungan nutrisi antara kedua jenis yogurt ini.

Kandungan nutrisi greek yogurt vs yogurt biasa

Protein

Greek yogurt mengandung protein tinggi, yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam 6 ons greek yogurt terkandung 15 sampai 20 gram protein, jumlah ini sama dengan 2 sampai 3 ons daging tanpa lemak. Inilah kenapa yogurt jenis ini sering jadi pilihan para vegetarian untuk menggantikan protein dari daging.

Bandingkan dengan yogurt biasa yang hanya menghasilkan 9 gram protein, yang berarti memungkinkan Anda lebih cepat lapar.

Karbohidrat

Greek yogurt merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk diet rendah karbohidrat. Kandungan gulanya lebih rendah (sekitar 5-8 gram, dibandingkan dengan 12 gram atau lebih) daripada yogurt biasa, namun tetap memiliki kadar vitamin dan mineral yang tinggi.

Greek yogurt tidak mengandung beberapa gula susu dan laktosa, sehingga membuat yogurt ini cenderung tidak mengganggu Anda yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleransi laktosa). Namun, bagaimanapun kedua yogurt ini mengandung karbohidrat dalam jumlah besar jika difermentasi dengan gula atau zat pemanis lainnya.

Natrium

Satu porsi greek yogurt rata-rata mengandung 50 miligram natrium, yaitu hanya sekitar setengah dari jumlah pada yogurt biasa. Kandungan natrium yang rendah ini baik, karena jika terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko masalah jantung lainnya.

Jadi, lebih baik makan greek yogurt atau yogurt biasa saja?

Popularitas greek yogurt melonjak beberapa tahun belakangan ini, dan dengan alasan yang bagus. Greek yogurt bertekstur tebal, creamy, dan asam karena melalui proses penyaringan fermentasi.

Jika Anda mengonsumsi greek yogurt yang plain alias tanpa rasa, kandungan gulanya memang lebih rendah dari yogurt biasa. Namun, yogurt yang biasa memiliki kandungan mineral kalsium untuk penguat tulang dua kali lebih banyak dari greek yoghurt. Greek yogurt juga biasanya lebih mahal dari yogurt biasa dikarenakan lebih banyak susu yang dipakai dalam pembuatannya.

Kemudian ada juga dampak lingkungan dari efek sisa fermentasi produksi greek yogurt. Ketika yogurt disaring, sisa fermentasi dari susu (disebut juga “asam” sisa fermentasi karena pH-nya yang rendah) akan tertinggal. Sisa fermentasi ini dapat dijual kepada para petani ataupun peternak sebagai tambahan pangan ternak, dan bisa juga digunakan sebagai penyubur tanah, bahkan bisa diolah menjadi sumber energi listrik.

Tetapi karena produksi greek yogurt meningkat tajam beberapa tahun belakangan ini, terdapat kekhawatiran bahwa para petani tidak akan mampu mengatasi kelebihan sisa fermentasi yang diproduksi.

Yogurt dapat menjadi pilihan yang sehat, apapun yang Anda pilih, baik greek atau yang biasa. Keduanya memiliki protein, kalsium dan probiotik. Pilihlah yogurt tanpa rasa yang rendah lemak atau tanpa lemak. Jika Anda ingin sedikit rasa manis, tambahkan buah segar atau satu sendok teh madu.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan yang enak, gurih, dan lebih sehat. Simak beragam resep membuat bakwan yang mudah berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Resep Sehat, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Doyan Minum Bubble Tea

Boleh saja minum bubble tea, tapi kalau terlalu sering, waspada bahayanya bagi kesehatan. Bagaimana agar tetap sehat meski doyan bubble tea?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mie Instan atau Nasi: Mana yang Bikin Lebih Cepat Gemuk?

Saat ingin menjaga atau menurunkan berat badan, Anda mungkin bingung memilih mana yang lebih baik: nasi putih atau mie instan. Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 20 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

3 Jenis Nutrisi untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat

Menambah berat badan tak hanya asal makan yang banyak, tapi perhatikan juga nutrisi dari makanan yang Anda makan. Lalu apa saja nutrisi yang diperlukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Tips Berat Badan Turun 20 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat belimbing

9 Manfaat Kesehatan dari Makan Buah Belimbing

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
daging angsa

Belum Banyak Diketahui, Inilah Manfaat Daging Angsa dan Kandungan Gizinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit