home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Macam Olahraga yang Aman untuk Anda Lakukan Malam Hari

5 Macam Olahraga yang Aman untuk Anda Lakukan Malam Hari

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh. Banyak orang memilih olahraga malam untuk menghindari panas terik matahari atau tidak punya waktu luang saat pagi hingga sore hari. Lalu, apa saja macam-macam olahraga malam yang bisa Anda lakukan? Agar aman, apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan?

Macam-macam olahraga malam hari yang aman untuk Anda lakukan

Banyak kalangan masih ragu akan efek olahraga malam sebelum tidur. Padahal, menurut studi pada Journal Of Sleep Research menunjukkan olahraga malam dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak mengganggu kualitas tidur seseorang. Olahraga pada malam bahkan bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Selain itu, berolahraga malam juga mencegah Anda dari risiko serangan panas (heat stroke) ketika melakukan aktivitas fisik di bawah panas terik matahari. Namun, kegiatan ini tak bisa Anda lakukan sembarangan. Salah-salah, Anda justru kelelahan atau malah cedera yang bisa berimbas pada kualitas tidur Anda.

Di bawah ini macam-macam olahraga malam hari yang cenderung aman untuk Anda lakukan.

1. Yoga

pose yoga di malam hari

Yoga merupakan salah satu olahraga yang terbilang cukup aman Anda lakukan pada malam hari. Gerakan yoga bisa membantu melepaskan lelah dan membuat tubuh serta pikiran rileks sebelum Anda bersiap tidur. Anda bisa melakukan pose yoga yang mudah dan sederhana, seperti child’s pose atau forward fold.

Anda tak perlu berolahraga dengan matras, cukup berlatihlah di atas kasur. Selain bermanfaat untuk menghilangkan penat, jenis olahraga malam hari ini juga bisa melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

2. Jalan santai

Jika Anda tak begitu suka yoga, jalan kaki bisa menjadi salah satu alternatif olahraga malam hari yang sama amannya. Terlebih jika Anda jarang bergerak pada siang hari, berjalan kaki selama 30 menit pada malam hari bisa jadi pilihan olahraga yang cukup memadai.

Ada banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik maupun mental Anda, mulai dari membantu menurunkan berat badan, melawan stres dan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum beranjak tidur.

3. Fitness

Pilihan berikutnya adalah melakukan fitness, latihan angkat beban, atau latihan kekuatan di gym setelah pulang bekerja. Banyak kalangan pada masa kini yang mengatur waktu untuk olahraga setelah bekerja atau melakukan rutinitas hariannya. Namun, sebaiknya hal ini Anda lakukan dengan intensitas yang ringan.

Jaspal Singh, MD, dokter spesialis tidur dari Carolinas HealthCare System seperti dikutip dari Men’s Journal mengatakan, suhu tubuh yang meningkat selama olahraga dan kemudian turun kembali selama pendinginan, bisa membantu Anda tertidur lebih nyenyak.

4. Tai chi

tai chi untuk pemula

Tai chi adalah gabungan seni dan olahraga kebugaran yang bertujuan melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan taichi menyerupai aliran air yang tenang. Itulah mengapa orang yang berlatih tai chi akan perlahan-lahan memasuki kondisi yang sangat rileks layaknya sedang bermeditasi.

Nah, jika Anda melakukan olahraga ini pada malam hari, tubuh akan merasakan manfaat gerakan tai chi, antara lain memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak, dan tubuh pun jadi lebih rileks.

5. Latihan pernapasan

Jika sudah merasa sangat lelah untuk melakukan macam-macam olahraga malam hari seperti di atas, latihan pernapasan nyatanya juga bisa memberikan manfaat maksimal sebelum Anda terlelap. Latihan pernapasan dalam bisa Anda lakukan sambil berbaring di tempat tidur atau duduk tegak sehingga kondisi tulang punggung lurus.

Lakukan pernapasan perut dengan menarik napas dalam, lambat, dan berkelanjutan. Tarik napas perlahan, tahan, dan buang napas secara perlahan pula. Latihan pernapasan membuat pikiran Anda rileks untuk beristirahat dan mempersiapkan aktivitas pada hari berikutnya.

Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum berolahraga malam hari

Olahraga malam hari sebetulnya tidak dilarang, namun Anda disarankan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini agar aman dan menghindari risiko cedera olahraga.

  • Mengatur waktu. Sebaiknya Anda melakukan aktivitas olahraga 3 sampai 4 jam sebelum waktu tidur. Olahraga berdekatan dengan waktu tidur justru akan membuat Anda sulit tidur. Hal ini karena tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang akan meningkatkan semangat Anda selama berolahraga.
  • Menurunkan durasi dan intensitas. Anda perlu melambatkan ritme olahraga dari biasanya. Macam-macam olahraga malam hari perlu Anda lakukan dengan kecepatan dan daya yang jauh lebih lambat, agar tubuh mudah mengatur detak jantung, irama pernapasan, dan menjaga kadar hormon tetap normal.
  • Pemanasan dan pendinginan. Jangan lupakan kedua hal ini sebelum dan setelah berolahraga. Hal ini sangat berguna untuk mengendurkan otot, menjaga sirkulasi darah, dan membantu Anda mempersiapkan tidur lebih nyenyak.

Jika menargetkan peningkatan kualitas tidur setelah olahraga malam hari, jangan lupa menerapkan sleep hygiene. Dalam melakukannya, Anda bisa membatasi konsumsi makan dan minum sebelum tidur, menaati jadwal tidur, dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

Berolahraga malam hari bukan tanpa risiko. Kelelahan akibat aktivitas pada siang hari jadi hal lain yang perlu Anda perhatikan. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak melampaui batas kemampuan atau segera istirahat jika tubuh sudah tidak kuat berolahraga.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cartner, M. (2014). Will Working Out At Night Really Wreck Your Sleep?. Prevention. Retrieved 5 October 2017, from https://www.prevention.com/health/sleep-energy/a20469001/should-you-exercise-at-night/

Peloquin, A. The Pros and Cons of Working Out at Night / Fitness. Fitday.com. Retrieved 5 October 2017, from https://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/the-pros-and-cons-of-working-out-at-night.html

Boldt, A. (2014). Is Yoga Best at Night or in Early Morning?. Livestrong.com. Retrieved 5 October 2017, from https://www.livestrong.com/article/416923-is-yoga-best-at-night-or-in-early-morning/

Bodian, C., & Maloney, L. (2014). Bring Some Calm to Your Day With These 3 Tai Chi Moves for Beginners. Livestrong.com. Retrieved 5 October 2017, from https://www.livestrong.com/article/431042-tai-chi-basic-steps-for-beginners/

Should You Meditate Before You Sleep? – The Pros & Cons Explained. Sleep Advisor. Retrieved 3 May 2021, from https://www.sleepadvisor.org/meditate-before-sleep/

Smith, B. 6 Exercises to Help You Fall Asleep Faster at Night. Men’s Journal. Retrieved 3 May 2021, from https://www.mensjournal.com/health-fitness/6-exercises-help-you-fall-asleep-faster-night/

Myllymäki, T., Kyröläinen, H., Savolainen, K., Hokka, L., Jakonen, R., & Juuti, T. et al. (2011). Effects of vigorous late-night exercise on sleep quality and cardiac autonomic activity. Journal Of Sleep Research, 20(1pt2), 146-153. https://doi.org/10.1111/j.1365-2869.2010.00874.x

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 23/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan