home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga Selain Air Putih

5 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga Selain Air Putih

Anda mungkin ingin minum selain air putih setelah berolahraga untuk menyegarkan badan kembali. Namun, tentunya minuman yang Anda konsumsi harus tetap memiliki nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Lantas, apa saja pilihan minuman yang baik setelah olahraga?

Beragam minuman yang baik setelah olahraga

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air saat penting saat berolahraga. Hal ini perlu Anda lakukan sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik ini.

American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga. Tetaplah minum sekitar 1/2-1 cangkir air selama berolahraga.

Hal yang sama juga perlu dilakukan bahkan setelah berolahraga. Anda disarankan meminum sekitar 2-3 cangkir air untuk setiap 0,5 kilogram berat badan yang hilang.

Melansir penjelasan NHS UK, Anda juga bisa minum minuman olahraga apabila melakukan olahraga intensitas tinggi atau berlangsung lebih dari satu jam.

Minuman olahraga ini cukup efektif untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan memberikan sedikit energi bagi tubuh.

Jika bosan dengan air putih dan minuman olahraga, berikut ini adalah rekomendasi minuman setelah olahraga yang bernutrisi dan dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

1. Air dengan perasan lemon

air lemon

Minum air putih biasa mungkin terasa tawar dan membosankan. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menambahkan sedikit perasan lemon untuk memberikan sensasi menyegarkan.

Air dengan perasan lemon atau lemon water mengandung vitamin C dan flavonoid. Keduanya memiliki efek antioksidan kuat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Banyak minum air putih yang rendah kalori dapat meningkatkan rasa kenyang dan melancarkan metabolisme. Hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Susu cokelat

Sejumlah studi menunjukkan manfaat minum susu setelah berolahraga, terutama susu cokelat yang mengandung karbohidrat dua kali lebih banyak dari susu putih biasa.

Asupan karbohidrat dapat membantu menggantikan cadangan kalori (glikogen) yang hilang selama berolahraga. Protein susu juga membantu memulihkan otot tubuh yang kelelahan.

Kandungan mineral penting dalam susu, seperti kalsium, kalium, dan magnesium juga bisa membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh.

Alhasil, susu cokelat bisa Anda jadikan salah satu pilihan minuman yang baik setelah olahraga.

3. Smoothie

Buah pisang tergolong makanan terbaik setelah olahraga. Jenis buah yang mudah ditemukan ini dapat Anda jadikan smoothie yang lebih segar dan mudah dicerna.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa buah pisang membantu tubuh dalam memulihkan kondisi otot, terutama setelah menjalani latihan kekuatan otot.

Hal ini berkat kandungan karbohidrat buah pisang yang membantu tubuh menyerap protein lebih baik.

Maka dari itu, Anda bisa memadukannya dengan sumber protein, termasuk yoghurt atau susu sebagai salah satu resep smoothie yang enak setelah olahraga.

4. Air kelapa

Manfaat air kelapa untuk jantung

Air kelapa adalah minuman setelah olahraga alami yang tak kalah manfaatnya dari minuman olahraga.

Sebuah studi dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa air kelapa sama manfaatnya dengan minuman olahraga berkat kandungan elektrolitnya yang tinggi.

Dalam air kelapa terkandung kalium dan magnesium untuk menggantikan elektrolit yang hilang selama olahraga.

Air kelapa juga mengandung nutrisi dan antioksidan alami yang tubuh butuhkan.

5. Teh

Minum secangkir teh ternyata tak hanya bisa bikin rileks di saat santai, tetapi juga bermanfaat dalam pemulihan tubuh setelah berolahraga.

Asupan teh hijau dapat membantu pemulihan setelah olahraga karena aktivitas senyawa katekin yang berpotensi sebagai antioksidan.

Senyawa antioksidan tersebut dapat mengurangi nyeri dan memulihkan kekuatan otot.

Selain itu, teh hijau atau teh hitam juga membantu oksidasi lemak. Proses ini membantu pemecahan lemak menjadi molekul yang lebih kecil yang digunakan sebagai cadangan energi.

Minuman setelah olahraga tetap harus menjaga kebutuhan cairan tubuh.

Maka dari itu, minum air putih secara rutin dalam keseharian juga perlu agar tubuh tidak mudah dehidrasi selama olahraga.

Selain minuman, Anda juga perlu mengganti energi yang hilang setelah olahraga dari makanan yang sehat.

Konsumsi makanan dan minuman bergizi bisa membantu pemulihan tubuh dan pembentukan otot sekaligus.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Maximize your workout by knowing what — and when — to eat. Mayo Clinic. (2019). Retrieved 13 October 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20045506

Food and drinks for sport. NHS UK. (2020). Retrieved 13 October 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/food-and-drinks-for-sport/

Mahmoud, A. M., Hernández Bautista, R. J., Sandhu, M. A., & Hussein, O. E. (2019). Beneficial Effects of Citrus Flavonoids on Cardiovascular and Metabolic Health. Oxidative medicine and cellular longevity, 2019, 5484138. https://doi.org/10.1155/2019/5484138

Mata, F., Valenzuela, P. L., Gimenez, J., Tur, C., Ferreria, D., Domínguez, R., Sanchez-Oliver, A. J., & Martínez Sanz, J. M. (2019). Carbohydrate Availability and Physical Performance: Physiological Overview and Practical Recommendations. Nutrients, 11(5), 1084. https://doi.org/10.3390/nu11051084

Machado, Á., da Silva, W., Souza, M., & Carpes, F. (2018). Green Tea Extract Preserves Neuromuscular Activation and Muscle Damage Markers in Athletes Under Cumulative Fatigue. Frontiers In Physiology, 9. https://doi.org/10.3389/fphys.2018.01137

Pritchett, K., & Pritchett, R. (2012). Chocolate milk: a post-exercise recovery beverage for endurance sports. Medicine and sport science, 59, 127–134. https://doi.org/10.1159/000341954

Kalman, D. S., Feldman, S., Krieger, D. R., & Bloomer, R. J. (2012). Comparison of coconut water and a carbohydrate-electrolyte sport drink on measures of hydration and physical performance in exercise-trained men. Journal of the International Society of Sports Nutrition, 9(1), 1. https://doi.org/10.1186/1550-2783-9-1

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 25/10/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro