Manfaat Pepaya Selain Melancarkan Pencernaan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ketika Anda masih bayi, salah satu makanan pertama yang dikenalkan oleh orangtua Anda bisa jadi buah pepaya. Semasa kecil, Anda juga mungkin diingatkan untuk makan pepaya karena bagus untuk melancarkan pencernaan Anda. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada berbagai macam manfaat pepaya di samping melancarkan pencernaan? Karena kaya akan berbagai nutrisi penting, jangan sampai Anda melewatkan lima manfaat pepaya bagi kesehatan berikut ini.

Manfaat pepaya untuk pencernaan

Pepaya memang sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan manusia. Ini karena buah eksotis ini mengandung enzim bernama papain yang bisa membantu melumatkan makanan dan menyerap nutrisi ke dalam tubuh. Pepaya juga kaya akan serat yang dibutuhkan oleh usus saat mencerna makanan. Jadi bagi Anda yang punya masalah pencernaan, rutin mengonsumsi buah pepaya bisa menjadi solusi yang sehat dan aman.

Manfaat lain pepaya bagi kesehatan

Di samping melancarkan pencernaan, pepaya juga menawarkan segudang manfaat tak terduga bagi tubuh. Berikut adalah lima manfaat pepaya yang tak boleh terlewat.

1. Menjaga kesehatan mata

Buah pepaya mengandung karotenoid dan zeaxanthin yang tinggi. Kedua kandungan ini baik untuk menjaga jaringan-jaringan pada mata. Zeaxanthin juga ampuh untuk mencegah radiasi yang bisa merusak mata. Penglihatan Anda pun senantiasa tajam dan jernih.  

2. Memperkuat tulang

Pepaya juga kaya akan vitamin K. Anda membutuhkan asupan vitamin K yang cukup untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Vitamin ini juga membantu tubuh menyerap berbagai mineral serta kalsium yang berguna untuk mencegah pengeroposan tulang.

3. Melawan peradangan

Senyawa bernama kolin yang terdapat pada pepaya terbukti efektif melawan peradangan kronis. Peradangan sendiri bisa terjadi pada hampir setiap bagian tubuh, mulai dari tenggorokan, paru, usus, hingga sendi. Radang juga dikenal sebagai akar dari berbagai penyakit. Maka, tak heran jika pepaya sering disajikan sebagai pencuci mulut di rumah sakit.

4. Mencegah penyakit jantung

Anda yang punya risiko penyakit jantung sebaiknya segera meningkatkan konsumsi buah pepaya. Pasalnya, manfaat pepaya juga bisa dirasakan oleh jantung. Kandungan serat, kalium, serta berbagai vitamin dan mineral dalam pepaya bisa menyeimbangkan kadar kolesterol. Selain itu, kalium juga baik untuk meningkatkan fungsi jantung serta menyeimbangkan kadar sodium. Kelebihan sodium bisa meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit jantung koroner.

5. Merawat keremajaan sel tubuh

Seperti buah-buahan eksotis lainnya, pepaya kaya akan antioksidan. Antioksidan bertugas untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh. Zat ini juga mampu memperbaiki sel-sel yang sudah rusak. Hal ini penting karena sel-sel Anda adalah kunci dari seluruh fungsi organ tubuh.

Selain itu, sel yang rusak bisa berkembang menjadi kanker. Maka, jangan sepelekan manfaat pepaya. Rutin mengonsumsi pepaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Banyak yang percaya gadis perawan memiliki ciri-ciri khusus. Tapi bagaimana dengan pandangan medis soal tes keperawanan wanita? Benarkah bisa dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara membaca resep kacamata

Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit