backup og meta
Kategori

6

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

10 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Ibu hamil disarankan untuk makan makanan sehat yang mengandung gizi lengkap. Selain dari sayuran atau daging, makan buah juga bermanfaat untuk ibu hamil, lo! 

Tidak heran buah-buahan segar sering direkomendasikan sebagai camilan yang baik untuk ibu hamil. Lantas, apa saja jenis buah yang bagus untuk ibu hamil? Berikut ini pilihannya.

Pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil

Buah mengandung vitamin dan mineral alami yang membantu ibu tetap sehat selama menjalani kehamilan. Konsumsi buah juga bermanfaat untuk tumbuh-kembang janin dalam kandungan.

Salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil ini juga tinggi kandungan serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

Di samping manfaat tersebut, beberapa jenis buah yang baik untuk ibu hamil di bawah ini tentu juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting.

1. Pisang

manfaat pisang

Pisang adalah buah yang baik buat ibu hamil. Buah kuning manis ini menyediakan cukup serat dan energi untuk mencegah kelelahan.

Selain itu, kalium di dalam buah pisang dapat membantu menjaga tekanan darah selama kehamilan.

Kandungan zat besi di dalamnya juga menjadikan buah ini bagus untuk ibu hamil, sebab asupan zat besi yang cukup dapat membantu mencegah anemia saat hamil.

Pisang juga memiliki rasa yang lezat dan mudah dicerna sehingga bisa menjadi alternatif makanan penghilang mual saat hamil.

2. Jeruk dan lemon

Hampir 90% kandungan jeruk adalah air. Konsumsi jeruk saat hamil bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu dan mencegah dehidrasi pada ibu hamil.

Jeruk termasuk buah yang tinggi folat. Folat dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin serta mencegah cacat lahir.

Selain jeruk, lemon yang punya rasa asam yang khas dapat melawan rasa mual pada pagi hari.

Kelompok buah sitrus ini mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah sembelit pada ibu hamil.

3. Alpukat

Pilihan buah lainnya yang baik dimakan saat hamil yakni alpukat. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, dan kalium.

Berkat kandungan gizinya, alpukat dapat membantu mengurangi gejala morning sickness serta mendukung perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan bayi.

Meski alpukat baik bagi ibu hamil, perlu diingat bahwa kandungan lemaknya cukup tinggi. Jadi, ibu tidak disarankan makan alpukat terlalu banyak untuk mencegah kelebihan asupan lemak dan kalori.

4. Mangga

Mangga baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung banyak kalium, vitamin C, dan vitamin A.

Kalium dalam mangga mampu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh. Sementara itu, vitamin C dapat menangkal serangan radikal bebas dan menjaga stamina tubuh.

Kandungan vitamin A dalam buah mangga juga berfungsi sebagai antioksidan serta membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

Tidak lupa, mangga mengandung serat tinggi untuk membantu mencegah sembelit saat hamil.

5. Bluberi dan stroberi

blueberry, raspberry, dan blackberry

Kelompok buah beri termasuk buah yang bagus dimakan ibu saat hamil. Pasalnya, buah-buahan ini banyak mengandung kalium, folat, dan vitamin C.

Kalium pada bluberi dan stroberi bisa membantu menjaga tekanan darah serta menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot.

Sementara itu, kandungan folat dan vitamin C pada buah-buahan ini bisa membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

6. Jambu biji

Jambu biji merupakan sumber terbaik dari vitamin C selain jeruk. Selain itu, buah ini juga tinggi kandungan serat, vitamin A, kalium, dan fosfor.

Kombinasi vitamin C dan A adalah antioksidan kuat yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh yang berisiko menghambat perkembangan janin.

Buah ini juga bagus untuk ibu hamil karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ada banyak cara menikmati jambu biji saat hamil, dari dimakan langsung hingga dijus.

Bolehkah ibu hamil makan buat yang belum matang?

Kandungan gizi dalam buah yang masih mentah atau belum matang tidak sebanyak buah yang sudah matang. Beberapa jenis buah mentah, misalnya pepaya muda, dapat memicu kontraksi rahim yang meningkatkan risiko kelahiran prematur.

7. Pir

Tidak banyak yang tahu bahwa buah pir masih berkerabat dekat dengan buah apel. Pir bagus untuk dimakan saat hamil karena mengandung banyak asam folat.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition Today (2015) menyebutkan bahwa kandungan kalium dalam pir dapat membantu regenerasi sel di dalam tubuh ibu dan calon bayi.

Selain itu, buah ini juga dianggap bagus untuk ibu hamil karena mengandung serat yang baik untuk mengatasi masalah susah buang air besar.

8. Semangka

Semangka termasuk buah yang bagus dan baik untuk ibu hamil karena tinggi kandungan air.

Makan semangka dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, menghilangkan rasa haus, serta mencukupi asupan vitamin A, C, B6, magnesium, dan kalium.

Mengonsumsi semangka selama hamil muda pun dipercaya membantu menangkal mual pada pagi hari.

Sementara pada trimester ketiga, konsumsi buah ini juga dipercaya bisa mengurangi bengkak pada tangan dan kaki serta mencegah kram otot.

9. Buah naga

buah naga, manfaat buah naga untuk pencernaan, khasiat buah naga, kandungan buah naga merah

Ada dua jenis buah naga, yaitu buah naga putih dan buah naga merah. Kedua jenis buah naga ini sama-sama dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil.

Konsumsi buah naga untuk ibu hamil diketahui dapat membantu menambah kadar hemoglobin, protein pengikat oksigen di dalam sel darah merah. 

Penelitian yang dimuat dalam Indonesian Journal of Public Health (2020) menemukan bahwa ibu hamil yang minum jus buah naga secara rutin mengalami peningkatan kadar hemoglobin.

Selain itu, diketahui bahwa kadar eritrosit dalam tubuh ibu hamil juga ikut bertambah. Itulah sebabnya, buah naga dinilai dapat mencegah dan mengobati anemia saat hamil.

10. Melon jingga

Melon jingga alias cantaloupe adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil dan janin. Betakaroten dan vitamin A di dalamnya baik untuk perkembangan indra penglihatan dan rambut janin.

Kandungan vitamin C-nya bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B membantu mengurangi gejala mual dan muntah pada ibu yang sedang hamil muda.

Selain itu, makan melon saat hamil juga bisa mencegah sembelit, sebab melon mengandung serat dan air.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang paling baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi berbagai hidangan, seperti salad buah, jus, smoothie, atau topping roti dan pancake.

Dengan menambahkan buah-buahan ke dalam pola makan harian saat hamil, Anda tentu bisa mendukung perkembangan janin dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kesimpulan

  • Konsumsi buah-buahan segar yang kaya serat, vitamin, dan mineral dapat mendukung kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.
  • Contoh buah yang bagus untuk ibu hamil antara lain pisang, alpukat, mangga, bluberi, stroberi, jeruk, jambu biji, pir, semangka, buah naga, dan melon jingga.
  • Pastikan Anda memilih buah yang segar dan bersih. Anda bisa memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi hidangan sehat, seperti jus, smoothie, atau salad buah.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan