backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

4 Kiat Rahasia yang Ampuh Mencegah Ketombe Balik Lagi

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Adelia Marista Safitri · Tanggal diperbarui 08/09/2020

    4 Kiat Rahasia yang Ampuh Mencegah Ketombe Balik Lagi

    Punya rambut berketombe memang sangat menyebalkan. Kepala terasa gatal hingga mengganggu penampilan Anda di depan umum. Sudah mencoba berbagai cara, tapi ketombe terus datang lagi dan lagi? Intip cara-cara mencegah ketombe yang ampuh nan manjur berikut ini.

    Adakah cara ampuh mencegah ketombe datang lagi?

    Orang yang mengalami masalah rambut berketombe sering kali gonta-ganti sampo supaya ketombenya cepat hilang. Namun sering kali hasilnya nihil. Ketombe masih saja datang berkunjung untuk mengganggu.

    Solusinya, langkah-langkah berikut dapat mencegah ketombe datang lagi.

    1. Gunakan sampo khusus rambut berketombe

    Kunci terpenting untuk mencegah ketombe adalah memilih jenis sampo yang tepat. Gunakan sampo khusus ketombe seperti yang mengandung tea tree oil untuk mencegah pertumbuhan jamur malassezia penyebab ketombe.

    Saat keramas, hindari menggosok kulit kepala terlalu keras. Cukup pijat area kulit kepala dengan lembut supaya kulit kepala tidak iritasi dan memicu ketombe. Setelah itu, bilas rambut hingga benar-benar bersih karena sisa-sisa sampo adalah makanan favorit bagi jamur penyebab ketombe.

    2. Hindari sampo yang mengandung bahan kimia keras

    memilih sampo

    Bahan kimia keras, seperti pemutih dan alkohol, yang terkandung dalam sampo dan pewarna rambut dapat menyebabkan rambut jadi kering. Lama-lama, hal ini dapat mengikis bakteri alami di kulit kepala yang justru bermanfaat untuk mencegah perkembangan jamur penyebab ketombe.

    Hindari juga penggunaan gel rambut dan hair spray untuk sementara waktu. Kedua produk ini dapat meningkatkan produksi minyak dan mengiritasi kulit kepala.

    3. Rajin berjemur di pagi hari

    sinar matahari dan vitamin d

    Bukan cuma menyehatkan tubuh, kebiasaan berjemur di pagi hari juga dapat mencegah ketombe, lho. Dikutip dari Healthline, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa paparan sinar UV dapat membantu mengendalikan ketombe rambut.

    Ingat, batasi waktu berjemur hanya 10-15 menit setiap pagi supaya paparan sinar UV pada kulit tidak berlebihan. Sebab bagaimanapun, terlalu lama berjemur dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk mencegahnya, pastikan Anda sudah menggunakan sunscreen yang mengandung SPF supaya kulit Anda tetap terlindungi.

    4. Kelola stres

    mengatasi sakit kepala

    Anda mungkin tidak menyadari bahwa stres juga dapat memicu ketombe. Pasalnya, stres dapat meningkatkan peluang Anda untuk jatuh sakit, termasuk juga “mengundang’ ketombe untuk muncul.

    Jika Anda merasa stres dan tertekan, coba tenangkan diri Anda dengan latihan pernapasan. Ambil napas dalam-dalam, lalu buang secara perlahan. Lanjutkan dengan melakukan meditasi, yoga, atau teknik rileksasi lainnya untuk meredakan stres yang Anda rasakan.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Adelia Marista Safitri · Tanggal diperbarui 08/09/2020

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan